Cara Flash Firmware Samsung Galaxy A8+ SM-A730F Pie 9.0

AndroLite.com : Cara Flashing / Install ROM Samsung Galaxy A8 Plus (A8+) SM-A730F dan Download Gratis Firmware A8 Plus (2018) SM-A730F - Samsung Galaxy A8 Plus dengan nomor model SM-A730F meluncur pertama kali pada awal tahun 2018 menggunakan sistem operasi Android Nougat 7.1 bersamaan dengan saudaranya Galaxy A8 SM-A530F.

Setelah setahun peluncurannya, ponsel ini kemudian mendapatkan pembaruan sistem dari Nougat ke Android Oreo 8.0. Lalu kemudian di pertengah bulan Mei 2019, A8 Plus (2018) kembali memperoleh pembaruan, kali ini Android Pie 9.0 yang didalamnya juga disertakan interface baru bernama One UI, pengganti Samsung Experience.

One UI memiliki banyak peningkatan fitur yang lebih baik dan bahkan lebih responsive ketimbang antarmuka Samsung Experience yang selama ini menjadi andalan Samsung. Termasuk peningkatan kecepatan pembacaan sensor face unlock, suara makin jernih, penambahan tampilan Always-on display dan masih banyak lagi.

Nah, Bagi kalian yang ingin melakukan update dari Oreo ke Pie, dapat kalian secara otomatis melalui OTA atau secara manual dengan cara flashing / install ulang Stock ROM / Firmware Samsung Galaxy A8+ SM-A730F.

Sayangnya, Update via OTA bisa dikatakan memiliki fungsi yang terbatas, misalnya hanya untuk pembaruan sistem, penambalan bug, meningkatkan performa atau mengatasi error ringan saja. Tetapi update secara manual, memiliki banyak fungsi sekaligus. Apa saja itu, berikut daftarnya.
  1. Memperbaiki Sistem yang rusak.
  2. Memperbaiki Bug.
  3. Melakukan Unroot.
  4. Upgrade / Downgrade OS.
  5. Memperbaiki Custom Binary Blocked By FRP Lock.
  6. Mengatasi Bootloop.
  7. Mengatasi Lupa Password / Pola.
  8. Mengatasi Softbrick.
  9. Mengatasi Touchscreen yang tidak sensitif.
  10. Mengatasi Ponsel lambat / hang.
  11. Menghapus virus / malware.
  12. Mengatasi Restart sendiri.
  13. Dan masalah lainnya.
Nah, bagi kalian yang ingin melakukan Flashing / install ulang firmware / ROM Samsung Galaxy A8 Plus secara manual, berikut ini panduan lengkapnya.

Persiapan Flash Samsung A8+ SM-A730F

Sebelum proses Flashing dilakukan, sudah pasti kalian harus mempersiapkan beberapa bahan dan peralatan yang diperlukan. Apa saja itu? berikut daftarnya.
  1. Ponsel Samsung A8 Plus (2018) tentunya.
  2. Komputer (PC/Laptoop) berbasis Windows.
  3. Kabel USB (disarankan yang asli).
  4. Download Samsung USB Driver lalu install ke dalam komputer. Setelah itu Restart komputer kalian.
  5. Download ODIN3_v3.13.1, lalu ekstrak filenya (simpan dimana saja asal mudah ditemukan).
  6. Download salah satu firmware Galaxy A8 Plus berikut ini.
  7. Jika file firmware yang kalian download berekstensi .zip / .rar, silahkan ekstrak filenya sehingga menjadi HOME.tar.md5.
Setelah semua sudah siap, selanjutnya mari kita menuju ke proses flashingnya.

Cara Flash Samsung A8 Plus SM-A730F

Peringatan
Tutorial ini bisa saja menyebabkan terjadinya kehilangan data yang ada di dalam smartphone, bootlop atau bahkan dapat mengakibatkan kerusakan pada perangkat. Apabila hal tersebut terjadi, maka AndroLite.com tidak bertanggung jawab karena penggunaan informasi ataupun file yang ada di situs ini. Do With Your Own Risk (DWYOR)!
  1. Matikan hingga posisi mati total.
  2. Masuk ke Downloading Mode dengan cara menekan tombol "Power + Volume Atas + Volume Bawah" secara bersamaan selama kurang lebih 3-5 detik atau hingga ponsel bergetar.
  3. Setelah logo booting Samsung muncul, silahkan lepas ketiganya. Tekan lagi tombol "Volume Atas" untuk masuk ke menu "Downloading Mode".
  4. Hubungkan smartphone ke komputer menggunakan kabel USB.
  5. Jalankan aplikasi ODIN3 dengan cara klik kanan, lalu pilih run as administrator.
  6. Untuk memastikan apakah ponsel sudah terhubung baik dengan komputer, coba perhatikan pada bagian tab "Log" aplikasi ODIN. Apabila terdapat tulisan "Added!" maka ponsel sudah terhubung dengan baik. Namun jika tidak ada, maka cobalah ganti kabel USB dengan yang lain atau pindahkan ke port usb lainnya.
  7. Di samping tab log, klik "Options" kemudian centang () "Auto Reboot" dan "F. Reset Time". Sisanya, JANGAN dicentang.
  8. Selanjutnya, klik tombol "AP" pada ODIN, kemudian pilih file Firmware Galaxy A8 Plus (ekstensi HOME.tar.md5), pilih Open dan klik Start untuk memulai proses pemasangan.
  9. Tunggu beberapa saat sampai proses pemasangannya selesai (biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-7 menit). Setelah selesai dan berhasil, kalian sudah bisa mencabut kabel usb dan menutup aplikasi ODIN.
  10. Jika prosesnya gagal, silahkan cek ulang file ROM. Pastikan bahwa filenya tersebut benar-benar sudah berekstensi HOME.tar.md5 atau pindahkan kabel USB ke colokan USB lainnya kemudian ulangi sekali lagi.
  11. Kembali ke ponsel A8 Plus (2018). Saat proses flashing firmware berhasil, secara otomatis ponsel akan melakukan restart / reboot dengan sendirinya.
  12. Silahkan tunggu hingga ponsel menyala dan setelah itu kalian akan langsung masuk ke menu pengaturan awal. Selamat, pemasangan Firmware / ROM telah selesai sepenuhnya.
Catatan: Untuk mengetahui apakah proses pemasangan berhasil atau tidak, lihat pada bagian kiri atas ODIN. Apabila ada pesan "PASS!", berarti prosesnya berhasil, tetapi jika "FAIL!" berarti gagal.

Penutup

Sebenarnya, untuk proses flashing Galaxy A8 Plus tersebut di atas, caranya sama saja dengan smartphone Samsung lainnya. Baik caranya, hingga aplikasi yang digunakan. Tetapi yang membedakan adalah file firmware dan cara masuk ke downloading modenya.

Mungkin saat pertama kali melakukannya, mungkin kalian akan sedikit ragu dan was-was. Namun saat kalian sudah paham prosessnya dan aplikasi utama yang digunakan, kalian bisa saja dengan mudah untuk melakukan flashing ponsel Samsung.

Demikianlah tutorial lengkap tentang bagaimana cara Cara Flash / Install Ulang Stock ROM / Firmware Samsung Galaxy A8 Plus (2018) SM-A730F pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam.