[November 2019] Cara Sembunyikan Status Root aplikasi Mobile Banking, Game, Gojek Grab Driver Menggunakan Magisk untuk semua smartphone Android, seperti Samsung Galaxy, Xiaomi Redmi, Oppo, Vivo, Realme, Asus, Nokia, Lenovo, Evercoss, Motorola, LG, Honor, Sony, Huawei, HTC, Polytron, Axioo, Acer, Advan, Mito, Coolpad, Andromax dan sebagainya.

Cara Sembunyikan Status Root aplikasi Mobile Banking, Game, Gojek Grab Driver Menggunakan Magisk - Magisk menjadi salah satu aplikasi Root yang paling populer saat ini sebagai solusi rooting Open source terbaik untuk Android. Pencapainnya sudah melebihi aplikasi seperti Super SU / Super User dan sejenisnya yang sebelumnya mendominasi rooting Android.

Magisk sendiri merupakan aplikasi root android yang dikembangkan member XDA-Developers bernama Topjohnwu, sebagai alternatif terbaik Chainfire's SuperSU yang selama ini sudah kita kenal. Aplikasi ini sudah mulai dikenal sekitar bulan Oktober tahun 2016 lalu.

Magisk Root bekerja secara Systemless-ly dan dikemas sebagai Universal Systemless Interface yang tidak mengubah partisi sistem dengan cara apapun. Yaitu, hanya melakukan duplikasi terhadap file booting boot.img menjadi magisk.img tanpa menambahkan / mengurangi berkas apapun di dalam partisi Android.

Dilihat dari cara kerjanya, jelas Magisk sudah unggul jauh dalam hal ini. Sebab, aplikasi Rooting lainnya memiliki cara kerja mengubah partisi sistem, menambahkan beberapa file tambahan didalamnya dan bahkan merusak sistem keamanan Android terlebih dahulu.
Ada beberapa faktor utama sehingga Magisk lebih diunggulkan untuk proses melakukan root Android. Apa saja itu, berikut uraiannya.
  1. Bekerja secara Systemless-ly tanpa mengubah sistem.
  2. Tidak merusak sistem keamanan Android.
  3. Status Root dapat disembunyikan, sehingga aman untuk digunakan pada aplikasi seperti Gojek Grab, Mobile Banking, Game dan sebagainya.
  4. Memiliki aplikasi manager dengan pegoperasian mudah.
  5. Dapat memasang Xposed untuk Android Pie 9.0 atau diatasnya.
  6. Dapat melakukan rooting mulai dari Android 5.0 (API 21) hingga paling terbaru.
  7. Update secara berkala.
  8. Dapat digunakan untuk membuat Custom Mod Android tanpa mengganggu file sistem yang sudah ada.
  9. Uupdate sistem operasi android melalui OTA meski ponsel dalam posisi root.
  10. Dan masih banyak lagi keunggulan lainnya.

Cara Root Menggunakan Magisk


Sama seperti SuperSU yang juga tidak mendukung semua perangkat Android dan bisa mengakibatkan terjadinya Bootloop, jadi saya sarankan agar kalian melakukan Full Backup, baik itu Data ataupun OS Android kalian.

Sebelum lanjut, pastikan bahwa smartphone kalian sudah terpasang TWRP. Apabila belum, silahkan install terlebih dahulu. Tetapi jika sudah terpasang, maka silahkan lanjutkan ke tahapan berikutnya.
  1. Download Magisk Root (ekstensi .zip), kemudian salin / pindahkan ke memori internal atau eksternal ponsel.
  2. Aktifkan / Enable "OEM Lock". Caranya, silahkan baca Tutorial Mengaktifkan OEM Lock.
  3. Matikan / Turn Off smarphone hingga posisi off total.
  4. Masuk ke custom recovery "TWRP" (setiap ponsel berbeda cara masuk ke recovery, silahkan disesuaikan).
  5. Di dalam menu TWRP, silahkan pilih "Install" dan cari file Magisk yang ada didalam ponsel kalian.
  6. Usap ke arah kanan pada "Confirm to continue flash" untuk memulai proses pemasangan dan hingga selesai.
  7. Setelah itu, sebaiknya lakukan "Wipe Dalvik/Cache".
  8. Terakhir pilih "Reboot to System".
  9. Selesai.
Untuk lebih lengkapnya, silahkan buka Panduan Lengkap tentang Cara Root Android Menggunakan Magisk Root.

Sembunyikan Status Root

Untuk tahap penyembunyian status root, yang dalam hal ini selain bisa untuk aplikasi Mobile Banking seperti BRI, BNI, Mandiri, Link Aja, AndroidPay, juga bisa diterapkan untuk Gojek Grab Driver, aplikasi Gaming dan sebagainya. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Pertama, silahkan Download Magisk-Manager.apk, install dan jalankan.
  2. Klik tombol menu di pojok kiri atas pada Magisk Manager, kemudian pilih "Magisk Hide".
  3. Cari dan pilih (centang) aplikasi yang status rootnya akan disembunyikan. Setelah itu tekan tombol back.
  4. Klik kembali menu Magisk Manager, kemudian pilih "Pengaturan / Settings".
  5. Pilih "Hide Magisk Manager / Sembunyikan Magisk Manager" dan tunggu hingga aplikasinya menutup sendiri.
  6. Coba lihat pada menu HP Android kalian, jika nama Magisk Manager berubah menjadi "Manager" saja, berarti status root Android benar-benar sudah tersembunyi.
  7. Terakhir, silahkan buka aplikasi Mobile Banking, Game, Gojek Grab Driver dan sebagainya yang sudah kalian centang di dalam Magisk manager.
  8. Selesai.

Cara menyembunyikan status root menggunakan Magisk Root tersebut di atas, bisa kalian gunakan untuk semua smartphone Android, seperti Samsung Galaxy, Xiaomi Redmi, Oppo, Vivo, Realme, Asus, Nokia, Lenovo, Evercoss, Motorola, LG, Honor, Sony, Huawei, HTC, Polytron, Axioo, Acer, Advan, Mito, Coolpad, Andromax dan sebagainya.

Nah, itulah tutorial tentang Bagaimana Cara Sembunyikan Status Root HP Android Menggunakan Magisk. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih telah berkunjung, salam.
Open Comments