Cara Root Semua Jenis Samsung Dengan CF Auto ROOT

Cara Root Android Semua Model Samsung Menggunakan CF Auto ROOT - Pada masa sekarang ini, kebutuhan akan sebuah smartphone berbasis android yang rooted semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh banyaknya manfaat yang bisa dilakukan jika kondisi smartphone sudah dalam keadaan root. Diantaranya adalah kita bisa melakukan tweak, meningkatkan performa, mengubah interface, menghapus aplikasi sistem yang tidak bisa dihapus atau uninstall, mengosongkan ruang penyimpanan dan masih banyak hal lainnya.

Walaupun begitu, sebuah smartphone yang dalam keadaan rooted memiliki resiko tersendiri, diantaranya adalah apabila ada virus yang masuk kedalam smartphone, maka virus tersebut bisa dengan leluasa mengakses semua yang ada di dalamnya, merusak sistem operasi, mengambil data penting dan sebagainya. Resiko lain yang dihadapi adalah hilangnya garansi resmi serta bisa menyebabkan kerusakan yang mungkin terjadi.

Bagi mereka yang belum paham atau masih awam soal root, mungkin berpikiran bahwa resikonya terlalu besar, namun bagi mereka yang sudah paham, meraka akan menganggap bawah resiko tersebut tidaklah jadi masalah karena yang terpenting bagi mereka adalah memiliki sebuah smartphone yang rooted.

Nah, bagi kalian yang berkeinginan melakukan root terhadap smarphone android kalian, berikut ini akan saya sajikan sebuah tutorial tentang Bagaimana Cara Root Android untuk Semua Model Samsung Menggunakan aplikasi CF Auto Root. Tetapi bagi kalian yang masih awam soal root, mungkin ada baiknya jika kalian membaca artikel tentang Apa Itu Root Android, Kelebihan serta Kekurangannya namun jika kalian sudah paham, langsung saja kita menuju ke tutorialnya.

1. Root Android Menggunakan CF Auto Root

Aplikasi CF Auto Root adalah sebuah aplikasi dikembangkan oleh sebuah situs ternama yakni Chainfire yang berfungsi untuk meroot android dengan cara memasangnya melalui sebuah aplikasi bernama odin. Sejauh ini CF Auto Root sudah bisa digunakan untuk smartphone merek Samsung, Motorola, LGE, ASUS, Google dan Nvidia. Namun, pada artikel ini saya hanya akan membahas penggunaan CF Auto Root untuk Samsung saja.

Perlu kalian ketahui, bahwa setiap model dari masing-masing smartphone memiliki file CF Auto Root yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satu diantaranya sistem operasi yang digunakan, CPU/Chipset dan lain sebagainya.

Keuntungan menggunakan cara ini adalah kita tidak perlu repot-repot lagi untuk memasang TWRP terlebih dahulu. Kita hanya perlu memasangnya saja via ODIN saja dan tanpa ada aplikasi tambahan lainnya. Dan untuk melakukan root terhadap android dengan menggunakan aplikasi ini, caranya lumayan cukup mudah dilakukan. Berikut tutorialnya.

Langkah #1. Siapkan semua alat dan aplikasi yang diperlukan. Untuk peralatannya, siapkan smartphone yang akan di root, sebuah komputer baik itu berupa PC atau laptop dan kabel USB. Untuk aplikasinya sendiri, berikut daftarnya.
  1. Download Aplikasi Samsung USB Driver kemudian install kedalam komputer (restart Komputer jika diperlukan).
  2. Download Aplikasi Odin3 v3.12.3 kemduian ekstrak filenya kedalam komputer.
  3. Download Aplikasi CF Auto Root di situs "https://autoroot.chainfire.eu/". Ingat kalian harus memilih file sesuai dengan nomor model perangkat yang kalian miliki dan jangan sampai keliru dalam memilih filenya. Jika kalian salah, maka proses root tidak akan berhasil.
Langkah #2. Aktifkan OEM Lock dan USB debugging yang ada di smartphone kalian. Caranya, silahkan ikuti petunjuk berikut ini.
  1. Aktikan "Mode Pengembang/Developer Option" terlebih dahulu dengan cara buka menu "Pengaturan" kemudian gulir ke bawah, temukan dan buka About Device (Tentang Device/Telepon) > Informasi Software (Software Info) > dan temukan "Build Number".
  2. Selanjutnya, tap secepat mungkin sebanyak 5-7 kali pada "Build Number" hingga muncul notifikasi "Mode Pengembang Sudah Aktif" (atau notifikasi sejenisnya).
  3. Setelah mode pengembang sudah aktif, selanjutnya tap/tekan tombol kembali atau back hingga pada menu utama pengaturan. Gulir ke bawah lagi, temukan dan buka "Developer Option/Mode Pengembang".
  4. Cari dan aktifkan "OEM Lock" dan "USB Debugging".
[Video] Mengaktifkan Developer Options, USB Debugging dan OEM Lock:

Peringatan !!!
Sebelum memulai ROOT, saya sarankan agar melakukan FULL BACKUP, baik itu backup ROM maupun data-data yang ada di perangkat kalian. Hal ini sangat diperlukan mengingat apabila terjadi kesalahan, maka kalian bisa melakukan restore/mengembalikan ROM dan data kekeadaan seperti semula.

Dan saya selaku admin androlite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada saat sobat melakukan rooting dengan menggunakan/mengikuti tutorial yang ada di situs ini. Do With Your Own Risk (DWYOR).
Langkah #3. Jika OEM Lock dan USB Debugging sudah aktif, selanjutnya nonaktifkan smartphone kalian hingga bergetar (posisi off total). Selanjutnya masuk ke menu "Downloading Mode" dengan cara menekan tombol "Power + Volume Bawah + Home" secara bersamaan hingga perangkat bergetar dan menu downloading muncul. Lanjutkan lagi dengan menekan tombol volume atas untuk melanjutkan.

Langkah #4. Jalankan aplikasi ODIN yang ada di dalam komputer kemudian sambungkan smartphone ke komputer melalui kabel USB. Jika komputer atau ODIN mendeteksi smartphone kalian, maka akan ada notifikasi "<ID:0/00X> Added!!" disebelah kiri ODIN.

Langkah #5. Klik pada tulisan "AP" yang ada di ODIN dan cari file CF Auto Root yang sudah kalian download sebelumnya. Setelah itu, klik tombol "Start" dan tunggu hingga proses pemasangan CF Auto Root selesai dilakukan.



Langkah #6. Apabila proses pemasangan berhasil, maka smartphone kalian akan melakukan restart secara otomatis dan pada layar smartphone akan ada sebuah kode yang berjalan. Tunggu hingga beberapa saat hingga proses rootingnya selesai.

Langkah #7. Untuk memastikan apakah smartphone kalian sudah rooted atau belum, silahkan download aplikasi Root Checker yang ada di Google Play Store.
[Video] Cara Root Semua Jenis Samsung Dengan CF Auto ROOT

Rekomendasi Penggunaan

Cara ini juga bisa diterapkan untuk perangkat yang memiliki sistem operasi Android Kitkat, Lollipop, Marshmallow dan Nougat serta nomor model dan tipe berikut ini:
  • Samsung Galaxy J Series SM-J200F, SM-J200G, SM-J200GU, SM-J200H, SM-J320F, SM-J330G, SM-J500F, SM-J500H, SM-J500G, SM-J500FN, SM-J510FN, SM-J530F, SM-G570Y, SM-J700F, SM-J700H, SM-J730G
  • Samsung Galaxy A Series SM-A300H, SM-A310F, SM-A320F, SM-A510FD, SM-A520F SM-A500F, SM-A510FD, SM-A710FD, SM-A800F, SM-A910F
  • Samsung Galaxy S Series S3, SM-G900F, SM-G900H, SM-G900FD, SM-G920F, SM-G920I, SM-G920T, EDGE SM-G925F, SM-G925I, SM-G925T
  • Samsung Galaxy S6 EDGE+ SM-G928F, SM-G928G, SM-G928I, G928G, G928T, SM-G928A
  • Samsung Galaxy Note 3, 4, 5 N920C, N920G, N920I, N920T
  • Samsung Galaxy Grand Prime SM-G531H, SM-G531F, SM-G530FZ
  • Samsung Galaxy Core Prime VE SM-G361H

2. Bantuan dan Saran

Tingkat keberhasilan dalam melakukan root menggunakan aplikasi CF Auto Root tergantung dari pembaruan yang dari aplikasi tersebut dan model smartphone yang kalian gunakan. Karena menurut pengalaman saya pribadi, jika sebuah smartphone merupakan keluaran terbaru, maka untuk melakukan root akan sangat sulit dilakukan. Hal ini disebabkan oleh masih belum tersedianya atau belum terupdatenya aplikasi CF Auto Root ini.

Saran saya, apabila kalian masih belum bisa melakukan root dengan cara ini, cobalah untuk mencoba cara lain, salah satunya adalah root menggunakan aplikasi SuperUser yang dipasang melalui custom TWRP atau dengan menggunakan aplikasi KingRoot APK.

Dan apabila kalian memerlukan bantuan, silahkan menghubungi admin melalui Formulir Contact Us atau bisa juga dengan cara meninggalkan komentar pada kolom komentar yang sudah admin siapkan.

Itulah tutorial tentang Bagaimana Cara Root Android untuk Semua Model Samsung Menggunakan aplikasi CF Auto Root. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih dan salam.