4 Cara Mudah Screenshot Samsung Galaxy A20s / A21s

AndroLite.com : Panduan Lengkap Bagaimana Cara Screenshot Samsung Galaxy A20s / A21s - Sama seperti metode screenshot pada Samsung A11 dan A21, HP Samsung A20s dan A21s juga dilengkapi berbagai fitur menarik untuk mengambil screenshot. Yaitu sebuah fitur untuk menyimpan informasi cuplikan yang muncul di layar ponsel.

Dalam hal ini Samsung A20s / A21s menawarkan 4 opsi screenshot, yang mana setiap metode memiliki keunggulan tersendiri. Yaitu menggunakan cara klasik tombol fisik 2 jari, tanpa tombol berupa usap layar yang dalam istilah HP Samsung dikenal sebagai Palm Swipe, pintasan menu asisten dan screenshot panjang atau Scroll Capture.

Screenshot atau yang biasa disingkat "SS" ini sendiri merupakan sebuah proses mengambil atau merekam cuplikan visual yang tampak pada layar smartphone yang kemudian akan disimpan dalam bentuk gambar (png/jpg). Biasanya, tangkapan layar ini digunakan untuk berbagai keperluan, seperti bahan tutorial, alat bukti pembayaran, dokumentasi, dibagikan ke sosial media dan sebagainya.

Baca juga : Cara Mudah Screenshot Semua HP Samsung Galaxy

Nah, bagi kalian pengguna Samsung Galaxy A21s ataupun A20s yang ingin mengetahui secara lengkap semua fitur screenshot yang ada didalamnya, berikut Androlite.com sajikan panduan lengkapnya, plus gambar untuk membantu memudahkan dalam penerapannya.


1. Screenshot Samsung A21s / A20s Tombol 2 Jari

Cara paling mudah digunakan untuk mengambil cuplikan layar Samsung A20s / A21s adalah menggunakan tombol hardware 2 jari. Yaitu dengan menekan tombol "POWER + VOLUME BAWAH" secara bersamaan atau menahannya selama kurang lebih 1 sampai 2 detik.

Ketika proses pengambilan cuplikan layar berhasil diambil, maka layar akan berkedip yang diikuti oleh bunyi shutter (seperti suara kamera). Nah, untuk melihat hasilnya, kalian bisa langsung menuju ke menu Gallery > Screenshot.

Meski metode ini sangat mudah dan praktis digunakan, tetapi sayangnya dapat mengakibatkan kerusakan dini pada tombol daya dan pengatur suara apabila terlalu sering digunakan. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kalian dapat memanfaatkan fitur screen capture tanpa tombol.

2. Screenshot Samsung A20s / A21s Tanpa Tombol

Tidak jauh berbeda dengan smartphone Samsung pada umumnya, baik yang masih menjalankan OS Android Oreo 8.0, Pie 9.0 hingga yang terbaru saat ini Android Q 10.0, Samsung A20s / A21s juga telah disematkan fitur tangkapan layar tanpa tombol di dalamnya, yakni berupa palm swipe (usap layar) dan pintasan menu asisten.

Karena kedua fitur tersebut bisa dikatakan merupakan fitur tersembunyi, untuk itu kalian harus mengaktifkannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Nah, untuk cara mengaktifkan dan cara penggunannya, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

2.1. Usap Layar Palm Swipe

  1. Buka menu Pengaturan > Fitur Lanjutan > Gerakan dan Gestur kemudian aktifkan "Usap Telapak Tangan untuk mengambil (Palm Swipe)".
  2. Selanjutnya, pilih area yang ingin kalian capture.
  3. Luruskan tangan, kemudian usap layar dari arah kanan ke kiri (lihat gambar).
  4. Bila screenshot berhasil, maka layar akan berkedip diikuti bunyi shutter.
  5. Hasilnya secara otomatis akan tersimpan di menu Gallery > Screenshot.

Salah satu kekurangan saat menggunakan metode palm swipe yakni sulit untuk mengambil tangkapan ketika tangan kotor atau sedang basah. Tetapi jangan khawatir, karena masih ada satu cara lagi untuk mengambil screen capture tanpa tombol yang juga bisa digunakan dengan mudah, yakni melalui shortcut menu asisten.

Baca juga : 4 Cara Mudah Screenshot Samsung Galaxy M11 dan M21

  1. Pertama, buka menu Pengaturan > [Aksesibilitas] > [Interaksi dan Kecekatan]
  2. Di dalamnya, silahkan aktifkan [Menu Asisten] dengan menekan tombol aktivasi yang ada disampingnya menjadi "ON".
  3. Saat menu ini aktif, akan muncul ikon bulat transparan kecil di samping kanan layar.
  4. Selanjutnya, untuk menggunakannya, silahkan masuk ke area layar yang ingin kalian capture.
  5. Bila sudah ketemu, ketuk ikon menu asisten tersebut lalu pilih [Screenshot / Gambar Layar].
  6. Sama seperti 2 metode sebelumnya, ketika proses SS berhasil diambil, maka layar akan berkedip dan mengeluarkan bunyi shutter.
  7. Terakhir, silahkan buka Gallery untuk melihat hasilnya.

Baca juga : Cara Factory / Hard Reset Samsung Galaxy A11, A21, A31

3. Screenshot Panjang (Long) Samsung A20s / A21s

Fitur tangkapan cuplikan layar selanjutnya yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A20s adalah Screenshot Panjang atau Scroll Capture. Fitur ini berfungsi untuk mengambil cuplikan layar secara memanjang ke bawah. Contohnya bisa kalian lihat pada gambar berikut.
Nah, untuk menggunakannya, kalian harus mengaktifkannya terlebih dahulu di dalam menu pengaturan, sama seperti pada palm swipe dan menu asisten. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.
  1. Buka menu Pengaturan » Fitur Lanjutan lalu aktifkan Tangkap Cerdas.
  2. Pilih area atau buka aplikasi yang akan kalian capture panjang.
  3. Selanjutnya, ambil SS menggunakan salah satu metode di atas. Baik menggunakan tombol fisik 2 jari, usap layar palm swipe ataupun melalui pintasan menu asisten.
  4. Sesaat setelah cuplikan layar berhasil diambil, maka di bagian bawah layar akan muncul (pop-up) sebuah box menu Tangkap Cerdas / Smart capture. Nah di dalam menu tersebut, silahkan tap ikon "Panah Bawah" seperti yang terlihat pada gambar berikut.
  5. Ketika layar bergulir ke bawah, tekan lagi ikon Panah Bawah tersebut. Lakukan proses ini secara berulang-ulang sampai pada batas konten yang ingin kalian screenshot panjang.
  6. Terakhir, silahkan buka preview / cuplikan yang muncul di samping kiri layar untuk melihat hasilnya.

Itulah tutorial 4 cara screenshot Samsung A20s dan Galaxy A21s menggunakan metode tombol 2 jari, usap layar palm swipe dan panjang / long pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil, Salam.