Cara Flash Firmware Samsung A8 SM-A530F Android Pie 9.0

AndroLite.com : Cara Flashing / Install Stock ROM dan Download Gratis Firmware A8 SM-A530F - Samsung Galaxy A8 dengan nomor model SM-A530F meluncur pertama kali pada awal tahun 2018 menggunakan sistem operasi Android Nougat 7.1.1. Setelah setahun peluncurannya, barulah ponsel ini mendapatkan update ke Android Oreo 8.0. Kemudian pada pertengah bulan Mei 2019, Galaxy A8 kembali mendapatkan update, kali ini ke Android Pie 9.0.

Selain sistem operasi baru, update tersebut juga menyertakan antarmuka baru bernama One UI sebagai pengganti Samsung Experience yang selama ini sudah kita kenal. Pembaruan tersebut dapat dilakukan secara otomatis melalui Update OTA ataupun secara manual dengan cara melakukan flashing / install ulang Stock ROM / Firmware.

Update via OTA, tujuannya tidak lebih dari pembaruan sistem, perbaikan bug, meningkatkan performa atau mengatasi error ringan. Tetapi untuk flashing secara manual Samsung Galaxy A8 (2018) SM-A530F, ternyata memiliki beberapa fungsi lain, termasuk:
  1. Mengganti OS Android yang rusak.
  2. Menambal Bug.
  3. Melakukan Unroot.
  4. Upgrade / Downgrade OS.
  5. Memperbaiki Custom Binary Blocked By FRP Lock.
  6. Mengatasi Bootloop.
  7. Mengatasi Lupa Password / Pola.
  8. Mengatasi Softbrick.
  9. Mengatasi Touchscreen yang tidak sensitif.
  10. Mengatasi Ponsel lambat / hang.
  11. Menghapus virus / malware.
  12. Mengatasi Restart sendiri.
  13. Dan masalah lainnya.
Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini, admin akan berbagi tutorial singkat tentang bagaimana cara melakukan flashing / install ulang firmware / ROM Samsung Galaxy A8 (2018) SM-A530F.

Persiapan Flash Samsung A8 SM-A530F

Sebelum proses Flashing dilakukan, sudah pasti kalian harus mempersiapkan beberapa bahan dan peralatan yang diperlukan. Apa saja itu? berikut daftarnya.
  1. Ponsel Samsung A8 (2018) tentunya.
  2. Komputer (PC/Laptoop) berbasis Windows.
  3. Kabel USB (disarankan yang asli).
  4. Download Samsung USB Driver lalu install ke dalam komputer. Setelah itu Restart komputer kalian.
  5. Download ODIN3_v3.13.1, lalu ekstrak filenya (simpan dimana saja asal mudah ditemukan).
  6. Download salah satu Stock ROM Galaxy A8 (2018) berikut.
  7. Jika file firmware yang kalian download berekstensi .zip / .rar, silahkan ekstrak filenya sehingga menjadi HOME.tar.md5.
Setelah semua bahan dan peralatan yang diperlukan sudah siap, selanjutnya mari kita menuju ke proses flashingnya.

Proses Flash Samsung A8 SM-A530F

Penting!
Sebelum memulai proses flashing, disarankan agar melakukan BACKUP semua data yang ada di dalam ponsel, baik itu Sistem Operasinya maupun data-data penting, agar ketika terjadi kesalahan, maka kalian bisa mengembalikannnya ke keadaan seperti semula.
Peringatan!
Androlite.com tidak bertanggung jawab atas hilangnya data penting atau bahkan terjadi kerusakan terhadap perangkat kalian karena disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di website ini. Do With Your Own Risk (DWYOR)!
Langkah #1. Matikan hingga posisi mati total.

Langkah #2. Masuk ke menu Downloading Mode. Caranya silahkan tekan tombol "Power + Volume Atas + Volume Bawah" secara bersamaan selama kurang lebih 3-5 detik atau hingga ponsel bergetar.

Setelah muncul logo booting Samsung, silahkan lepaskan ketiga tombol tersebut. Lanjutkan lagi menekan tombol "Volume Atas" untuk masuk ke menu "Downloading Mode".

Langkah #3. Hubungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB.

Langkah #4. Buka aplikasi ODIN3_v3.13.1 dengan cara klik kanan, lalu pilih run as administrator.

Langkah #5. Untuk memastikan apakah ponsel sudah terhubung baik dengan komputer, coba perhatikan pada bagian tab "Log" aplikasi ODIN.

Apabila terdapat tulisan "Added!" maka ponsel sudah terhubung dengan baik. Namun jika tidak ada, maka cobalah ganti kabel USB dengan yang lain atau pindahkan ke port usb lainnya.

Langkah #6. Di samping tab log, klik "Options" dan centang () pada "Auto Reboot" dan "F. Reset Time". Sisanya jangan ada yang tercentang.

Langkah #6. Selanjutnya, klik menu "AP" pada ODIN, kemudian pilih file ROM Galaxy A8 (2018) SM-A530F (ekstensi file HOME.tar.md5), pilih Open dan klik tombol Start untuk memulai proses instalasi.

Langkah #7. Tunggu hingga proses pemasangannya selesai (biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-7 menit). Setelah selesai dan berhasil, Pada tahap ini, anda bisa mencabut kabel usb dan menutup aplikasi odin.

Untuk mengetahui apakah proses pemasangan berhasil atau tidak, coba perhatikan bagian sebelah kiri atas ODIN. Jika terdapat pesan "PASS!" maka prosesnya berhasil, tetapi jika pesannya "Fail!" maka pemsangan ROM tidak berhasil.

Apabila notifikasi pada ODIN menunjukkan keterangan FAIL, silahkan cek ulang file ROM. Pastikan bahwa filenya tersebut benar-benar sudah berekstensi HOME.tar.md5 atau pindahkan kabel USB ke colokan USB lainnya kemudian ulangi sekali lagi.

Langkah #8. Kembali ke ponsel A8 (2018). Saat proses flashing berhasil, secara otomatis HP akan melakukan restart / reboot dengan sendirinya.

Silahkan tunggu hingga ponsel menyala dan setelah itu kalian akan langsung masuk ke menu pengaturan awal. Selamat, pemasangan Firmware / ROM telah selesai.

Penutup

Sebenarnya, untuk proses flashing Galaxy A8 tersebut di atas, caranya sama saja dengan smartphone Samsung lainnya. Begitupun dengan aplikasi yang digunakannya. Hanya saja yang membedakannya adalah file Stock ROM dan cara masuk ke menu downloading modenya.

Demikianlah tutorial Cara Flash / Install Ulang Stock ROM / Firmware Samsung Galaxy A8 (2018) SM-A530F pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam.