4 Cara Kunci Sinyal 4G LTE Only Semua HP Android Terbaru 2023

AndroLite.com : Tutorial Bagaimana Cara Kunci / Lock Sinyal 4G LTE Only Semua HP Android Dengan atau Tanpa Aplikasi Terbaru 2023 - Sekarang ini, hampir semua provider atau penyedia jasa komunikasi telepon seluler khususnya di Indonesia sudah meluncurkan Jaringan internet berbasis 4G LTE beberapa waktu yang lalu. Jaringan ini mampu menghasilkan kecepatan 100Mb per detik hingga 1Gb per detik.

Namun di beberapa tempat, sinyal internet berbasis 4G LTE ini masih kurang stabil atau sering beralih dari 3G/3,5G (H+) ke 4G atau sebaliknya. Hal ini terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya posisi tower berada jauh, berada di dalam ruangan tertutup sehingga ponsel kurang mendapatkan sinyal, minimnya sinyal yang dipancarkan oleh BTS (Base Transceiver Station) atau disebabkan oleh faktor-faktor lain.

Jika hal tersebut terjadi, tentu saja mengganggu aktivitas kita saat berselancar di dunia internet dan kita tidak bisa menikmati kecapatan akses internet melalui jaringan 4G. Untuk mengatasinya, setidaknya ada 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengunci jaringan 4G LTE Only.

Pertama melalui menu pengaturan, kedua melalui dial pad yaitu dengan cara memasukkan kode tertentu melalui, ketiga menggunakan bantuan aplikasi tanpa root dan yang keempat menggunakan aplikasi khusus ponsel yang sudah kondisi rooted. Berikut tutorial lengkap bagaimana cara mengunci sinyal 4G LTE Only pada semua HP Android.


Baca juga: 3 Aplikasi Pengunci Sinyal 4G LTE Android Terbaik Tanpa Root

1. Lock Sinyal 4G LTE Tanpa Aplikasi

Untuk mengunci sinyal 4G LTE baik pada HP Samsung, Xiaomi (Redmi/Mi/Poco), Realme, Oppo, Vivo, Advan, dan sebagainya, ada bebera cara yang bisa kalian lakukan, baik tanpa aplikasi maupun menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

1.1. Kunci Sinyal 4G LTE via Pengaturan

Untuk mengunci sinyal 4G LTE tanpa aplikasi yang dalam hal ini melalui pengaturan, caranya sangatlah mudah.
  1. Pertama, silahkan buka menu "Settings/Pengaturan/Setelan".
  2. Selanjutnya cari "Jaringan Seluler"
  3. Buka "Mode Jaringan" kemudian pilih "Hanya 4G".
Sayangnya, meski cara ini sangat mudah untuk diterapkan, namun di beberapa jenis ponsel Pilihan 4G Only atau LTE Only. Nah ketika hal tersebut terjadi, maka silahkan lakukan cara berikut ini.

1.2. Kunci 4G LTE via Dial Pad (Papan Panggilan)

Untuk metode yang kedua ini, cukup buka aplikasi "Telepon" kemudian lanjutkan dengan mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:
  1. Ketik kode ini *#*#4636#*#* atau *#*#3646633#*#* pada dial pad pada ponsel anda.
  2. Secara otomatis, anda akan diarahkan ke menu "Pengujian"
  3. Selanjutnya pilih "Informasi Perangkat"
  4. Scroll ke bawah dan temukan "Set preferred network type" kemudian pilih "LTE only"
  5. Kembali atau tutup menu tersebut dan tunggu beberapa saat.
  6. Selesai.
Jika cara tersebut di atas masih tidak berhasil (menu pengujian tidak muncul), maka saya sarankan untuk mencoba cara ketiga atau keempat.

Baca juga: 3 Cara Mengetahui Nomor Telepon Telkomsel Paling Mudah

2. Kunci Sinyal 4G LTE Menggunakan Aplikasi

Dua cara selanjutnya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi yang bisa dengan mudah anda temukan di Google Play Store, salah satu aplikasi tersebut TIDAK membutuhkan akses ROOT dan yang satunya lagi membutuhkan akses ROOT android.

2.1. Aplikasi Lock 4G Only (Tanpa Root)

Cara ketiga yang bisa dilakukan untuk me-lock signal 4G adalah dengan menggunakan aplikasi bantuan. Aplikasi ini pada dasarnya hanya berfungsi sebagai jalan pintas untuk mengakses menu "Device Info" serta tidak memerlukan akses ROOT.
  1. Download aplikasi 4G LTE Switch.
  2. Install dan jalankan aplikasinya. Secara otomatis, anda akan diarahkan ke menu "Device Info".
  3. Gulir ke bawah dan cari "Set Preferred Network Type".
  4. Klik pada icon segitiga yang ada dibawah tulisan tersebut, lalu pilih "LTE Only".
  5. Selesai.

2.2. Aplikasi Lock 4G LTE (Rooted Only)

Cara yang terakhir ini memerlukan akses "Root" karena aplikasi tambahan yang akan digunakan membutuhkan perangkat yang sudah "Rooted". Nah, untuk cara root sendiri, kalian bisa menggunakan Magisk Root atau Aplikasi KingRoot.
  1. Download aplikasi Advanced Signal Status, install dan kemudian jalankan.
  2. Setelah aplikasinya terbuka, scroll ke bawah, cari dan temukan "Additional Info", lalu tap atau buka. Secara otomatis anda akan diarahkan pada menu "Pengujian".
  3. Pada tahap ini, silahkan pilih "Informasi Perangkat. Scroll ke bawah dan temukan "Set preferred network type" kemudian pilih "LTE only""
  4. Tekan kembali atau tutup menu tersebut dan tunggu beberapa saat. Pergantian ke jaringan 4G, secara otomatis akan dilakukan.
Cara 2.1 dan 2.2 di atas juga bisa di aplikasikan terhadap semua jenis ponsel android. Namun khusus untuk cara 2.2, smartphone kalian harus sudah dalam kondisi rooted. Tetapi jika anda pengguna HP Xiaomi Mi atau Redmi, Silahkan baca tutorialnya di Cara Lock Sinyal 4G LTE Only Semua HP Xiaomi.

Secara keseluruhan, penerapan untuk cara kunci jaringan 4G yang ada di atas, bisa digunakan untuk ponsel android seperti Samsung, Asus, Lenovo, Vivo, Oppo, Sony, Coolpad, Evercoss, Xiaomi, Redmi, Mito, Nokia, Axioo, Lenovo, Huawei, LG, Google, HTC, Evercoss, dan lain sebagainya.

Demikian tutorial lengkap tentang Bagaimana Cara Mudah Kunci (Lock) Jaringan (Sinyal) 4G LTE Only di Semua HP Android pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung, salam.