Developer Options, Unlock Bootloader Samsung Galaxy A51

Cara Munculkan Developer Options dan Unlock Bootloader Samsung Galaxy A51 - Mungkin sebagian dari kalian bertanya-tanya, sebenarnya apa sih Developer Options (Opsi Pengembang) dan Unlock Bootloader (UBL) Samsung Galaxy A51 ini? Dan apa fungsi atau tujuannya?

Developer Options merupakan sebuah menu pengembangan yang memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan modifikasi / tweak sistem operasi. Didalamnya terdapat berbagai macam opsi yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa, mengaktifkan USB Debugging, OEM Unlock sebagainya.

Bagi para opreker, menu ini pasti sudah tidak asing lagi, karena developer options merupakan salah satu langkah awal sebelum melakukan modifikasi, seperti pasang TWRP, Root dan lainnya. Secara default, menu ini tersembunyi di dalam pengaturan / settings, namun dapat dengan mudah untuk dimunculkan.

Sedangkan Bootloader merupakan sebuah program yang tertanam di dalam sistem operasi Android yang dimuat pertama kali sebelum proses booting. Bootloader sendiri berfungsi dalam memberika aksesibilitas, verfikasi intergritas sistem operasi agar dapat berjalan sempurna.

Tidak jauh berbeda dengan developer options, tujuan melakukan Unlock Bootloader Samsung Galaxy A51 adalah untuk memuluskan proses modifikasi agar tidak memicu KG State / RMM State Prenormal dan untuk menghentikan kinerja 'KNOX' (sistem keamanan Samsung). Sehingga file-file yang diblokirnya (misal file root) bisa dengan mudah terpasang tanpa mengakibatkan konflik.

Developer Options Samsung Galaxy A51

Nah, bagi kalian yang ingin melakukan modifikasi sistem tentu hal paling pertama yang harus dilakukan adalah memunculkan opsi pengembang yang tersembunyi di dalam menu pengaturan.

Di dalamnya, selain terdapat banyak opsi lanjutan untuk meningkatkan kinerja sistem, juga terdapat opsi USB Debugging dan OEM Unlock agar proses tweak bisa berjalan lancar. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.
  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Tap Tentang Ponsel » Informasi Perangkat Lunak.
  3. Ketuk sebanyak 7 sampai 10 kali pada "Nomor Build" sampai muncul notifikasi "Opsi pengembang telah aktif" atau notifikasi sejenisnya.
  4. Pada tahap ini, menu Opsi pengembang telah muncul di menu utama pengaturan. Untuk melihatnya, silahkan tekan back 2X atau buka ulang menu Settings.
  5. Gulir ke bagian paling bawah, disana kalian akan melihat menu baru bernama "Developer Options".
  6. Di dalamnya, silahkan aktifkan "OEM Unlock & USB Debugging" dengan cara tap tombol toggle aktivasi di sampingnya.
  7. Konfirmasi pilihan dengan memilih "Turn On".
  8. Selesai.
Setelah selesai melakukan tweaking (root / pasang TWRP), disarankan untuk menonaktifkan kembali opsi OEM Unlock. Karena jika opsi ini selalu aktif, maka ponsel dapat dengan mudah dimasuki oleh virus / malware.

Unlock Bootloader Samsung Galaxy A51

Bila OEM Unlock dan USB Debugging telah diaktifkan, selanjutnya untuk memuluskan proses tweaking kalian harus melakukan Unlock Bootloader / UBL Samsung Galaxy A51. Namun sebelum lanjut, pastikan kalian telah mengetahui apa saja resikonya.

Resiko UBL Samsung Galaxy A51

  1. Menghapus semua data yang ada didalam memori internal HP.
  2. Kehilangan garansi resmi / toko.
  3. Sistem keamanan lemah.
  4. Mudah dimasuki oleh malware / virus.
  5. Mengakibatkan kerusakan perangkat.
  6. Sistem keamanan KNOX jebol permanen (tidak bisa dikembalikan lagi).

Manfaat UBL Samsung Galaxy A51

  1. Perangkat dapat dipasangi custom recovery TWRP.
  2. Install custom ROM.
  3. Flash berbagai file.
  4. Dapat memodifikasi sistem.
  5. Aksesibilitas sistem menjadi tidak terbatas.

Proses UBL Samsung Galaxy A51

  1. Pastikan OEM Unlock dan USB Debugging telah aktif.
  2. Selanjutnya, nonaktifkan HP sampai off total.
  3. Booting ke mode Downloading dengan cara tekan & tahan tombol VOL BAWAH + VOL ATAS lalu koneksikan HP ke PC via kabel USB dengan tetap menekan VOL BAWAH + VOL ATAS.
  4. Bila sudah berada di tampilan "WARNING", tekan lalu tahan VOL ATAS selama kurang lebih 5-10 detik atau sampai pada tampilan "Unlock Bootloader?".
  5. Pilih opsi "YES" dengan menekan tombol VOLUME ATAS.
  6. Saat berada di tampilan "The phone's bootloader is unlocked...", tekan POWER lalu tunggu sampai proses Erasing selesai.
  7. Bila sudah selesai, ponsel secara otomatis akan melakukan reboot. Namun bila hal tersebut tidak terjadi, silahkan reboot manual dengan menekan tombol power sekali.
  8. Ketika ponsel telah menyala sempurna, silahkan lakukan konfigurasi awal sama seperti ponsel dalam keadaan baru dibeli, tetapi "JANGAN" Sign in / login ke akun Google / Samsung (skip saja bila mendapatinya).
  9. Selesai dan ponsel sudah siap di oprek.

Solusi OEM Unlock Samsung A51 Hilang

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan opsi OEM Unlock tidak ada / tidak dapat diaktifkan di dalam menu Opsi Pengembang. Diantaranya karena sistem tidak update, bug, kesalahan konfigurasi, dimasuki virus dan lain sebagainyanya.

Nah, untuk mengatasinya, silahkan baca panduan lengkap tentang bagaimana cara memunculkan OEM Unlock tidak ada (hilang) / tidak dapat diaktifkan semua HP Samsung melalui TAUTAN INI.
Tutorial mengaktifkan Developer Options dan Unlock Bootloader Samsung Galaxy A51 tersebut di atas, dapat diterapkan dengan mudah untuk semua seri, termasuk SM-A515F/DS, SM-A515F/DSN, SM-A515FN/DS (Global); SM-A515GN/DS, SM-A515FM/DS, SM-A515YN, SM-A515W.