2 Cara Bypass FRP Redmi Note 8 / 8 Pro Lupa Akun Google

Lupa Akun Google / MiCloud HP Redmi Note 8 / 8 Pro MIUI 11 Pie 9.0 - Masalah lupa akun Mi atau Gmail Google akan memicu aktifnya Factory Reset Protection atau FRP. FRP akan meminta pengguna memasukkan ulang email dan sandi sebagai verifikasi kepemilikan ponsel Redmi Note 8 dan Note 8 Pro.

Akun yang diminta bukanlah sembarangan akun, melainkan email dan sandi yang sebelumnya telah tertaut / sinkron dengan ponsel. Jika tidak sesuai atau lupa, maka konfigurasi awal smartphone tidak akan dapat dilanjutkan sampai ke tahap home screen (layar utama) atau dengan kata lain stuck di FRP.

Permintaan memasukkan ulang email dan sandi akun google atau Micloud tersebut biasanya terjadi ketika user baru saja selesai melakukan factory reset, hard reset atau flash Stock ROM / firmware. Untuk itu sebelum melakukan hal tersebut, pastikan kalian telah mencatat baik-baik akun google / mi yang telah tertaut dengan ponsel.

Factory Reset Protection sendiri merupakan sistem keamanan Android yang resmi diperkenalkan oleh Google pada Maret 2015 lalu dan mulai diterapkan pada Android Lollipop hingga yang terbaru sekarang ini Android Q. Sistem keamanan ini akan meminta konfirmasi kepemilikan dengan meminta user memasukkan ulang akun google yang telah tertaut dengan ponsel.
Lantas bagaimana jika lupa email / password akun google Xiaomi Redmi Note 8 / Note 8 Pro? Nah untuk mengatasinya, kalian bisa melakukan Bypass FRP Lock yang dalam hal ada dua opsi yang bisa kalian gunakan. Apa saja itu? Berikut tutorial lengkapnya.

Cara Bypass FRP Redmi Note 8 / 8 Pro

Dua metode yang ditawarkan untuk mem-bypass frp Redmi Note 8 / 8 Pro bertujuan untuk mencari celah agar dapat mengakses browser seperti Chrome melalui aplikasi Youtube agar dapat mendownload aplikasi FRP Lock Remover dan Google account manager apk.

Dua cara bypass frp lock ini sangat mudah untuk kalian terapkan sendiri dan tentunya tanpa memerlukan bantuan komputer seperti PC atau laptop. Bagaimana caranya? Berikut 2 cara bypass FRP lock Xiaomi Redmi Note 8 / 8 Pro lupa akun Google.

Bypass FRP Lock Metode #1

  1. Bila berada di tampilan Verifikasi Akun Google, silahkan klik [Back] atau tap [Next] hingga masuk pada tampilan [Connect to Network] kemudian koneksikan HP ke jaringan internet via Wi-Fi.
  2. Setelah terhubung, berikutnya tap [Add Network] yang ada di bagian paling bawah, lalu ketik [www.youtube.com] di kolom "SSID".
  3. Blok semua tulisan www.youtube.com kemudian tap icon rantai seperti yang terlihat pada gambar di bawah. Tujuannya adalah untuk membuka aplikasi youtube.
  4. Setelah aplikasi YouTube terbuka, tap icon "Profile" yang ada di pojok kanan atas. Pilih [Settings] > [About] > [YouTube Terms of Service].
  5. Saat muncul pop-up "Open With", pilih [Browser] atau more untuk memilih browser [Chrome]. Setelah itu, pada [Address Bar Browser], ketik bit.ly/frp-apk > [Enter] dan lanjutkan dengan mengunduh aplikasi BypassFRP-v1.0.apk dan Google-account-manager-v9.apk.
  6. Bila download aplikasi telah selesai, tap icon menu Chrome yang ada di sudut kanan atas lalu pilih [Download].
  7. Install Google-account-manager-v9.apk terlebih dahulu (tidak perlu dijalankan). Bila muncul kotak dialog security Chrome, pilih [Settings] > Enable [Allow from this source] > [Back] > [Install]. Bila sudah selesai, lanjutkan install BypassFRP-1.0.apk kemudian [Open] atau jalankan.
  8. Selanjutnya, pada tampilan "Re-type Password", tap icon menu di sudut kanan atas lalu pilih [Browser Sign-in] > [OK].
  9. Masukkan alamat dan password email akun google / micloud milik kalian, kemudian klik [Sign-in]. Setelah berhasil login, selanjutnya restart ponsel kalian dan tunggu hingga kembali.
  10. Terakhir, silahkan lakukan konfigurasi sampai ponsel masuk ke layar utama. Pada tahap ini, kalian tidak akan diminta untuk memasukkan email dan sandi lagi.
  11. Selamat kalian telah berhasil mem-bypass FRP Lock HP Redmi Note 8 / 8 Pro kalian.

Bypass FRP Lock Metode #2

Tidak jauh berbeda dengan metode pertama di atas, bypass cara kedua ini juga akan dilakukan pada tampilan [Connect to Network], namun metode yang digunakan adalah mengirim SMS Gagal yang berisikan link www.youtube.com.

  1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah masukkan kartu SIM agar dapat mengaktifkan fungsi pengiriman SMS (Send Message).
  2. Bila sudah, klik [Next] atau [Back] sampai pada tampilan [Connect to Network]. Hubungkan smartphone Redmi Note 8 / 8 Pro ke salah satu jaringan internet via Wi-Fi.
  3. Setelah itu, tap [Add Network] yang ada pada bagian paling bawah. Di bagian "SSID" ketik [www.youtube.com] kemudian blok semua tulisan tersebut dan lanjutkan dengna memilih icon [Upload] > [Messaging].
  4. Masukkan nomor penerima yang salah. Misalnya "234, 345, 678" dan seterusnya agar SMS yang dikirim Gagal. Setelah itu, klik pada tulisan "www.youtube.com". Saat muncul kotak dialog "Share", silahkan pilih [Browse].
  5. Bila aplikasi YouTube telah terbuka, tahap berikutnya kalian bisa melihat / mengikuti langkah-langkahnya pada Metode Pertama di atas (step #3 sampai #9) karena mulai tahap ini hingga selesai, prosesnya sama saja.

Solusi Gagal Bypass FRP Redmi Note 8 / 8 Pro

Salah satu penyebab utama terjadinya gagal melewati verifikasi akun google Redmi Note 8 / 8 Pro adalah karena versi OS Android atau ROM MIUI telah diperbarui. Atau dengan kata lain, security patch telah menutup celah untuk mengakses aplikasi youtube menggunakan metode di atas.

Nah, salah satu solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan cara melakukan DOWNGRADE sistem operasi Android (ROM MIUI) ke versi lama. Bila perlu, gunakan ROM MIUI bersamaan saat pertama kali rilisnya Redmi Note 8 / 8 Pro. Untuk link download dan tutorial flash-nya, bisa kalian cari di Google.

Saran dan Penutup

Agar kejadian lupa akun google / micloud yang telah sinkron dengan HP Redmi Note 8 / Redmi Note 8 Pro tidak terulang kembali, sebaiknya mulai dari sekarang catat dan simpan baik-baik alamat dan sandi email tersebut.

Atau bisa juga kalian menambahkan akun baru di dalamnya. Semakin banyak akun yang terpasang, maka akan semakin memudahkan kalian memilih email mana yang akan dimasukkan ketika ponsel meminta verifikasi kepemilikan ponsel.

Hal ini juga berlaku untuk HP bekas / second hasil beli atau pemberian dari teman / kerabat. Sebelum mulai menggunakannya, pastikan kalian telah menambahkan / menautkan akun google baru terlebih dahulu.

Itulah panduan lengkap Bagaimana Cara Bypass FRP Lock Redmi Note 8 / 8 Pro Lupa Email Google / Mi pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil.