Cara Flash Firmware Samsung J7 Duo SM-J720F

AndroLite.com : Download Gratis Stock ROM / Firmware dan Cara Flash Samsung Galaxy J7 Duo SM-J720F - Ponsel cerdas Samsung Galaxy J7 Duo merupakan sebuah perangkat berbasis Android yang resmi diluncurkan oleh Samsung pada awal tahun 2018 lalu. Smartphone ini meluncur dengan sistem operasi Android Oreo versi 8.0 dengan segudang fitur di dalamnya.

Sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini OS J7 Duo telah banyak mengalami update, mulai dari pembaruan sistem keamanan, perbaikan bug dan lain sebagainya. Pembaruan ini, bisa dilakukan dengan cara Update OTA yang ada di dalam menu pengaturan atau melakukan flash / install ROM / Firmware OS Android.

Nah, mengenai flash / install ROM / firmware Android ini, selain bisa digunakan untuk melakukan update, juga bisa kita gunakan untuk mengganti OS Android yang rusak, menghapus root, downgrade OS ke versi lama, upgrade OS ke versi yang paling baru, Memperbaiki Custom Binary Blocked By FRP Lock dan masih banyak lagi.

Bagi kalian yang sedang mencari panduan tentang bagaimana cara melakukan flash / memasang ulang sistem operasi Android ke dalam HP Samsung Galaxy J7 Duo seri / model SM-J720F, berikut ini tutorial lengkapnya, plus link download Stock ROM secara gratis.
Peringatan!
Androlite.com tidak bertanggung jawab atas hilangnya data penting atau bahkan terjadi kerusakan terhadap perangkat kalian karena disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di website ini. Do With Your Own Risk (DWYOR)!

Cara Flash Samsung J7 Duo

Sebelum melakukan proses flashing, terlebih dahulu siapkan bahan dan peralatan yang diperlukan. Berikut daftarnya.
  1. HP Samsung J7 Duo.
  2. Sebuah komputer, baik itu PC ataupun Laptop.
  3. Kabel data ponsel (disarankan yang asli / original).
  4. Download Samsung USB Driver dan Install ke dalam komputer. Setelah itu Restart komputer kalian.
  5. Download ODIN3_v3.13.1 lalu ekstrak filenya ke dalam komputer.
  6. Download Stock ROM Galaxy J7 Duo (SM-J720F) dan ekstrak filenya ke dalam komputer menggunakan winrar atau 7zip apabila masih dalam bentuk .zip / .rar. Namun jika sudah berekstensi HOME.tar.md5, maka tidak perlu di ekstrak lagi.
Nah setelah semua bahan dan peralatan yang diperlukan sudah siap, selanjutnya mari kita menuju ke proses flashingnya.
Penting!
Sebelum memulai proses flashing, sangat disarankan agar melakukan FULL BACKUP semua data yang ada di dalam ponsel, baik itu Sistem Operasi Android maupun data-data penting lainnya, agar apabila terjadi kesalahan, maka kalian bisa mengembalikannnya ke keadaan seperti semula.

Step #1. Matikan ponsel J7 Duo kalian hingga posisi off total. Masuk ke menu downloading mode dengan cara menekan tombol "Power + Home + Volume Bawah" secara bersamaan selama kurang lebih 3 sampai 5 detik atau hingga terasa ada getaran. Setelah itu pada menu depan, tekan lagi tombol "Volume Atas" untuk continue / melanjutkan.

Step #2. Sambungkan HP kalian ke komputer melalui kabel USB.

Step #3. Jalankan aplikasi ODIN3 dengan cara mengklik kanan dan pilih run as administrator. Jika ponsel dengan komputer terhubung dengan baik, maka akan ada notifikasi pada ODIN di bawah bagian "ID:COM" atau tulisan "Added!" pada tab Log (lihat gambar pada step #4). Jika tidak ada, coba ganti kabel usb atau pindahkan kabel usb ke port usb lainnya.

Step #4. Klik tombol "AP" lalu cari Stock ROM / Firmware Android yang sudah kalian download sebelumnya (ekstensi file HOME.tar.md5). Setelah itu, klik Open dan lanjutkan dengan mengklik tombol Start pada ODIN.

Step #5. Silahkan tunggu hingga proses pemasangan Firmware selesai dan biasanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit. Setelah selesai dan berhasil, maka akan terdapat pesan "PASS!" di bagian sebelah kiri atas odin. Pada tahap ini, anda bisa mencabut kabel usb serta menutup aplikasi odin.

Step #6. Kembali ke ponsel. Secara otomatis ponsel akan melakukan restart / reboot. Sekali lagi tunggu beberapa saat hingga ponsel masuk ke menu pengaturan awal android. Selamat, pemasangan Firmware / ROM baru telah selesai.

Penutup

Sebenarnya pemasangan ROM / firmaware ke dalam J7 Duo, prosesnya hampir sama saja dengan smartphone merk Samsung lainnya, baik itu keluaran lama maupun yang terbaru.

Hanya saja yang membedakannya ada pada bagian pemilihan ROM dan proses masuk ke downloading modenya. Sementara aplikasi hingga peralatan yang digunakan, semuanya sama saja.

Jika ada hal yang ingin kalian tanyakan seputar masalah di atas, silahkan meninggalkan komentar di bawah atau bisa juga menghubungi admin melalui formulir contact us yang telah disediakan. Terima kasih telah berkunjung, salam.