[Desember 2019] Cara mudah masuk Mode Recovery dan hard/factory reset Samsung Galaxy M10s seri SM-M107F, SM-M107FN, SM-M107G, SM-M107Y, SM-M107M, SM-M107W untuk atasi bootlop, ponsel lamban, memori penyimpanan hampir penuh, lupa kunci pola, aplikasi force close, aplikasi telah berhenti, kamera gagal.

AndroLite.com - Sebagai smartphone entry-level, Samsung Galaxy M10s terkadang kerap mengalami masalah / error ringan, seperti bootlop (booting berhenti di logo Samsung), ponsel lamban, memori penyimpanan hampir penuh, lupa kunci pola, aplikasi force close, sayangnya aplikasi telah berhenti, kamera gagal Samsung dan lain sebagainya.

Nah untuk mengatasi masalah tersebut, sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Tetapi salah satu cara yang paling efektif untuk menanganinya adalah melakukan hard reset / factory reset. Alasannya selain menghemat waktu, juga mampu membersihkan atau mengembalikan ponsel seperti dalam keadaan baru kembali.

Hard reset ini sendiri hanya dapat diakses melalui menu recovery yang sudah tertanam di dalam ponsel. Recovery Mode atau CWM/TWRP merupakan partisi bootable khusus yang memungkinkan untuk memperbaiki / upgrade sistem, wipe data (hard/factory reset), membersihkan cache dan log, masuk ke bootloader (downloading mode) dan sebagainya.

Sebenarnya, selain recovery mode hard reset juga dapat dilakukan di dalam menu pengaturan / settings ponsel Galaxy M10s itu sendiri (General Management > Reset > Factory Data Reset). Tetapi cara ini terkadang masih menyisahkan beberapa data di dalamnya, atau dengan kata lain tidak terlalu bersih.

Nah untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial singkat tentang Bagaimana Cara Melakukan Hard Reset Samsung Galaxy M10s via Menu Recovery. Cara ini berlaku untuk semua seri Galaxy M10s, diantaranya SM-M107F, SM-M107FN (Global), SM-M107G, SM-M107Y, SM-M107M, SM-M107W.

Recovery Mode Samsung Galaxy M10s

Untuk masuk ke Mode Recovery, ada dua metode yang bisa dilakukan. Yaitu Metode Umum (HP dapat dimatikan) dan metode lupa kunci pola yang menyebabkan HP tidak dapat dinonaktifkan.

CARA #1 : Metode Umum


  1. Matikan ponsel Samsung M10s hingga mati total.
  2. Tekan & tahan tombol "POWER + VOLUME ATAS".
  3. Saat logo booting Samsung muncul, lepaskan keduanya.
  4. Ketuk layar atau tunggu beberapa saat ketika layar menampilkan "No Command".
  5. Untuk memindahkan selector / memilih menu, gunakan tombol volume (atas bawah).
  6. Untuk mengkonfirmasi menu yang dipilih, tekan tombol power / daya.

CARA #2 : Metode Lupa Kunci Pola


  1. Matikan perangkat dengan cara tekan & tahan tombol "POWER + VOLUME BAWAH" hingga layar hitam (blank).
  2. Saat layar blank / tidak menampilkan apa-apa, segera lepaskan VOLUME BAWAH lalu pindahkan jari ke "VOLUME ATAS" dengan tetap menekan tombol "POWER" (lakukan dengan cepat dan jangan tunggu hingga layar menampilkan logo booting).
  3. Lepaskan keduanya saat perangkat menampilkan logo booting samsung.
  4. Ketika tampil "No Command", ketuk pada layar atau tunggu beberapa saat sampai masuk ke mode recovery.
  5. Sama seperti cara #1, untuk memindahkan dan memilih menu, gunakan tombol pengatur suara dan tombol power / daya.

Hard Reset Samsung Galaxy M10s

Setelah sudah dapat masuk ke mode recovery, tahapan berikutnya adalah proses hard reset. Namun sebelum melakukannya, disarankan untuk memindahkan semua data dan file yang ada di dalam memori internal ke memori eksternal (microSD), penyimpanan awan (cloud), komputer, atau alat penyimpanan lainnya.

Hal ini diperlukan karena proses hard reset akan menghapus semua data dan file seperti video, foto, dokumen, dan aplikasi yang pernah ditambahkan oleh penggunanya.
  1. Pilih "WIPE DATA / FACTORY RESET" yang ada di dalam menu Recovery Mode.
  2. Tekan tombol "POWER" untuk memilih menu tersebut.
  3. Arahkan ke pilihan "YES" lalu tekan tombol POWER untuk memilihnya.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses hard reset selesai dilakukan.
  5. Berikutnya pilih menu "REBOOT SYSTEM NOW".
  6. Ponsel akan melakukan reboot dan tunggu HP menyala sempurna.
  7. Terakhir, silahkan lakukan konfigurasi sesuai keperluan.
  8. Selesai.
Catatan : Selain menu recovery yang diarahkan di atas, jangan sekali-kali memilih menu lain jika tidak fungsinya tidak diketahui, karena hal tersebut dapat mengakibatkan masalah baru bagi perangkat.
Itulah panduan singkat tentang Cara Hard Reset Samsung Galaxy M10s via Mode Recovery pada kesempatan kali ini. Jika ada yang kurang jelas atau belum dipahami, silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih telah berkunjung & salam!
Open Comments