Cara Flash Firmware Samsung A31 SM-A315G Android Q 10.0

Download Gratis Firmware dan Cara Flash Samsung A31 SM-A315G via Odin - Samsung Galaxy A31 secara resmi masuk ke Indonesia pada akhir April 2020 lalu. Ini merupakan ponsel mid-range generasi terbaru dari keluarga A Series dan sekaligus sebagai penerus Galaxy A30 dan A30s.

Saat pertama kali masuk ke pasaran, Samsung Galaxy A31 telah menjalankan OS Android Q 10.0 yang dibalut oleh antarmuka One UI 2.0. Selang beberapa pekan kemudian, Samsung pun turut merilis dukungan pengembangan ponsel ini dalam bentuk firmware / stock ROM.

Firmware tersebut selain dapat dijadikan sebagai alternatif upgrade / update sistem operasi android, juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan (error) ringan atau berat terkait perangkat lunak. Seperti :
  1. Mengatasi bootloop (booting hanya sampai di logo).
  2. Membersihkan virus / malware.
  3. Mengatasi lupa kunci pola / pin / password.
  4. Mengatasi aplikasi force close atau sayangnya aplikasi telah berhenti
  5. Memperbaiki Custom Binary Blocked by FRP Samsung.
  6. Atasi ponsel tidak mau menyala atau mati total.
  7. Mengembalikan performa ponsel yang telah lambat.
  8. Memperbaiki kamera gagal Samsung.
  9. Melakukan unroot (hapus root)
  10. Mengatasi soft/hard brick.
  11. Dan sebagainya.
Nah, bagi kalian yang membutuhkan panduan untuk cara flash firmware Samsung Galaxy A31 via Odin, berikut AndroLite.com sajikan tutorial lengkap dan link download firmware yang bisa kalian unduh secara gratis.

Baca juga: 4 Cara Screenshot Samsung A31 Tanpa Tombol, Tanpa Aplikasi

Download Firmware Samsung Galaxy A31

PhoneSamsung Galaxy A31
ModelSM-A315G
NegaraIndonesia - XID
AndroidQ 10.0
BuildSeptember 2020
PDAA315GDXS1ATJ1
CSCA315GOLE1ATH4
Downloadvia Samfrew.com
Ekstrak firmware yang telah didownload menggunakan aplikasi 7-Zip (recommended) lalu simpan filenya ditempat yang mudah ditemukan. Misalnya Local Disk D: / E: dan sebagainya.

Alat dan Bahan Flash Firmware Galaxy A31

Selain file firmware, tentu kalian harus menyiapkan beberapa peralatan dan bahan (aplikasi) yang diperlukan untuk proses flashing. Berikut daftar lengkapnya.
  1. Sebuah komputer (PC/Laptop) berbasis Windows.
  2. Sebuah kabel USB original atau berfungsi dengan baik.
  3. Download dan Install Samsung USB Driver di komputer.
  4. Unduh Aplikasi Odin3 v3.xx.x (pilih versi terbaru) kemudian ekstrak filenya menggunakan 7-zip (recommended) atau winrar.

Cara Flash Samsung Galaxy A31

Proses flashing firmware dapat menyebabkan terhapusnya semua data yang ada didalam memori internal ponsel. Untuk itu, sebelum melakukannya, lakukan FULL BACKUP kemudian simpan di penyimpanan eksternal seperti kartu microSD, komputer dan sebagainya.
Silahkan gunakan tutorial ini hanya jika Anda yakin 100% tentang risiko akibat mem-flash Galaxy A31 Anda. AndroLite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan file beserta informasi yang ada di situs web ini. Do With Your Own Risk (DWYOR)!
STEP #1: Matikan ponsel sampai off total kemudian Booting ke Mode Downloading. Caranya silahkan tekan tombol 'POWER + VOLUME ATAS + VOLUME BAWAH' secara bersamaan. Lepas ketiga tombol tersebut bila terasa ponsel bergetar atau layar menampilkan logo booting.

Setelah ponsel menampilkan WARNING, tekan lagi tombol 'VOLUME ATAS' guna masuk ke menu utama downloading mode.

STEP #2: Buka komputer kemudian jalankan aplikasi flashtool ODIN3 dengan cara klik kanan lalu pilih Run as administrator.

STEP #3: Hubungkan ponsel dengan komputer menggunakan kabel USB. Pastikan kedua perangkat telah terkoneksi dengan baik dengan cara melihat tulisan 'Added!!' di bagian Log Odin atau terdapat alamat port USB di bawah ID:COM.

Tetapi bila ODIN belum mendeteksinya, maka saya sarankan untuk memindahkan kabel USB ke port lain atau mengganti kabel USB.

STEP #4: Pada aplikasi ODIN, klik tab 'OPTIONS' kemudian centang () kolom "AUTO REBOOT" dan "F. RESET TIME" (lihat gambar step #5 untuk lebih jelasnya).

STEP #5: Selanjutnya masukkan file firmware kedalam kolom di sebelah kanan odin. Untuk firmware dengan jumlah file 1 buah (SINGLE), silahkan klik tombol 'AP' lalu pilih firmware yang sudah diekstrak (ekstensi .tar.md5).

Tetapi apabila jumlah file firmware ada 4 buah (CSC, BL, AP, CP), maka kalian harus memasukkan filenya satu-persatu sesuai jenisnya seperti yang terlihat pada gambar berikut.

STEP #6: Langkah selanjutnya silahkan klik tombol 'START' untuk memulai proses flashing firmware. Bila prosesnya berhasil, maka akan muncul tulisan PASS!! di sudut kiri atas ODIN.

STEP #7: Sesaat setelah proses flashing berhasil, maka ponsel A31 dengan sendirinya akan melakukan melakukan restart. Nah pada tahap ini, kalian sudah bisa mencabut kabel USB dan tunggu sampai proses booting selesai.

Baca juga: Cara Factory / Hard Reset Samsung Galaxy A31

Solusi Gagal Flashing Galaxy A31

Apabil proses flashing mengalami kegagalan yang ditandai munculnya pesan FAIL!! pada aplikasi Odin, sebaiknya periksa beberapa bagian yang bisa saja menjadi penyebab utamanya.
  1. Pastikan kabel dan colokan USB tidak bermasalah.
  2. Pastikan ODIN berjalan secara Run as administrator.
  3. Pastikan firmware sudah sesuai nomor model / seri HP serta tidak rusak (corrupt).
  4. Update aplikasi ODIN atau Samsung USB Driver.
  5. Pastikan langkah-langkah tutorial diatas tidak ada yang terlewatkan.
Bila masih gagal, bisa jadi masalah utamanya pada hardware ponsel itu sendiri. Untuk itu sebaiknya periksakan langsung ponsel Galaxy A31 di service center terdekat yang ada di tempat kalian.

Nah itulah tutorial lengkap tentang Cara Flash Firmware Samsung Galaxy A31 SM-A315G pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. Salam!