4 Cara Screenshot Samsung Galaxy A51 / A52

AndroLite.com : Cara Screenshot HP Samsung A51 / A52 Tombol 2 Jari, Usap Layar, Screenshot Panjang - Samsung Galaxy A51 merupakan smartphone berbasis Android yang resmi diluncurkan pada akhir tahun 2019 lalu. Lalu kemudian, pada awal Tahun 2021, perusahaan asal Korea Selatan ini kembali meluncurkan seri terbaru, yakni Galaxy A52 dengan membawa beberapa peningkatan.
Galaxy A51 datang membawa spesifikasi RAM 6GB, storage 128GB, layar sAMOLED 6,5 inci FHD+, ditenagai CPU Exynos 9611 (10nm), OS Android 10.0 (One UI 2), 48MP quad-kamera belakang, baterai 4.000 mAh (fastcharging 15W), fingerprint dalam layar serta menawarkan berbagai fitur menarik lainnya.

Sedangkan Samsung Galaxy A52, dibekali panel Super AMOLED 6,5 inci 90Hz berlapiskan Corning Gorilla Glass 5, ditenagai chipset Snapdragon 720G, dengan memori 4GB/128GB, 6GB/128GB, 8GB/128GB dan 8GB/256GB. Sementara kameranya, mengandalkan quad lensa 64+12+5+5 serta kamera selfie 32MP yang ditopang oleh baterai 4500 mAh dan lain sebagainya.

Nah, bagi Anda sebagai pengguna Galaxy A51 atau Galaxy A52 yang ingin mengetahui cara mengambil cuplikan layar ponsel ini, sejauh ini ada 4 buah metode yang bisa digunakan. Yaitu metode tombol kombinasi 2 jari, tanpa tombol (usap layar palm swipe dan shortcut menu asisten) atau Scroll Capture (Sceenshot Panjang). Bagaimana caranya? berikut kami sajikan tutorial lengkapnya.

Baca juga : Cara Mudah Screenshot Semua HP Samsung Galaxy

1. Screenshot Samsung A51/A52 Menggunakan Tombol 2 Jari

  1. Pilih area yang ingin di-screenshot.
  2. Tekan dan tahan tombol POWER + VOLUME BAWAH selama 1 sampai 2 detik.
  3. Jika berhasil, maka layar akan berkedip atau mengeluarkan bunyi shutter.
  4. Untuk melihat hasilnya, silahkan buka Gallery » Screenshot.
  5. Selesai.

Meski cara ini sangat praktis untuk digunakan, sayangnya dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan dini pada tombol apabila terlalu sering digunakan. Nah untuk mencegah hal tersebut terjadi, solusi terbaiknya adalah dengan menggunakan metode SS tanpa tombol.

2. Screenshot Samsung Galaxy A51/A52 Tanpa Tombol

Tidak jauh berbeda dengan smartphone android pada umumnya, Galaxy A51/A52 yang datang dengan OS Android 10 dan 11 dengan antarmuka OneUI, telah menyediakan fitur screenshot tanpa tombol dan tanpa install aplikasi tambahan.

Kedua fitur tersebut adalah usap layar palm swipe dan pintasan menu asistant. Tetapi sebelum menggunakannya, kedua fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu di dalam menu pengaturan. Untuk cara mengaktifkan dan pemakaiannya, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

2.1. Usap Layar Palm Swipe

  1. Pertama, aktifkan mode Palm Swipe terlebih dahulu.
  2. Caranya, silahkan buka menu Settings.
  3. Pilih Advanced Features » Motion and Gestures.
  4. Aktifkan "Palm swipe to capture".
  5. Selanjutnya, pilih area yang akan di-capture.
  6. Luruskan tangan, kemudian usap layar dari arah kanan ke kiri (lihat gambar).
  7. Saat proses tangkapan berhasil, layar akan berkedip atau mengeluarkan bunyi shutter.
  8. Buka Gallery » Screenshot untuk melihat hasil tangkapan layar.

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh metode usap layar palm swipe ini yaitu terkadang sulit mengambil cuplikan layar ketika tangan sedang basah / berkeringat.

2.2. Pintasan Menu Asisten

  1. Masuk ke Pengaturan lalu arahkan ke [Aksesibilitas] » [Interaksi dan Kecekatan]. Setelah itu aktifkan [Menu Asisten].
  2. Saat fitur ini aktif, akan muncul sebuah icon kecil transparan di sebelah kanan layar.
  3. Selanjutnya, cari bagian yang akan di-screenshot.
  4. Setelah itu, ketuk icon menu asisten lalu pilih gambar layar atau screenshot.
  5. Terakhir, silahkan buka folder Gallery untuk melihat hasilnya.

Sebagai informasi tambahan, didalam menu asisten ini terdapat beberapa opsi lainnya, seperti mematikan layar, rotasi, atur suara, atur kecerahan layar dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah mengatur, menambah atau menghapus opsi lainnya.

Baca juga : 4 Cara Screenshot Samsung A31 Tanpa Tombol, Tanpa Aplikasi

3. Screenshot Panjang (Long) Samsung A51/A52

Selain dua metode di atas, ada lagi satu cara mengambil screenshot, tapi ini dikhususkan untuk tangkapan layar secara memanjang ke bawah, yakni Scroll Capture. Fitur ini akan sangat berguna untuk mengambil tangkapan layar yang berisikan kontent panjang. Contohnya seperti gambar berikut.
Nah, untuk menggunakan metode ini, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu di dalam menu pengaturan, sama seperti metode Palm Swipe di atas. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Buka menu Pengaturan » Fitur Lanjutan » Gerakan dan Gestur lalu aktifkan "Aktif Pintar".
  2. Selanjutnya, ambil screenshot menggunakan salah satu metode di atas (tombol 2 jari, usap layar atau melalui pintasan menu asisten).
  3. Setelah menu Aktif Pintar atau Smart capture muncul di bagian bawah layar, silahkan tap "Panah Bawah".
  4. Setelah layar bergulir, tekan lagi icon Panah Bawah pada smart capture tersebut. Lakukan proses ini secara berulang-ulang sampai batas area layar yang ingin Anda screenshot panjang.
  5. Untuk melihat hasilnya, Anda bisa langsung mentap cuplikan / preview yang muncul di samping kiri layar.
  6. Selesai.
Bagaimana, mudah bukan? Nah itulah tutorial lengkap tentang bagaimana cara mengambil screenshot pada HP Samsung Galaxy A51 atau A52 ini? Selamat mencoba dan semoga berhasil. Terima kasih telah berkunjung. Salam!