Lupa Kunci Pola / PIN Samsung A10s A20s A30s A50s A70s

Cara Reset Lupa Kunci Layar Samsung Galaxy A10s, A20s, A30s, A50s, A70s - Permasalahan lupa kunci pola, pin, password atau bahkan fingerprint memang kerap terjadi pada setiap HP Android. Tidak perduli apakah itu smartphone entry-level ataupun flagship sekalipun. Penyebab utamanya adalah karena disebabkan oleh kesalahan pengguna itu sendiri yang lupa pola / pin keamanan lock screen yang telah ia konfigurasi sebelumnya.

Lock Screen memang merupakan sebuah fitur keamanan yang dapat melindungi data yang ada di dalam ponsel dari orang-orang yang tidak berkepentingan. Namun terkadang fitur ini menjadi boomerang bagi pengguna ketika kunci layar yang telah dimasukkan tidak diingat atau lupa, sehingga menyebabkan ponsel tidak bisa dibuka sebelum memasukkan kunci yang benar.

Nah, ketika kalian mendapati masalah lupa kunci layar, dalam hal ini Samsung Galaxy New A Series seperti A10s, A20s, A30s, A50s dan A70s, kalian tidak perlu khawatir atau panik apalagi langsung membawanya ke tukang service. Karena masalah lupa pola / pin ini bisa kalian atasi sendiri dengan mudah, yaitu dengan melakukan Hard Reset.

Ya! Hard Reset berfungsi untuk mengembalikan konfigurasi / pengaturan ponsel ke posisi awal (setelan pabrik), termasuk setelan Lock Screen. Selain itu hard reset ini juga memiliki resiko tersendiri, yaitu akan menghapus semua data di dalam memori internal yang pernah ditambahkan oleh penggunanya, seperti foto, video, aplikasi, dokumen dan sebagainya.

Untuk memindahkan data di dalam memori internal tersebut, sayangnya pengguna tidak diberikan pilihan karena adanya proteksi Sistem Keamanan KNOX Samsung yang tidak mengizinkan siapapun menyalin data keluar dari perangkat yang kondisinya dalam keadaan terkunci.

Namun bagi kalian yang telah siap kehilangan data, berikut ini tutorial cara hard reset untuk membuka lupa kunci layar HP Samsung Galaxy A10s A20s A30s A50s A70s.

Reset Samsung A10s A20s A30s A50s A70s Lupa Pola

Untuk melakukan hard reset, terlebih dahulu kalian harus bisa masuk ke menu recovery CWM karena opsi untuk Wipe Data hanya tersedia di dalam menu tersebut. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.
DISCLAIMER!
  • Hard reset dapat menyebabkan terhapusnya semua data / file di dalam memori internal ponsel.
  • Pastikan email dan sandi akun Google yang saat ini tertaut / terpasang di dalam ponsel telah kalian catat.

Cara Masuk Recovery Mode (CWM)


  1. Dalam keadaan ponsel menyala, tekah & tahan tombol [POWER + VOLUME BAWAH] secara bersamaan sampai layar "BLANK / HITAM".
  2. Sesaat setelah layar BLANK, segera lepaskan tombol [VOLUME BAWAH] lalu segera pindahkan jari ke tombol [VOLUME ATAS] dengan tetap menekan tombol [POWER].
    INGAT! Pindahkan jari kalian secepat mungkin karena layar BLANK hanya muncul sekitar 2 detik dan JANGAN TUNGGU sampai logo booting Samsung muncul karena proses masuk recovery akan gagal.
  3. Tahan terus tombol VOL ATAS + POWER sampai masuk ke tampilan "No Command" lalu lepaskan kedua tombol tersebut. Tunggu beberapa saat sampai ponsel dengan sendirinya masuk ke Recovery Mode.
  4. Pada tampilan Recovery, kalian tidak akan bisa memilih menu dengan men-tap layar atau dengan kata lain touch screen tidak berfungsi. Nah untuk memindahkan cursor / selector, gunakan tombol Volume Atas atau Bawah dan tombol Power untuk menkonfirmasi pilihan.
Setelah berhasil masuk ke Recovery CWM, langkah selanjutnya kita akan memulai proses hard reset atau Wipe Data. Berikut langkah-langkahnya.

Hard Reset via Recovery Mode

  1. Gunakan tombol Volume untuk memilih menu [WIPE DATA / FACTORY RESET].
  2. Tekan tombol [POWER] untuk konfirmasi menu yang dipilih.
  3. Pilih opsi [YES] lalu tekan tombol POWER untuk memulai proses reset.
  4. Tunggu hingga proses Wipe Data selesai dilakukan.
  5. Bila sudah, pilih [REBOOT SYSTEM NOW] untuk merestart ponsel.
  6. Tunggu sampai ponsel menyala sempurna (biasanya butuh waktu sekitar 5-10 menit).
  7. Bila telah menyala, silahkan konfigurasi sampai pada tampilan home screen. Tetapi jika muncul permintaan memasukkan kunci pola, maka silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini:
    • Pada tampilan permintaan memasukkan kunci pola, tap opsi [Gunakan akun google saya].
    • Masukkan email dan sandi akun Google yang sebelumnya telah tertaut dengan ponsel.
    • Setelah berhasil login, silahkan lanjutkan konfigurasi sampai masuk ke home screen.
  8. Selesai. Selamat, kunci layar telah berhasil terhapus sepenuhnya.

Solusi Lupa Akun Google

Sebagian kasus, ada beberapa kondisi ketika selesai melakukan reset, pengguna tidak bisa melanjutkan konfigurasi sampai masuk ke layar utama disebabkan oleh lupa email / sandi akun google yang tertaut di dalam ponsel. Nah untuk mengatasi hal tersebut, kalian dapat melakukan Bypass FRP Lock Samsung.
Untuk tutorial bypass frp Samsung lainnya, prosesnya sama saja dengan salah satu daftar di atas. Tinggal sesuaikan dengan seri Galaxy New A series milik kalian.

Nah, itulah panduan cara memuka lupa kunci layar (pola, pin, password, fingerprint) untuk HP Samsung Galaxy A10s A20s A30s A50s A70s di atas. Semoga tips kali bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan.