advertisement
Panduan Lengkap Cara Mudah Membuat Email Google (Gmail) di HP Android - Tidak bisa dipungkiri, sekarang ini kebutuhan akan dunia internet bisa dikatakan menjadi salah satu kebutuhan pokok di beberapa kalangan masyarakat. Kebutuhan internet ini seakan tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari.

Bagaimana tidak, dari internet kita bisa mendapatkan informasi, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dan masih banyak hal penting lainnya. Terebih lagi sekarang hampir semua kalangan masyarakat sudah bisa dengan mudah mengakses internet melalui smartphone android. Baik itu untuk sekedar membuka sosial media mereka, mencari informasi, melakukan bisnis online dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak pengguna internet, sebagian dari mereka masih belum paham untuk menggunakan berbagai fasilitas online. Misalnya saat hendak membuat sebuah akun di sosial media seperti facebook, instagram, twitter atau melakukan pengiriman data / file dengan menggunakan fasilitas email, terkadang mereka masih meminta bantuan kepada orang lain.

Padahal, hal tersebut sudah menjadi hal yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Dan bisa dikatakan untuk membuat sebuah akun sosial media tergolong mudah. Kita hanya memerlukan sebuah akun email saja sebagai alat untuk melakukan registrasi / pendaftaran.

Sebuah akun email memiliki peran yang sangat penting untuk kebutuhan internet. Misalnya bisa dipergunakan untuk membuat akun sosial media dan situs online lainnya, serta bisa digunakan untuk melakukan pengiriman / penerimaan pesan dan file dalam skala / ukuran yang besar.
Nah untuk membuat sebuah akun email, saat ini ada banyak situs yang menyediakan fasilitas tersebut. Seperti Google.com, Yahoo.com, Bing.com dan lain sebagainya. Untuk membuat email dari ketiga situs tersebut, anda bisa membaca tutorialnya di Cara Membuat Email Google, Bing, Yahoo Dengan Mudah (Lengkap dengan Gambar).

Selain cara di atas, sebenarnya ada cara yang paling mudah untuk membuat akun email. Anda hanya perlu menyediakan sebuah smartphone android. Dan proses pembuatannya ini sangat cepat, kira-kira butuh waktu kurang dari 5 menit saja. Selain itu, anda juga bisa membuat email dalam jumlah banyak hanya dengan bermodalkan satu hp android. Bagaimana caranya? Simak tutorialnya berikut ini.

Cara Buat Akun Gmail di HP Android

Pada kesempatan kali ini, admin hanya akan memberikan sebuah tutorial tentang bagaimana cara membuat akun email dari google yaitu gmail saja. Karena sejauh ini proses pembuatan email hp android (tanpa browser), hanya mendukung gmail saja. Email lainnya seperti yahoo dan bing sebenarnya juga bisa dibuat, hanya saja anda diharuskan menggunakan browser yang ada di hp android. Sedangkan Gmail, bisa tanpa menggunakan browser.
Langkah 1. Silahkan buka menu ponsel android anda. Cari dan buka menu Settings / Pengaturan / Setelan.

Langkah 2. Gulir ke bawah, temukan dan buka menu "Account / Akun". Setelah itu tap pada "Add Account / Tambah Akun" lalu pilih "Google".

Langkah 3. Di halaman berikutnya, tap pada "Or Create a new account / buat sebuah akun baru". Selanjutnya, masukkan nama depan dan belakang anda. Setelah itu klik tombol Next dan masukkan nomor ponsel anda yang aktif. Karena nantinya akan ada kode verifikasi yang dikirim oleh google ke nomor ponsel tersebut.

Langkah 4. Masukkan kode verifikasi yang dikirim oleh google ke nomor ponsel anda. Klik Next, masukkan Bulan, Tanggal dan Tahun lahir. Setelah selesai tap tombol Next.

Di halaman selanjutnya, isi nama pengguna atau alamat email yang akan anda gunakan nantinya. Tetapi hanya masukkan nama penggunanya saja tanpa kata @gmail.com. Misalnya anda memasukkan nama androlite.class saja, dan pada saat emailnya sudah jadi, maka akan berubah dengan sendirinya menjadi androlite.class@gmail.com.

Langkah 5. Masukkan password atau kata sandi pada halaman "Create Password / Buat Kata Sandi". Jumlah karakter kata sandi yang diperlukan minimal 8. Kata sandi tersebut bisa anda padukan antara huruf, angka dan simbol. Di kolom "Confirm Password", isi lagi dengan kata sandi yang sudah anda buat pada kolom "Create Password". Tapi ingat, keduanya harus sama persis. Setelah itu tekan tombol next lagi.

Pada halaman "Privacy and Terms", gulir ke bawah hingga muncul tulisan "I Agree / Saya Setuju" dan sekali lagi tap tombol "Next". Kemudian pada halaman "Setup payment info / Atur Informasi Pembayaran", pilih saja "No Thanks / Tidak Terima Kasih" dan setelah itu tap "Continue / Lanjutkan".

Langkah 6. Untuk memastikan apakah email yang baru saja anda buat sudah benar-benar jadi, silahkan cari aplikasi Gmail yang ada di dalam ponsel anda kemudian buka. Klik pada menu di sudut kiri atas pada aplikasi Gmail. Disana akan ada informasi tentang alamat email anda. Apabila anda ingin membuka email tersebut melalui browser, silahkan klik lini ini: https://mail.google.com. Selesai.

Saran dan Bantuan Membuat Gmail di HP Android

Setelah anda berhasil menyelesaikan rangkaian pembuatan email google, jangan lupa untuk mencatat alamat dan password email anda. Pastikan anda menyimpan catatan tersebut di tempat yang aman dan jangan sampai ada yang melihatnya.

Apabila anda mengalami kendala dalam pembuatan email sesuai dengan tutorial di atas, silahkan meninggalkan komentar pada kolom komentar di bawah atau bisa juga anda menghubungi admin melalui Halaman Contact Us.
Demikianlah Panduan Lengkap Tentang Bagaimana Cara Membuat Email Google (Gmail) di Ponsel Android pada kesempatan kali ini. Semoga panduan kali ini bisa memberikan manfaat bagi anda yang membutuhkan. Terima kasih dan salam.
Open Comments