Recovery + Cara Factory / Hard Reset Samsung Galaxy A51

AndroLite.com : Recovery Mode + Cara Factory / Hard Reset Samsung Galaxy A51 - Samsung Galaxy A51 merupakan smartphone mid-range yang resmi diluncurkan pada akhir tahun 2019. Ini merupakan ponsel generasi pertama dari keluarga A Series (2020) yang datang membawa berbagai fitur baru dan spesifikasi menarik dikelasnya.

Diantaranya membawa spesifikasi RAM 6GB, penyimpanan internal 128GB, panel Super AMOLED 6,5 inci FHD+, diotaki chipset Exynos 9611 (10nm), dijalankan oleh Android 10.0 (One UI 2), 48MP quad-kamera belakang, baterai 4.000 mAh (fastcharging 15W), kamera selfie 32Mp, fingerprint dalam layar dan sebagainya.

Meski sebagai smartphone unggulan, terkadang Samsung Galaxy A51 juga sering mengalami berbagai masalah / error ringan hingga berat. Misalnya, bootlop (booting berhenti di logo Samsung), lupa kunci pola, lambat, memori tidak mencukupi / hampir penuh, kamera gagal, hang, lag, aplikasi force close, sayangnya aplikasi telah berhenti dan sebagainya.
Nah, untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, ada beberapa solusi yang bisa dilakukan. Namun, salah satu solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan Factory Reset atau Hard Reset. Factory reset sendiri dapat diterapkan melalui menu pengaturan, sementara Hard Reset hanya dapat dilakukan melalui Recovery Mode (CWM/TWRP).

Meski keduanya sama-sama memiliki kemampuan untuk mereset total atau mengembalikan konfigurasi ponsel kesedia kala atau kembali seperti baru, namun menurut saya, Hard Reset-lah yang betul-betul mampu membersihkan perangkat sampai bersih sehingga masalah yang sering timbul dapat teratasi dengan baik serta mampu mengembalikan performa terbaiknya.

Namun lain halnya jika ponsel mengalami masalah berat seperti tidak bisa menyala / mati total, maka perlu dilakukan tindakan Flash Firmware Samsung via ODIN. Nah, untuk melakukan factory atau hard reset Samsung Galaxy A51 all series (SM-A515F, SM-A515FN, SM-A515YN, SM-A515W, SM-A515GN, SM-A515FM), berikut panduan lengkapnya.
Proses factory/hard reset akan menghapus semua data atau file seperti dokumen, foto, video dan aplikasi yang pernah ditambahkan pengguna. Untuk itu, sebelum melakukannya, silahkan pindahkan (BACKUP) semua data yang ada di dalam memori internal ke penyimpanan lain, seperti kartu memori (microSD), komputer, awan (cloud) atau media penyimpanan lainnya.

Baca juga: Cara Mudah Screenshot Samsung Galaxy A51

1. Factory Reset Samsung Galaxy A51

  1. Buka menu Settings (Pengaturan) ponsel.
  2. Pilih General Management (Manajemen Umum).
  3. Pilih Reset » Data Factory Reset (Reset Data Pabrik).
  4. Gulir ke bawah lalu tap Reset » Delete All.
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses reset selesai.
  6. Bila sudah, maka konfigurasi Samsung A51 akan kembali keawal.
  7. Silahkan atur kembali sesuai keinginan.
  8. Selesai.

2. Hard Reset Samsung Galaxy A51

Untuk hard reset hanya bisa dilakukan melalui recovery mode. Nah, recovery mode ini sendiri dapat diakses dengan dua cara / metode. Pertama Metode Umum (perangkat dapat dimatikan) dan kedua Metode lupa kunci pola (ponsel terkunci) yang menyebabkan perangkat tidak dapat dinonaktifkan.

2.1. Cara Masuk Recovery Mode (CWM/TWRP)

CARA #1 : Metode Umum

  1. Matikan perangkat hingga mati total.
  2. Tekan & tahan tombol "POWER + VOLUME ATAS". Saat logo booting Samsung muncul, segera lepaskan tombol POWER namun tetap menekan tombol VOLUME ATAS.
  3. Setelah layar menampilkan "No Command", ketuk layar atau tekan tombol volume atau tunggu beberapa saat hingga ponsel dengan sendirinya masuk ke mode recovery.
  4. Untuk memilih menu, gunakan tombol Volume/Pengatur Suara (atas bawah).
  5. Untuk konfirmasi pilhan, tekan tombol Power/Daya.

CARA #2 : Metode Lupa Kunci Pola

  1. Matikan perangkat. Caranya silahkan tekan dan tombol "POWER + VOLUME BAWAH" hingga layar ponsel BLANK.
  2. Saat layar BLANK (hitam), segera lepaskan VOLUME BAWAH & pindahkan jari ke tombol "VOLUME ATAS" dengan tetap menekan tombol "POWER". INGAT, lakukan dengan cepat karena layar blank ini hanya muncul sekitar 2 detik dan JANGAN TUNGGU sampai logo booting Samsung muncul karena proses masuk recovery bakalan gagal.
  3. Ketika layar sudah menampilkan logo booting sekitar 3 detik, silahkan lepaskan kedua tombol tersebut.
  4. Setelah layar menampilkan "No Command" dengan gambar robot Android, ketuk layar atau tunggu beberapa saat hingga ponsel dengan sendirinya masuk ke menu recovery.
  5. Sama seperti metode #1 di atas, untuk memindahkan dan memilih menu, gunakan tombol volume serta tombol power / daya.
Setelah ponsel sudah berada di dalam menu recovery, selanjutnya proses hard reset. Berikut langkah-langkahnya.

2.2. Hard Reset via Recovery Mode

  1. Pilih menu "WIPE DATA / FACTORY RESET".
  2. Tekan tombol "POWER" untuk konfirmasi menu pilihan.
  3. Pilih "YES" kemudian tekan tombol POWER untuk konfirmasi.
  4. Tunggu hingga proses hard reset selesai.
  5. Bila sudah, pilih "REBOOT SYSTEM NOW".
  6. Tunggu sampai ponsel menyala sempurna.
  7. Terakhir, silahkan lakukan konfigurasi sesuai keinginan.
  8. Selesai.
Catatan : Selain menu recovery yang diarahkan di atas, jangan sekali-kali memilih menu lain jika tidak tau apa fungsinya, karena hal tersebut dapat mengakibatkan masalah baru bagi perangkat.
Demikianlah tutorial Cara Masuk Recovery Mode (CWM/TWRP) Samsung Galaxy A51 untuk melakukan Factory/Hard Reset pada kesempatan kali ini. Jika ada yang ingin f=ditanyakan atau ada hal yang kurang jelas / tidak dipahami, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih telah berkunjung & Salam!