Download + Cara Flash Firmware Samsung A71 SM-A715F Android Q 10

AndroLite.com : Cara Flash dan Download Firmware Samsung Galaxy A71 SM-A715F Android Q 10 (XID Indonesia) - Firmware atau Stock ROM selain dapat dijadikan sebagai alternatif untuk update OS Android, juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan ringan hingga berat pada HP Samsung Galaxy A71.

Seperti mengatasi bootloop (booting berhenti di logo), fingerprint dan layar tidak responsive, kamera gagal, memperbaiki performa, ponsel mati totoal (tidak mau menyala), Custom Binary Blocked by FRP Samsung, lupa kunci pola/password, hapus root, HP soft/hard brick, membersihkan virus dan sebagainya.

Firmware Samsung Galaxy A71 dapat di download secara gratis di Sammobile.com, Samfrew.com dan beberapa situs penyedia Stock ROM lainnya. Nah untuk mem-flashnya, caranya sangatlah mudah yaitu melalui aplikasi flashtool bernama Odin. Namun untuk melakukannya, kalian tentu harus memiliki sebuah komputer, baik itu berupa laptop ataupun PC.

Nah, bagi kalian yang masih awam atau sama sekali belum paham tentang flash firmware Samsung, berikut ini panduan lengkapnya yang disertai gambar.

Download Firmware Samsung Galaxy A71

PhoneSamsung Galaxy A71
ModelSM-A715F
NegaraIndonesia - XID
AndroidQ 10.0
BuildOktober 2020
PDAA715FXXU3ATJ2
CSCA715FOLE3ATJ2
Ukuran4.99GB
LinkDownload via Samfrew
Selain file firmware, kalian juga harus mempersiapkan (mengunduh) file untuk dukungan flashing firmware Samsung A71, yaitu Samsung USB Driver dan aplikasi Odin.

FILEKETERANGAN
SAMSUNG_USB_Driver.exeInstall di komputer
ODIN3_v3.14.1.zipEkstrak di PC

Cara Flash Firmware Samsung Galaxy A71

Flash firmware Galaxy A7 dapat menyebabkan terhapusnya data secara permanen yang ada didalam memori internal. Untuk itu, disarankan untuk FULL BACKUP semua data ke memori eksternal atau komputer.
Langkah #1 - Ekstrak file firmware / stock ROM Samsung Galaxy A71 yang telah kalian donwload menggunakan aplikasi ekstractor, seperti WinRar atau 7-Zip.

Langkah #2. Nonaktifkan HP Galaxy A71 dan lanjutkan booting ke Mode Downloading. Caranya, silahkan tekan tombol [DAYA + VOLUME ATAS + VOLUME BAWAH] secara bersamaan.

Lepaskan ketiga tombol tersebut bila layar menampilkan logo booting atau terasa ada getaran. Ketika telah berada di tampilan [WARNING], tekan sekali tombol [VOLUME ATAS] untuk masuk ke menu utama mode downloading.

Langkah #4 - Buka komputer kemudian jalankan aplikasi ODIN secara Run as administrator. Kemudian koneksikan HP A71 kalian ke komputer menggunakan kabel USB.

Langkah #5 - Pastikan ponsel kalian telah terhubung dengan baik dengan komputer. Untuk mengetahuinya, lihat tab "Log" ODIN. Jika terdapat tulisan 'Added!!' atau terdapat alamat port USB di bawah [ID:COM], berarti keduanya telah terhubung dengan baik. Tetapi jika tidak ada, silahkan pindahkan kabel USB ke port lain atau ganti kabel USB.

Langkah #6. Selanjutnya, klik tab [OPTIONS]. Centang () pada [AUTO REBOOT] dan [F. RESET TIME]. Sisanya, biarkan kosong.

Langkah #7. Jika file firmware yang kalian unduh hanya ada 1 FILE saja, silahkan klik tombol AP. Kemudian pilih file tersebut.

Tetapi bila file firmware ada 4 buah (CSC, BL, AP, CP), silahkan memasukkan satu-persatu sesuai jenisnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Langkah #8. Untuk memulai proses flashing, silahkan klik tombol [START] dan tunggu sampai prosesnya selesai. Bila berhasil, maka Odin akan menampilkan notifikasi PASS!!.

Langkah #9. Pada tahap ini, ponsel dengan sendirinya akan melakukan melakukan restart. Bila hal tersebut tidak terjadi, silahkan tekan dan tahan tombol [POWER + VOLUME BAWAH]. Selesai.

Solusi Gagal Flash Firmware Samsung Galaxy A71

  1. Pastikan port dan kabel USB tidak mempunyai masalah.
  2. Pastikan file firmware tidak rusak (corrupt).
  3. Pastikan ODIN berjalan secara Run as administrator.
  4. Pastikan firmware sudah sesuai model / seri ponsel.
  5. Pastikan port USB di komputer tidak longgar atau bermasalah.
  6. Install kembali Samsung USB Driver, kemudian restart komputer.
  7. Perbarui aplikasi ODIN dan Samsung USB Driver.
Bila masih gagal, besar kemungkinan HP Galaxy A71 kalian memiliki masalah lain. Untuk itu sebaiknya periksakan ke service center terdekat dengan membawa kartu garansi dan dokumen data diri.

Nah itulah panduan lengkap Cara Flash Firmware Samsung Galaxy A71 SM-A715F. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Terima kasih dan Salam!