advertisement
Download Firmware + Cara Flash Samsung Galaxy J4 SM-J400F - Smartphone Samsung Galaxy J4 adalah sebuah ponsel berbasis Android yang resmi dirilis pada pertengahan tahun 2018 lalu dengan mengusung beberapa spesifikasi dan fitur unggulan dikelasnya.

Diantaranya mengusung panel 5.5 inci, RAM 2GB, penyimpanan internal 16GB, prosessor Exynos 7570 Quad-core (1.4 GHz), pengolah grafis Mali-T720 MP1, kamera utama 15MP, selfie 5MP, baterai 3000 mAh, dan lain sebagainya.

Saat pertama kali masuk ke Indonesia, ponsel ini telah berjalan pada sistem operasi Android Oreo 8.0 antarmuka Samsung Experience 9.0 dengan segudang fitur di dalamnya. Sistem operasi tersebut hingga saat ini telah banyak mengalami pembaruan, mulai dari pembaruan sistem keamanan, perbaikan bug hingga update ke versi terbaru.

Pembaruan sistem pada Galaxy J4, bisa dilakukan dengan cara Update OTA pada menu pengaturan atau melakukan flash / install ulang Stock ROM / Firmware OS Android. Adapun terkait perihal flash ini, selain bisa digunakan untuk memperbarui sistem operasi, juga bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya, diantaranya:
  1. Mengganti OS Android yang rusak.
  2. Melakukan Unroot.
  3. Upgrade ke versi terbaru.
  4. Downgrade ke versi lama.
  5. Memperbaiki Custom Binary Blocked By FRP Lock.
  6. Mengatasi Bootloop.
Nah, bagi kalian ingin melakukan flash atau install ulang stock ROM / firmaware Samsung Galaxy J4 SM-J400F, berikut ini tutorial lengkapnya, plus link downloadnya secara gratis.
Peringatan!
Androlite.com tidak bertanggung jawab atas hilangnya data penting atau bahkan terjadi kerusakan terhadap perangkat kalian karena disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di website ini. Do With Your Own Risk (DWYOR)!

Cara Flash Firmware Samsung J4 (SM-J400F)

Proses flashing firmware Samsung J4 sudah pasti memerlukan beberapa persiapan bahan dan alat yang dibutuhkan. Apa saja itu, berikut daftarnya.
  1. Ponsel Samsung J4 tentunya.
  2. Komputer berbasis Windows, baik berupa PC maupun Laptop.
  3. Kabel data / USB (disarankan yang asli).
  4. Unduh dan Install Samsung USB Driver ke dalam komputer, setelah itu Restart komputer kalian.
  5. Unduh aplikasi ODIN3_v3.13.1 kemudian ekstrak filenya kedalam komputer.
  6. Unduh Firmware Galaxy J4 (SM-J400F). Ekstrak filenya menggunakan winrar atau 7zip apabila masih berekstensi .zip / .rar. Tetapi apabila sudah berekstensi HOME.tar.md5, maka tidak perlu diekstrak lagi.
Setelah semua bahan dan peralatan yang diperlukan sudah siap, selanjutnya mari kita menuju ke proses instalasinya.
Penting!
Sebelum memulai proses flashing, disarankan agar melakukan BACKUP semua data yang ada di dalam ponsel, baik itu Sistem Operasinya maupun data-data penting, agar ketika terjadi kesalahan, maka kalian bisa mengembalikannnya ke keadaan seperti semula.

Langkah #1. Matikan ponsel J4 hingga posisi mati total.

Langkah #2. Masuk ke menu downloading mode. Caranya tekan tombol "Power + Home + Volume Bawah" secara bersamaan selama kurang lebih 3-5 detik atau hingga terasa ada getaran lalu lepaskan ketiga tombol tersebut. Lanjutkan lagi menekan tombol "Volume Atas" untuk continue / melanjutkan.

Langkah #3. Hubungkan ponsel J4 kalian ke komputer melalui kabel data / USB.

Langkah #4. Buka aplikasi ODIN3 dengan cara klik kanan, lalu pilih run as administrator.

Langkah #5. Saat ODIN sudah terbuka, perhatikan pada bagian tab "Log", jika terdapat tulisan "Added!" (lihat gambar pada Langkah #5), maka ponsel dengan komputer sudah terhubung dengan baik. Tetapi jika tidak ada, silahkan ganti kabel USB dengan yang lain atau pindahkan ke port usb lainnya.

Langkah #6. Selanjutnya, klik menu "AP" pada ODIN, kemudian cari Stock ROM yang telah kalian download sebelumnya (ekstensi file HOME.tar.md5), lalu klik Open dan lanjutkan dengan mengklik tombol Start.

Langkah #7. Tunggu hingga proses flashingnya selesai (biasanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit). Setelah selesai dan berhasil, maka akan terdapat pesan "PASS!" di bagian sebelah kiri atas ODIN. Pada tahap ini, anda bisa mencabut kabel usb dan menutup aplikasi odin.

Langkah #6. Kembali ke ponsel, sesaat setelah proses flashing berhasil, maka secara otomatis ponsel akan melakukan restart / reboot. Silahkan tunggu hingga ponsel menyala dan setelah itu kalian akan langsung masuk ke menu pengaturan awal. Selamat, pemasangan Firmware / ROM telah selesai.

Penutup

Sebenarnya cara flashing Stock ROM Samsung Galaxy J4 SM-J400F yang ada di atas, prosesnya hampir sama saja dengan smartphone merk Samsung lainnya, baik itu keluaran lama maupun yang terbaru. Misalnya Flash ROM Samsung J7 Duo SM-J720F.

Hanya saja yang membedakannya ada pada bagian pemilihan jenis firmware dan proses masuk ke downloading modenya. Sementara aplikasi hingga peralatan yang digunakan, semuanya sama saja.

Demikianlah tutorial Cara Flash / Install Stock ROM / Firmware Samsung J4 SM-J400F pada kesempatan kali ini, jika ada hal yang kurang dipahami atau ada sesuatu hal yang ingin kalian tanyakan terkait perihal di atas, silahkan meninggalkan komentar. Terima kasih telah berkunjung, salam.
Open Comments