Recovery Mode + Cara Hard Reset Samsung M30s 2024

AndroLite.com : Recovery Mode + Cara Hard Reset Samsung Galaxy M30s Terbaru 2024 - Sama seperti Galaxy M10s, Samsung M30s juga memiliki mekanisme serupa dalam melakukan hard reset (factory reset). Dalam hal ini melalui menu recovery mode. Metode ini memang bukanlah satu-satunya cara untuk mengatasi berbagai error / masalah ringan yang kerap terjadi pada smartphone Android, khususnya Galaxy M30s.

Namun, ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk melakukannya. Beda lagi ceritanya jika ponsel sama sekali tidak mau menyala (mati total), maka perlu dilakukan tindakan Flash Firmware Samsung via ODIN. Hard reset ini sendiri akan memulihkan perangkat kekeadaan semula (seperti baru keluar dari pabrik) dengan cara mengembalikan semua konfigurasi ke sedia kala dan menghapus semua data yang pernah ditambahkan penggunanya.

Secara detail, Hard Reset dapat mengatasi masalah ringan seperti bootlop (booting berhenti di logo), lupa kunci pola, aplikasi force close, kamera gagal, sayangnya aplikasi telah berhenti, ponsel lambat, memori internal penuh / tidak mencukupi, menghapus log dan cache, masuk ke mode downloading mode (bootloader) dan sebagainya.

Nah untuk melakukan hal tersebut, pengguna hanya perlu mengakses recovery mode yang secara default sudah tertanam di dalam ponsel itu sendiri. Lantas bagaimana caranya? Berikut panduan singkat mengenai factory/hard reset Samsung Galaxy M30s yang berlaku untuk semua seri, diantaranya : SM-M307F, SM-M307FN (Global), SM-M307G, SM-M307Y, SM-M307M, SM-M307W.

Recovery Mode Samsung Galaxy M30s

Karena metode hard reset ini akan dilakukan di dalam menu recovery, untuk itu langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaksesnya. Dalam hal ini ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama Metode Umum (HP dapat dimatikan) dan kedua metode lupa kunci pola yang menyebabkan HP tidak dapat dinonaktifkan.

CARA #1 : Metode Umum


  1. Matikan HP Samsung M30s hingga off total.
  2. Tekan & tahan tombol "POWER + VOLUME ATAS". Saat logo booting Samsung muncul, segera lepaskan tombol POWER namun tetap menekan tombol VOLUME ATAS.
  3. Ketika layar menampilkan "No Command", ketuk / tap layar untuk melanjutkan (masuk ke recovery mode).
  4. Untuk memindahkan selector / memilih menu, gunakan tombol volume (atas bawah).
  5. Untuk mengkonfirmasi menu yang dipilih, tekan tombol power / daya.

CARA #2 : Metode Lupa Kunci Pola


  1. Dalam keadaan menyala, tekan & tahan tombol "POWER + VOLUME BAWAH" hingga layar ponsel blank / hitam.
  2. Pada saat layar blank, segera lepaskan VOLUME BAWAH & pindahkan jari ke tombol "VOLUME ATAS" dengan tetap menekan tombol "POWER" (lakukan dengan cepat).
  3. Lepaskan kedua tombol tersebut apabila logo booting Samsung muncul.
  4. Saat layar menampilkan "No Command" dengan gambar robot Android, ketuk layar untuk melanjutkan ke menu recovery.
  5. Sama seperti metode #1 di atas, untuk memindahkan dan memilih menu, gunakan tombol volume serta tombol power / daya.

Hard Reset Samsung Galaxy M30s

Ketika sudah bisa mengakses mode recovery, langkah berikutnya adalah melakukan hard reset. Tetapi sebelum melakukannya, silahkan pindahkan / BACKUP semua data yang terdapat di dalam penyimpanan internal ke penyimpanan eksternal, seperti microSD, awan (cloud), komputer, atau tempat penyimpanan lainnya.

Mengapa hal ini harus dilakukan? Karena proses hard reset akan menghapus semua data atau file seperti video, foto, dokumen, dan aplikasi yang pernah ditambahkan oleh penggunanya.
  1. Arahkan selektor ke menu "WIPE DATA / FACTORY RESET".
  2. Tekan tombol "POWER" untuk konfirmasi pilihan menu tersebut.
  3. Pilih "YES" lalu tekan tombol POWER untuk konfirmasi.
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses hard/factory reset selesai dilakukan.
  5. Setelah selesai, pilih "REBOOT SYSTEM NOW".
  6. Sekali lagi tunggu sampai ponsel selesai melakukan reboot dan menyala sempurna.
  7. Terakhir, silahkan lakukan konfigurasi awal sesuai keperluan.
  8. Selesai.
Catatan : Selain menu recovery yang diarahkan di atas, jangan sekali-kali memilih menu lain jika tidak fungsinya tidak diketahui, karena hal tersebut dapat mengakibatkan masalah baru bagi perangkat.
Demikianlah Cara Factory/Hard Reset Samsung Galaxy M30s via Recovery. Jika ada kendala atau ada hal yang kurang jelas / tidak dipahami, silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih telah berkunjung & salam!