Cara Flash Firmware Samsung A6 SM-A600G

Download Gratis Stock ROM / Firmware dan Cara Flashing / Install Ulang Samsung Galaxy A6 (2018) SM-A600G - Smartphone Samsung Galaxy A6 (2018) adalah sebuah ponsel berbasis Android yang resmi dirilis pada pertengahan tahun 2018 lalu, bersamaan dengan Galaxy A6+, yang mana keduanya mengusung spesifikasi dan fitur unggulan dikelasnya.

Spesifikasi yang diunggulkan pada Galaxy A6 tersebut, diantaranya adalah ditenagai oleh prosessor Exynos 7870 Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53, pengolah grafis Mali-T830 MP1, RAM 3GB / 4GB, storage 32GB / 64 GB, kamera utama 16 MP, kamera selfie 16 MP, baterai 3000 mAh, layar Super AMOLED 5.6 inci dengan fitur Always-on display berlapiskan perlindungan Corning Gorilla Glass.

Untuk firmware / ROM / Sistem operasi yang digunakannya sendiri merupakan Android Oreo 8.0 dengan antarmuka Samsung Experience 9.0. Perangkat lunak Samsung A6 (2018) SM-A600G ini, telah mengalami beberapa kali pembaharuan sejak pertama kali diluncurkan.

Pembaruan tersebut dapat dilakukan melalui Update OTA pada menu pengaturan ataupun melakukan flash / install ulang Stock ROM / Firmware A6 2018. Selain untuk memperbarui perangkat lunak, update OS juga bertujuan untuk :
  1. Mengganti OS Android yang rusak.
  2. Menambal Bug.
  3. Melakukan Unroot.
  4. Upgrade ke versi terbaru.
  5. Downgrade ke versi lama.
  6. Memperbaiki Custom Binary Blocked By FRP Lock.
  7. Mengatasi Bootloop.
Khusus untuk poin 1 dan 2 bisa dilakukan dengan cara update OTA via menu pengaturan, sementara untuk poin 3 sampai 7, hanya bisa dilakukan dengan cara melakukan flash ulang via Odin.

Nah, berhubungan dengan hal tersebut, pada kesempatan kali ini, admin akan berbagi tutorial singkat tentang bagaimana cara melakukan flash atau install ulang stock ROM / firmaware Samsung Galaxy A6 (2018) SM-A600G lengkap dengan link download Stock ROM secara gratis.

1. Alat dan Bahan Flash Samsung A6 SM-A600G

Sebelum proses Flashing dilakukan, ada baiknya persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang diperlukan. Apa saja itu, berikut daftarnya.
  1. Smartphone Samsung A6 (2018) tentunya.
  2. Komputer (PC/Laptoop) berbasis Windows.
  3. Kabel USB (disarankan yang asli).
  4. Download Samsung USB Driver lalu install ke dalam komputer. Restart komputer jika komputer memintanya.
  5. Download aplikasi ODIN3_v3.13.1, lalu ekstrak filenya kedalam komputer.
  6. Download salah satu firmware A6 (2018) berikut ini.
    - Android Oreo 8.0.0 (Update November 2018).
    - Android Oreo 8.0.0 (Update Desember 2018).
    Apabila file firmware yang kalian download masih berbentuk winrar / 7zip dengan ekstensi .zip / .rar, silahkan ekstrak fielnya telebih dahulu. Tetapi jika sudah berekstensi HOME.tar.md5, maka tidak perlu diekstrak lagi.
Setelah semua bahan dan peralatan yang diperlukan sudah siap, selanjutnya mari kita menuju ke proses instalasinya.

2. Cara Flash Firmware Samsung A6 SM-A600G

Peringatan!
Androlite.com tidak bertanggung jawab atas hilangnya data penting atau bahkan terjadi kerusakan terhadap perangkat kalian karena disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di website ini. Do With Your Own Risk (DWYOR)!
Penting!
Sebelum memulai proses flashing, disarankan agar melakukan BACKUP semua data yang ada di dalam ponsel, baik itu Sistem Operasinya maupun data-data penting, agar ketika terjadi kesalahan, maka kalian bisa mengembalikannnya ke keadaan seperti semula.
Langkah #1. Matikan smartphone Galaxy A6 (2018) kalian hingga posisi off total.

Langkah #2. Masuk ke menu download mode Samsung A6 SM-A600G, dengan cara tekan tiga tombol "Power + Volume Atas + Volume Bawah" secara bersamaan selama kurang lebih 3-5 detik. Setelah ponsel mengalami getaran atau sudah muncul logo booting android, lepaskan ketiga tombol tersebut.

Selanjunya, untuk masuk ke menu "Downloading Mode", silahkan tekan tombol "Volume Atas" untuk continue / melanjutkan.

Langkah #3. Hubungkan smartphone A6 (SM-A600G) kalian ke komputer melalui kabel USB.

Langkah #4. Buka aplikasi ODIN3 dengan cara klik kanan, lalu pilih run as administrator.

Langkah #5. Apabila smartphone dengan komputer terhubung dengan baik, maka pada bagian tab "Log" akan terdapat tulisan "Added!" (lihat gambar pada Langkah #5). Jika tidak ada, coba ganti kabel USB dengan yang lain atau pindahkan ke port usb lainnya.

Langkah #6. Selanjutnya, klik menu "AP" pada ODIN, kemudian cari firmware A6 (2018) yang telah kalian download sebelumnya (ekstensi file HOME.tar.md5). Setelah itu, klik tombol Open dan lanjutkan dengan mengklik tombol Start.

Langkah #7. Tunggu hingga proses pemasangannya selesai (biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-7 menit). Setelah selesai dan berhasil, Pada tahap ini, anda bisa mencabut kabel usb dan menutup aplikasi odin.

Untuk mengetahui apakah proses pemasangan berhasil atau tidak, coba perhatikan bagian sebelah kiri atas ODIN. Jika terdapat pesan "PASS!" maka prosesnya berhasil, tetapi jika pesannya "Fail!" maka pemsangan ROM tidak berhasil.

Nah untuk mengatasi kegagalan pemsangangan, silahkan periksa file Stock ROM dan pastikan bahwa filenya sudah benar-benar berekstensi HOME.tar.md5) atau ulangi langkah-langkahnya sekali lagi atau pindahkan kabel USB ke colokan USB lainnya.

Langkah #6. Kembali ke HP Galaxy A6 kalian. Saat proses flashing berhasil, maka secara otomatis smartphone akan melakukan restart / reboot dengan sendirinya.

Silahkan tunggu hingga ponsel menyala dan setelah itu kalian akan langsung masuk ke menu pengaturan awal. Selamat, pemasangan Firmware / ROM telah selesai.

3. Penutup

Sebenarnya cara flashing Stock ROM Samsung Galaxy A6 (2018) yang ada di atas, prosesnya hampir sama saja dengan smartphone merk Samsung lainnya, baik itu keluaran lama maupun yang terbaru. Misalnya Flash Firmware Samsung A8 dan A8+ atau Flash ROM Samsung J4 SM-J400F.

Hanya saja yang membedakannya ada pada bagian pemilihan jenis firmware dan proses masuk ke downloading modenya. Sementara aplikasi hingga peralatan yang digunakan, semuanya sama saja.

Demikianlah tutorial Cara Flash / Install Ulang Stock ROM / Firmware Samsung A6 (2018) SM-A600G pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih telah berkunjung, salam.