5 Cara Bypass FRP Samsung A10/A10s Lupa Email Google

Cara Melewati Verifikasi Email atau Bypass FRP Lock Samsung Galaxy A10 dan A10s - Permasalahan tidak bisa melewati FRP Lock (permintaan verifikasi akun google) yang disebabkan oleh lupa email dan password gmail google setelah melakukan factory reset atau hard reset pada HP Samsung Galaxy A10 dan A10s, dapat diatasi sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan atau membawa ponsel ke tukang service.

Yaitu dengan cara melakukan Bypass FRP Lock / Melewati permintaan verifikasi akun Google. Dalam hal ini ada 5 opsi yang bisa digunakan, yaitu menggunakan metode blokir SIM, pasang cabut SIM, kirim SMS, Smart Switch (OTG), dan flash file combination via odin. Empat dari 5 metode tersebut sangat mudah diterapkan, karena tidak memerlukan bantuan komputer, atau tanpa PC/Laptop.

Selain itu, metode-metode tersebut dapat diaplikasikan pada hampir semua generasi terbaru A series (A10 - A90 dan A10s - A70s) yang menjalankan OS Android Pie 9.0 keatas, termasuk Samsung Galaxy A10 dengan nomor model SM-A105F, SM-A105G, SM-A105M, SM-A105FN dan Samsung Galaxy A10s model SM-A107F, SM-A107M.

1. Pengertian FRP (Factory Reset Protection)

FRP adalah singkatan dari "Factory Reset Protection" yang merupakan sebuah sistem keamanan Android yang biasanya akan aktif ketika smartphone selesai reset pabrik, hard reset atau setelah flash firmware / stock ROM. Saat FRP aktif, pengguna tidak diberikan pilihan untuk melewatinya (tidak ada tombol next / skip) terkecuali telah memasukkan akun google yang sudah pernah tertaut sebelumnya.

Nah, untuk itu, mulai dari sekarang pastikan kalian telah mencatat alamat email dan password akun google yang saat ini terpasang di dalam ponsel, agar nantinya pada saat selesai melakukan reset, kalian bisa dengan mudah memasukkannya kembali.

2. Bypass FRP Lock Samsung Galaxy A10/A10s

Bypass verifikasi akun google menggunakan metode blokir SIM, pasang cabut SIM, kirim SMS dan Smart Switch (OTG) memiliki tujuan yang hampir sama, yaitu untuk dapat mengakses Google Chrome sebagai alat untuk mendownload aplikasi Bypass FRP Lock dan Google Accont Manager apk.

Sedangkan metode flash file combination berfungsi untuk memasang Factory Binary sebagai sarana untuk membuat kunci pola / PIN pengganti verifikasi email / sandi gmail. Lantas bagaimana cara menerapkannya? Berikut panduan lengkapnya.

2.1. Bypass FRP Samsung A10/A10s Metode Cabut SIM

  1. Langkah pertama, silahkan tap [Next] sampai di tampilan "Choose a Wi-Fi Network" kemudian hubungkan perangkat ke internet. Baik dari hotspot perangkat lain atau Telkom Indihome.
  2. Selanjutnya tekan [Back] sampai di tampilan paling awal [Let's Go] kemudian masukkan kartu SIM.
  3. Saat layar telah menampilkan "Enter SIM Card Unlock Pin ...", selanjutnya Eject / keluarkan kembali kartu SIM bersamaan dengan menekan tombol [POWER]. Ingat, harus bersamaan!
  4. Tap [OK] pada pop-up "No SIM Card Inserted". Bila berhasil, maka layar akan tampil seperti gambar di bawah yang di dalamnya terdapat sebuah icon Gembok Terkunci. Bila tidak ada, silahkan ulangi sampai berhasil.
  5. Selanjutnya, tap icon Gembok Terkunci tersebut dan secara otomatis menu bar notifikasi akan muncul. Nah, pada bar notifikasi, silahkan tap [Notification Settings].
  6. Di dalamnya, klik [See All / Lihat Semua], kemudian di bagian atas, klik [Most Recent] lalu pilih [All].
  7. Berikutnya, silahkan gulir ke bawah lalu pilih [Youtube] > [In-App Notification Settings] > [History and Privacy] > [Youtube Terms of Service].
  8. Di tampilan "Welcome to Chrome", klik [Accept & Continue] > [Next] > [No Thanks].
  9. Ketikkan androlite.com/p/frp.html di [Adress Bar Chrome] > [Go] > gulir ke bawah lalu download file BypassFRP-v1.0.apk dan Google-account-manager-v8.apk.
  10. Untuk melihat kedua file yang sudah terdownload, silahkan klik icon menu Chrome yang ada di pojok kanan atas kemudian pilih [Download].
  11. Selanjutnya silahkan install Google-account-manager-v8.apk terlebih dahulu. Bila sudah, lanjutkan lagi menginstall file BypassFRP-1.0.apk lalu jalankan.
  12. Saat layar menampilkan "Re-type Password", silahkan lihat ke pojok kanan atas lalu tap icon menu dan pilih [Browser Sign-in] > [OK].
  13. Di halaman "Sign-in with your Google Account", masukkan email dan password akun google kalian kemudian lanjutkan dengan men-tap [Sign-in].
  14. Setelah berhasil login, selanjutnya tekan tombol [POWER] kemudian pilih [Restart]. Tunggu sampai ponsel menyala kembali dan lanjutkan dengan melakukan konfigurasi sama seperti ponsel dalam keadaan baru.
  15. Selesai. Selamat FRP Lock HP Samsung Galaxy A10/A10s kalian telah berhasil di-bypass.

2.2. Bypass FRP Samsung A10/A10s Metode Blokir SIM

Tidak jauh berbeda dengan metode cabut SIM, metode blokir SIM juga bertujuan untuk mencari celah memunculkan icon gembok terkunci. Namun bedanya adalah membuat kartu SIM terblokir.
  1. Pertama, silahkan buat PIN di kartu SIM menggunakan ponsel lain. Untuk caranya, silahkan kalian sesuaikan karena setiap ponsel memiliki pengaturan berbeda untuk memasng PIN pada kartu SIM.
  2. Setelah itu, sambungkan ponsel ke Internet pada tampilan "Choose a Wi-Fi Network". Bila sudah, tekan [Back] sampai di tampilan paling awal [Let's Go].
  3. Masukkan kartu SIM yang sudah memiliki PIN. Saat layar telah menampilkan "Enter SIM Card Unlock Pin ...", masukkan Nomor PIN 4 digit yang [SALAH]. Ingat harus memasukkan PIN salah yang tujuannya untuk membuat kartu SIM terblokir.
  4. Setelah layar menampilkan "SIM card Locked. Insert PUK ...", silahkan masukkan PUK 8 digit yang juga SALAH. Lakukan hal ini sampai kartu SIM terblokir dan layar masuk ke tampilan seperti gambar berikut.
  5. Selanjutnya, tap pada icon Gembok Terkunci tersebut sampai muncul menu bar notifikasi, lalu tap [Notification Settings].
  6. Untuk konfigurasi selanjutnya, lihat langkah-langkah Nomor 6 sampai 15 pada metode Cabut SIM di atas. Karena prosesnya sama saja, hanya saja yang membedakan ada pada tahapan memunculkan icon Gembok Terkunci.

2.3. Bypass FRP Lock Samsung A10/A10s Metode Kirim SMS

  1. Siapkan sebuah smartphone pembantu merk apa saja, dengan ketentuan ponsel tersebut sudah dalam kondisi Root dan telah terpasang Xposed. Untuk tutorial Root dan pasang Xposed, bisa kalian cari di situs ini.
  2. Selanjutnya, download dan install FRP_SMS_v1_atau_v2 ke dalam modul Xposed Framework pada ponsel pembantu.
  3. Masukkan kartu SIM yang masih aktif di kedua ponsel. Pada ponsel pembantu, buka [Xposed Installer] > [Menu] > [Modules] > lalu jalankan aplikasi FRP SMS atau Mobile SMS yang telah terpasang.
  4. Di dalam aplikasi FRP SMS, klik [Class 0] lalu masukkan nomor HP Galaxy A10/A10s untuk dikirimi SMS. Sementara di bagian "Message" masukkan pesan / link youtube.com/netzoone. Bila sudah silahkan tekan [Send Class 0].
  5. Kembali ke HP A10/A10s. Klik link youtube.com/netzoone yang muncul di layar. Secara otomatis perangkat akan membuka aplikasi youtube. Bila sudah terbuka, klik [Menu Youtube] yang ada di pojok kanan atas lalu pilih [Terms & Privacy Policy].
  6. Secara otomatis, ponsel akan membuka aplikasi Google Chrome. Pada address bar Chrome, masukkan link "bit.ly/frp-apk" kemudian download aplikasi BypassFRP-v1.0.apk dan Google-account-manager-v8.apk lalu install.
  7. Untuk tahapan selanjutnya, sekali lagi lihat step nomor #5 sampai #15 pada tutorial Metode Cabut Kartu SIM di atas.

2.4. Bypass FRP Lock Samsung A10/A10s Metode OTG (Smart Switch)

  1. Sediakan 1 unit ponsel merk Samsung (disarankan A series A10 s/d A70) untuk membantu proses bypass. Sediakan pula sebuah kabel USB Charger dan OTG untuk menghubungkan antara HP yang akan di-bypass dengan ponsel pembantu.
  2. Tahap pertama, [Next] terlebih dahuluh sampai pada tampilan "Choose a Wi-Fi network" kemudian Koneksikan HP ke jaringan internet melalui sambungan WiFi.
  3. Jika telah tersambung ke Internet, berikutnya tekan [Back] sampai pada tampilan [Bring your old data for quicker setup] dan lanjutkan dengan memilih opsi [Cable and USB Connector] > [Next] > tunggu sampai proses "Updating Smart Switch" selesai dilakukan.
  4. Ambil ponsel pembantu, kemudian install aplikasi Samsung Smart Switch Mobile dan Apex Launcher - Customize,Secure,and Efficient. Setelah install selesai, langsung saja tekan icon [Home] untuk membuat Apex Launcer menjadi default.
  5. Jalankan aplikasi Smart Switch di ponsel pembantu, pilih [Send Data] > [Cable] lalu colokkan kabel OTG di kedua ponsel.
  6. Lihat di HP A10/A10s. Hapus semua yang centang yang terdapat pada tampilan "Choose what to bring", kecuali Apps.
  7. Tap pada tulisan Apps (jangan terkena centang) lalu hapus semua opsi pilihan aplikasi didalamnya. Pastikan yang tercentang hanya Apex Launcer. Bila sudah, tekan [Done] > [Transfer] > Tunggu sampai proses penyalinan aplikasi selesai dilakukan.
  8. Selanjutnya cabut kabel OTG dan [Restart] HP Galaxy A10/A10s. Setelah kembali menyala, setup sampai di tampilan "Check our some info to get started", lalu tekan pada tulisan [Term and Condition] kemudian klik [Smart Switch].
  9. Colok kembali kabel OTG. Secara otomatis layar akan kembali menampilkan [Bring your old data for quicker setup]. Nah pada tahap ini silahkan tap [Receive data] > [Continue].
  10. Jika sudah selesai, ponsel dengna sendirinya akan menampilkan "You're ready to go". Pada tampilan ini, silahkan tap pada [Copied items] > [Apps] > lalu klik Apex Launcher.
  11. Ketika sudah masuk ke layar utama, berikutnya buka aplikasi [Chrome] > kemudian ketikkan bit.ly/frp-apk. Download aplikasi BypassFRP-v1.0.apk dan Google-account-manager-v8.apk lalu install keduanya.
  12. Untuk langkah selanjutnya, silahkan lihat step nomor #5 sampai #15 pada Metode Cabut Kartu SIM di atas karena proses bypassnya sama saja.

2.5. Bypass Verifikasi Email Samsung A10/A10s via Odin

Cara lain untuk mem-bypass verifikasi akun google Samsung Galaxy A10s / A10 adalah mem-flash file Combination dan Firmware / Stock ROM via Flashtool Odin. Tetapi sejauh ini, metode ini hanya pernah diterapkan untuk Galaxy A10 reguler, sementara untuk Galaxy A10s masih belum diketahui apakah berhasil ataukah tidak.

2.5.1. Download

Sebelum lanjut ke tutorialnya, sebaiknya persiapkan beberapa peralatan dan download file-file yang dibutuhkan.
  1. SAMSUNG_USB_Driver.exe (Install di PC).
  2. ODIN3_v3.zip (ekstrak di komputer).
  3. Download Salah satu Firmware berikut lalu ekstrak filenya di PC:
  4. File_Combinations_A10.rar (ekstrak di komputer).

2.5.2. Proses Bypass Samsung A10/A10s via Odin

  1. Langkah pertama, silahkan flash File_Combinations_A10 terlebih dahulu melalui aplikasi ODIN3. Tutorialnya bisa dilihat DISINI (pastikan centang [Auto Reboot] di tab Options ODIN).
  2. Setelah flash berhasil, ponsel dengan sendirinya akan melakukan restart dan booting ke Factory Binary dan tunggu sampai menyala sempurna.
  3. Di dalam menu Factory Binary, tap [Apps] > [Settings] > [Security & Location] > [Screen Lock] > [Pattern] > lalu masukkan pola sesuai keinginan kalian.
  4. Bila sudah, matikan ponsel kemudian booting kembali ke mode downloading untuk mem-flash file kedua, yaitu Firmware / Stock ROM melalui aplikasi ODIN.
  5. Setelah proses flashing firmware berhasil dan ponsel telah menyala sempurna, selanjutnya lakukan pengaturan awal sampai di tampilan "Draw your current pattern". Di tampilan tersebut, silahkan masukkan pola yang sebelumnya sudah kalian buat di Factory Binary.
  6. Nah, pada tahap ini proses bypass FRP sudah berhasil dilakukan. Silahkan lanjutkan konfigurasi awal sampai ke home screen. Selesai.

3. Solusi Gagal Bypass FRP Samsung A10/A10s

Ada beberapa kasus yang menyebabkan mengapa Samsung Galaxy A10/A10s gagal di-bypass. Penyebab utamanya adalah karena adanya update security OS Android sehingga celah untuk bypass tertutup. Misalnya menggunakana metode Cabut SIM di atas yang icon Gembok Terkunci tidak muncul.

Solusi yang paling efektif untuk mengatasi hal tersebut adalah melakukan [DOWNGRADE OS ANDROID] ke versi paling lama, bila perlu ke versi saat pertama kali smartphone diluncurkan. Nah, untuk kasus Galaxy A10 dan A10s, berikut sudah saya sediakan firmware versi terlama yang semoga bisa dijadikan bahan untuk melakukan bypass.
Flash firmware tersebut melalui Odin. Setelah itu silahkan lakukan bypass ulang.

4. Saran dan Penutup

Sekedar saran, untuk mencegah terjadinya lupa akun google, sebaiknya catat dan simpan baik-baik alamat email dan passwordnya agar pada saat melakukan factory reset, maka kalian bisa dengan mudah melewati verifikasi tersebut. Bila perlu, buat akun google baru kemudian tambahkan ke dalam ponsel.

Artinya, semakin banyak akun google yang tertaut dengan HP Samsung Galaxy A10/A10s, maka akan semakin memudahkan kalian melakukan verifikasi frp lock. Hal ini juga berlaku untuk ponsel bekas, pastikan sebelum mulai menggunakannya, sebaiknya buat akun baru terlebih dahulu kemudian tambahkan.

Demikianlah tutorial lengkap tentang bagaimana Cara Bypass FRP / Melewati Verifikasi Akun Google Samsung Galaxy A10/A10s (Lupa Email & Password) pada kesempatan kali ini. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih telah berkunjung, Salam!