3 Cara Screenshot Samsung Galaxy A10s

Screenshot Samsung Galaxy A10s - HP Samsung Galaxy A10s merupakan smartphone entry-level yang datang membawa spesifikasi menarik dan unggulan di kelasnya. Termasuk mengemas dual kamera belakang (13MP + 2MP), 2GB RAM, 32GB ROM, layar berponi kekinian, fingerprint di belakang ponsel dan sebagainya.

Lantas bagaimana cara mengambil screenshot Samsung Galaxy A10s? Nah untuk cara screenshot Samsung A10s, setidaknya ada tiga opsi yang bisa dipilih. Pertama metode tombol kombinasi 2 jari, kedua metode palm swipe dan yang ketiga metode scroll capture atau screenshot panjang (long).

Screenshoot sendiri adalah bagaimana cara mengambil tangkapan pada layar smartphone yang akan disimpan dalam bentuk gambar dan kemudian akan tersimpan gallery. Screenshot biasanya banyak digunakan sebagai dokumentasi, untuk dibagikan ke sosial media, dan lain sebagainya.

Baca juga : Cara Mudah Screenshot Semua HP Samsung Galaxy

Screenshot Samsung A10s Tombol 2 Jari

  1. Pilih area tangkapan yang akan di-screenshot.
  2. Tekan & tahan tombol Power + Vol Bawah ± 2 detik.
  3. Saat berhasil, layar ponsel akan berkedip diikuti bunyi shutter.
  4. Terakhir, silahkan periksa Gallery untuk melihat hasilnya.

Screenshot Samsung A10s Tanpa Tombol Usap Layar / Palm Swipe

Agar tombol fisik power & pengatur suara tidak cepat rusak akibat sering digunakan, sebaiknya gunakan metode palm swipe. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.
  1. Aktifkan mode Palm Swipe di Menu Settings >> Advanced Features >> Motion and Gestures.
  2. Aktifkan "Palm swipe to capture" dengan men-tap tombol aktivasi disampingnya.
  3. Selanjutnya, pilih area layar yang akan di-screenshoot.
  4. Luruskan tangan, kemudian usap layar dari arah kanan ke kiri (lihat gambar).
  5. Saat screenshot berhasil, layar akan berkedip dan mengeluarkan bunyi shutter.
  6. Untuk melihat hasil tangkapan, silahkan buka gallery.

Kedua metode di atas memang sama-sama praktis digunakan, tetapi metode Palm Swipe bisa dikatakan merupakan salah satu opsi terbaik agar mencegah kerusakan tombol fisik pengatur suara dan daya akibat sering digunakan.

Meski demikian, palm swipe terkadang sulit untuk mengambil tangkapan, terutama pada saat tangan sedang kotor atau basah.

Baca juga : 4 Cara Screenshot Samsung A31 Tanpa Tombol, Tanpa Aplikasi

Screenshot Panjang Samsung A10s Scroll Capture / Panjang

Selain dua metode di atas, ada satu lagi cara mengambil screenshot Galaxy A10s, yaitu metode Scroll Capture. Fitur ini berfungsi untuk screenshot memanjang ke bawah. Contohnya seperti gambar berikut.

Nah, untuk menggunakan metode Scroll Capture, pertama-tama kalian harus mengaktifkannya terlebih dahulu di dalam menu pengaturan, sama seperti metode Palm Swipe di atas.
  1. Buka menu Pengaturan (Settings) » Fitur Lanjutan (Advanced Features).
  2. Di dalamnya, silahkan aktifkan "Tangkap Cerdas (Smart Capture)" dengan menekan toggle aktivasi menjadi On.
  3. Selanjutnya, pilih area atau aplikasi yang akan di-screenshot panjang.
  4. Ambil screenshot menggunakan salah satu dari dua metode di atas (tombol 2 jari atau usap layar).
  5. Ketika pop-up menu Smart capture telah muncul, silahkan tap icon "Panah Bawah" seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.
  6. Nah, setelah layar bergulir atau berpindah ke bawah, tap lagi icon Panah bawah.
  7. Setelah layar kembali bergulir, tekan lagi icon tersebut. Lakukan hal ini secara berulang sampai batas tangkapan layar yang akan diambil.
  8. Saat proses pengambilan screenshot panjang berlangsung, di samping kiri layar akan muncul previewnya. Silahkan tap cuplikan tersebut untuk melihat hasilnya.

Bagaimana? Mudah bukan? Nah itulah 3 Cara mudah mengambil Screenshot Samsung Galaxy A10s pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan.