Cara Mudah Salin File HP Android ke PC Tanpa Kabel USB

Cara Transfer Data Dari HP Android ke Komputer via Wifi (FTP) - Seberapapun besarnya ruang penyimpanan smartphone android kalian, yakinlah pada suatu saat nanti pasti akan penuh juga. Menghadapi masalah ini, kalian bisa saja menghapus atau memindahkan file-file yang ada di dalamnya ke berbagai media penyimpanan, misalnya komputer PC atau Laptop.

Cara memindahkan file itu sendiri dapat dilakukan dengan menghubungkan smartphone ke PC dengan melalui kabel USB. Lantas bagaimana jika dalam keadaan darurat kalian lupa membawa kabel USB? Nah disini ada salah satu solusi terbaik yang bisa kalian lakukan untuk mentransfer data ke komputer tanpa kabel USB, yaitu menggunakan metode FTP.

FTP yang dimaksudkan disini adalah sebuah protokol berbasis jaringan lokal yang dapat difungsikan untuk memindahkan file dari HP Android ke komputer melalui sambungan WiFi. Tetapi jangan khawatir, karena metode FTP ini tidak akan memakan kuota internet kalian, atau dengan kata lain bisa tanpa paket data.

Cara kerjanya, hampir sama persis mengirim file dari Android ke Andoroid melalui koneksi bluetooth atau aplikasi SHAREit. Dimana yang satu bertindak sebagai server dan satunya lagi sebagai klien. Kedua perangkat tidak harus saling berdekatan, tetapi harus berada dalam satu jaringan yang sama.

Cara Transfer File Android ke PC Tanpa USB

  1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah download aplikasi WiFi FTP Server di Google Playstore kemudian jalankan.
  2. Klik tombol [Start] untuk proses penyinkronan antara HP Android dengan PC. Bila muncul pop-up permintaan izin aplikasi, silahkan pilih [Allow].
  3. Selanjutnya, lihat alamat port FTP pada bagian "Server URL", yaitu ftp://192.168.43.1:1234. Alamat ini bisa saja berbeda untuk setiap HP Android, jadi silahkan disesuaikan.
  4. Tahap selanjutnya, buka File Expoler (tekan Logo Windows + E) pada komputer kemudian ketikkan alamat FTP tersebut pada address bar seperti yang terlihat pada gambar berikut.
  5. Tunggu beberapa saat sampai komputer menampilkan semua folder dari memori penyimpanan perangkat Android. Setelah itu, silahkan kalian salin data-data yang ingin dipindahkan ke komputer.
  6. Selesai.
Untuk mencegah terjadinya penyinkronan data di komputer lain yang tidak diinginkan, sebaiknya kalian memberikan proteksi dengan mengganti username dan password pada aplikasi WiFi FTP Server. Caranya:
  1. Klik icon [Settings] yang ada di dalam aplikasi WiFi FTP Server.
  2. Selanjutnya, hilangkan centang pada [Anonymous Access].
  3. Kemudian pada ganti juga Userid dan Password dengan milik kalian sendiri.
  4. Selesai.

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh metode ini, adalah hanya bisa menampilkan memori penyimpanan internal. Meski begitu, kalian bisa mengatasinya dengan memindahkan sebagian data terlebih dahulu dari SDcard ke internal storage agar lebih mudah di salin ke komputer.

Bagaimana mudah bukan? Nah itulah panduan singkat tentang Cara Memindahkan Data dari HP Android ke Komputer Tanpa Kabel USB (via Wifi) pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih telah berkunjung ke situs kami, salam hangat selalu.