Cara Buka 2 Akun WA, FB, Telegram Dalam 1 HP Samsung

Cara Install Dua Akun WhatsApp, Facebook, Messenger, Telegram, Line Dalam Satu HP Samsung - Sejak rilisnya sistem operai Android Oreo 8.0, Samsung Electronic pun mulai memperkenalkan berbagai macam fitur menarik yang diperuntukan untuk lebih memanjakan penggunanya. Termasuk salah satunya adalah Fitur Dual Messenger.

Bagi pengguna HP Samsung dengan OS Android Oreo 8.0 keatas, mungkin sudah tidak asing dengan fitur ini. Ya! Dual Messenger adalah sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk memasang atau membuka dua aplikasi messenger atau sosial media sekaligus. Menariknya, untuk melakukannya, pengguna tidak harus mendownload aplikasi pihak ketiga.

Selain itu, saat menambahkan aplikasi sosial media tersebut, pengguna tidak akan dikenakan tarif data internet. Atau dengan kata lain gratis. Hal ini disebabkan oleh kemampuan fitur Dual Messenger yang dapat menggandakan (cloning) aplikasi yang telah terpasang di dalam ponsel. Artinya setiap aplikasi jejaring sosial yang terpasang, akan selalu diberikan opsi untuk menggandakannya.

Nah, bagi kalian yang belum tau cara mengaktifkannya, berikut ini panduan singkat tentang bagaimana cara mengaktifkan fitur Dual Messenger untuk memasang dua akun jejaring sosial khusus untuk pengguna Samsung dengna OS Android 8.0 keatas.

Cara Aktifkan Dual Messenger Samsung

  1. Buka menu [Pengaturan / Settings] (icon gear ⚙️).
  2. Pilih menu [Fitur Lanjutan / Advanced Features].
  3. Tap [Dual Messenger].
  4. Pilih salah satu aplikasi yang akan dipasang.
  5. Ketuk [Install] untuk memulai proses penginstalan.
    Bila muncul permintaan konfirmasi, silahkan kalian atur sesuai kebutuhan.
  6. Setelah berhasil, icon aplikasi yang sudah dipasang akan muncul dengan icon kecil dua lingkaran berlatar oranye.
    Aplikasi-aplikasi tersebut dapat ditemukan di dalam menu utama handset.
  7. Selesai.

Daftar Aplikasi yang Didukung Dual Messenger

Dikutip dari laman Support Samsung, sejauh ini ada 10 (sepuluh) jenis aplikasi jejaring sosial yang didukung oleh fitur Dual Messenger. Diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Facebook
  2. Facebook Messenger
  3. WhatsApp
  4. Telegram
  5. Wechat
  6. Skype
  7. Line
  8. Kakaotalk
  9. Snapchat
  10. QQ Mobile
Meski begitu, setiap negara mempunyai perbedaan layanan untuk fitur dual messenger. Ada yang sudah mendukung semuanya, namun ada juga yang hanya sebagian.

Sementara untuk jejaring sosial lainnya seperti Instagram, hingga saat ini masih belum support. Tetapi semoga saja Samsung akan menambahkannya di masa mendatang.

Catatan, Saran dan Dukungan

Perlu kalian ketahui, bahwa memasang aplikasi messenger dalam jumlah banyak di dalam smartphone, akan mempengaruhi perfoma dan bahkan dapat menguras daya baterai. Untuk itu pilihlah secara bijak aplikasi mana yang akan kalian pasang.

Dan untuk tipe / model Samsung yang telah mendukung dual messenger adalah smartphone yang minimal OS Android Oreo versi 8.0. Berikut daftar lengkapnya:
  1. J Series : J7 (Star, Plus, Pro, Prime, Duo), J4 (Plus, Core), J6, J6+, J5 (Pro, Prime), J8, J2, J2 Prime 2.
  2. A Series : A3, A5, A6s, A7, A8, A8+, A8s, A9, A9s, A10, A20, A30, A40, A50, A60, A70, A80, A90, A10s, A20s, A30s, A50s, A70s, A51, A71, A01.
  3. M Series : M10, M20, M30, M40, M10s, M20s, M30s, M31
  4. S Series : S7, S8, S9, S10 (Pro, Plus), S10e
  5. Note Series : Note 8, Note 9, Note 10 (Pro, Plus, Lite).
  6. Tab Series : A 8.0, E 8.0, Active 2, S4, A 10.5, S5e, Tab S6.