5 Cara Bypass FRP Samsung A30/A30s Lupa Email Google

AndroLite.com : Cara Bypass FRP Lock / Lupa Akun Google HP Samsung Galaxy A30 dan A30s - Factory Reset Protection atau FRP Lock merupakan sebuah kondisi dimana ponsel akan meminta pemilik untuk memasukkan email dan sandi akun google (gmail) sesaat setelah flash firmware atau reset ponsel, baik itu factory maupun hard reset. Akun google yang diminta tersebut bukanlah sembarang akun, melainkan yang terakhir kali dikenali / tertaut dengan smartphone.

Namun, ada sebuah kondisi dimana si pengguna smartphone dalam hal ini Samsung Galaxy A30 atau A30s lupa email dan password akun google-nya, sehingga ponsel tidak dapat di set-up hingga ke layar utama atau home screen. Atau dengan kata lain ponsel tidak dapat digunakan akibat stuck di FRP (permintaan memasukkan email / sandi gmail).

Nah, untuk mengatasi / mem-bypass FRP Lock Samsung Galaxy A30/A30s tersebut, sejauh ini setidaknya ada 5 metode digunakan. Pertama menggunakan metode Cabut SIM, kedua membuat kartu SIM terblokir, ketiga mem-flash file Combination via ODIN, keempat metode root (kirim SMS via Xposed) dan yang kelima metode kabel OTG.

Kelima metode tersebut, dapat diterapkan untuk semua model Samsung Galaxy A30 dan A30s, termasuk SM-A305F, SM-A305FN, SM-A305G, SM-A305GN, SM-A305YN, SM-A3050, SM-A305N, SM-A305GT dan SM-A307F, SM-A307FN, SM-A307G, SM-A307GN, SM-A307YN. Lantas bagaimana cara menerapkannya? Berikut tutorial lengkapnya.

1. Bypass FRP Lock Samsung A30/A30s Lupa Akun Google

Metode cabut dan blokir SIM memiliki proses dan tujuan yang sama yaitu untuk memunculkan Icon Gembok Terkunci agar dapat mengakses Bar Notifikasi. Lalu metode OTG bertujuan untuk mentransfer aplikasi Apex Launcher melalui Smart Switch, sementara metode Kirim SMS digunakan untuk mengirim sebuah link melalui SMS.

Keempat metode tersebut, tujuan utamanya adalah untuk dapat mengakses aplikasi Youtube yang kemudian akan dilanjutkan membuka Chrome untuk mendownload apk FRP Lock dan Google Accont manager. Sedangkan untuk metode flash via odin yaitu mem-flash file combination dan firmware agar dapat membuat kunci pola.

1.1. Metode Cabut Kartu SIM

  1. Langkah pertama, silahkan klik [Next] sampai di menu "Choose a Wi-Fi Network" lalu hubungkan ponsel A30/A30s ke internet.
  2. Setelah terhubung, tekan [Back] sampai di tampilan paling awal [Let's Go] kemudian lanjutkan dengan masukkan kartu SIM. Saat muncul pesan "Enter SIM Card Unlock Pin ...", keluarkan kembali SIM dengan menekan tombol [POWER] secara bersamaan. Ingat, harus secara bersamaan!
  3. Tap [OK] pada pop-up "No SIM Card Inserted". Bila berhasil, maka layar ponsel akan masuk ke tampilan dimana terdapat sebuah icon Gembok Terkunci didalamnya (lihat gambar di bawah).
    Bila tampilannya tidak seperti gambar di atas, maka silahkan ulangi sampai berhasil.
  4. Selanjutnya, tap pada icon Gembok Terkunci tersebut sampai bar notifikasi muncul lalu lanjutkan dengan men-tap [Notification Settings].
  5. Di dalam menu pengaturan notifikasi, tap [See All], lalu klik [Most Recent] yang ada di bagian atas kemudian pilih [All].
  6. Gulir ke bagian paling bawah lalu pilih aplikasi [Youtube]. Di dalamnya silahkan navigasikan ke [In-App Notification Settings] > [History and Privacy] > [Youtube Terms of Service].
  7. Saat Chrome telah terbuka, silahkan klik [Accept & Continue] > [Next] > [No Thanks] lalu ketik bit.ly/frp-apk di [Address Bar Chrome] dan download aplikasi BypassFRP-v1.0.apk serta Google-account-manager-v8.apk.
  8. Untuk melihat hasil download, tap icon menu Chrome yang ada di pojok kanan atas lalu pilih [Download].
  9. Instal Google-account-manager-v8.apk terlebih dahulu (tidak perlu dijalankan) dan setelah itu install BypassFRP-1.0.apk. Bila sudah, klik Open untuk menjalankan aplikasi Bypass.
  10. Ketika telah masuk ke tampilan "Re-type Password", tap pada icon menu yang berada di sudut kanan atas lalu klik [Browser Sign-in] > [OK].
  11. Masukkan alamat dan sandi email google milik kalian, setelah itu tap [Sign-in]. Jika sudah login, selanjutnya restart ponsel dan tunggu sampai menyala kembali.
  12. Silahkan lakukan konfigurasi awal (sama seperti ponsel dalam keadaan baru) sampai masuk ke layar utama. Selesai! Selamat kalian telah berhasil mem-bypass verifikasi akun google Samsung A30/A30s kalian.

1.2. Metode Blokir Kartu SIM

  1. Tahap pertama yang harus dilakukan adalah membuat PIN di kartu SIM. Untuk panduannya, bisa kalian sesuaikan sendiri karena setiap HP memiliki pengaturan tersendiri untuk memasng PIN pada kartu SIM.
  2. Bila sudah, tap [Next] sampai ke menu "Choose a Wi-Fi Network" lalu hubungkan perangkat ke jaringan WiFi. Jika sudah terhubung, selanjutnya tekan [Back] sampai di tampilan paling awal [Let's Go].
  3. Masukkan kartu SIM yang sudah ter-PIN. Ketika screen telah menampilkan "Enter SIM Card Unlock Pin ...", masukkan Nomor PIN 4 digit yang [SALAH]. Ingat harus PIN SALAH. Tujuannya adalah untuk membuat kartu SIM terblokir / rusak.
  4. Setelah memasukkan PIN Salah 4 kali, maka ponsel akan meminta memasukkan PUK. Sekali lagi masukkan PUK 8 digit yang juga SALAH sampai kartu SIM terblokir sepenuhnya.
  5. Ketika telah terblokir, maka layar ponsel akan terlihat seperti gambar di bawah. Selanjutnya, tap pada icon Gembok Terkunci tersebut sampai muncul menu bar notifikasi, lalu tap [Notification Settings].
  6. Untuk langkah-langkah selanjutnya, silahkan perhatikan step mulai nomor #6 sampai #15 pada Metode Cabut Kartu SIM di atas. Karena proses berikutnya sama saja, hanya saja perbedaannya ada pada proses memunculkan icon Gembok Terkunci.

1.3. Metode OTG (Smart Switch)

  1. Siapkan 2 buah smartphone Samsung, pertama ponsel A (Galaxy A30 / A30s yang akan di-bypass) dan ponsel "B" merk Samsung lain (disarankan A series A10 s/d A70) untuk membantu proses bypass. Siapkan juga kabel USB charger dan OTG (female) untuk menghubungkan antara kedua ponsel.
  2. Koneksikan ponsel A30 / A30s ke internet melalui jaringan WiFi pada tampilan "Choose a Wi-Fi network". Bila sudah terhubung, silahkan tekan [Back] sampai di tampilan [Bring your old data for quicker setup].
  3. Di tampilan tersebut, pilih opsi [Cable and USB Connector] > [Next] > tunggu hingga proses "Updating Smart Switch" selesai dilakukan.
  4. Ambil ponsel B, kemudian download dan install aplikasi Samsung Smart Switch Mobile dan Apex Launcher - Customize,Secure,and Efficient. Setup Apex Launcer menjadi default dengan mengetuk navigasi [Home] lalu pilih Apex Launcher.
  5. Selanjutnya, di ponsel B, jalankan aplikasi Smart Switch, pilih [Send Data] > [Cable] dan lanjutkan mencolokkan kabel OTG untuk menghubungkan antara Galaxy A30/A30s dan ponsel B.
  6. Lihat di HP A30/A30s. Bila sudah muncul tampilan "Choose what to bring", hapus semua yang tercentang, kecuali Apps. Tap pada tulisan Apps (jangan terkena centang) lalu didalamnya pilih Apex Launcer. Sementara sisanya, jangan dicentang. Bila sudah, tekan [Done] lalu lanjutkan men-tap [Transfer].
  7. Jika penyalinan / transfer data telah selesai, selanjutnya cabut kabel OTG dan [Restart] HP A30/A30s. Setelah menyala kembali, setup sampai di tampilan "Check our some info to get started", tap pada tulisan [Term and Condition] kemudian klik [Smart Switch].
  8. Colokkan kembali kabel OTG. Setelah muncul tampilan [Bring your old data for quicker setup], klik [Receive data] > [Continue].
  9. Selanjutnya, di tampilan "You're ready to go", tap pada [Copied items] > [Apps] > lalu klik Apex Launcher.
  10. Ketika sudah masuk ke home screen, selanjutnya buka aplikasi [Chrome] > ketikkan bit.ly/frp-apk lalu unduh aplikasi BypassFRP-v1.0.apk dan Google-account-manager-v8.apk lalu install keduanya.
  11. Untuk langkah selanjutnya, silahkan lihat step nomor 5 sampai 15 pada Metode Cabut Kartu SIM di atas karena proses bypassnya sama saja.

1.4. Metode Kirim SMS

Dari namanya, mungkin metode kirim SMS terlihat mudah diterapkan, tetapi jangan salah karena cara ini juga membutuhkan ponsel pembantu yang sudah Root dan telah terpasang aplikasi Xposed.
  1. Siapkan sebuah smartphone pembantu merk apa saja yang sudah Root dan telah terpasang Xposed. Kemudian download dan install FRP_SMS_v1_atau_v2 ke dalam Xposed Framework. Untuk tutorial cara Root dan pasang Xposed, bisa kalian cari di situs ini.
  2. Masukkan kartu SIM aktif di kedua ponsel, baik yang akan di-bypass maupun HP pembantu. Setelah itu, buka [Xposed Installer] > [Menu] > [Modules] > lalu jalankan aplikasi FRP SMS atau Mobile SMS yang telah terpasang di dalam ponsel pembantu.
  3. Selanjutnya di dalam aplikasi FRP SMS, tap [Class 0] kemudian ketikkan nomor HP yang akan dikirimi SMS (dalam hal ini Galaxy A30/A30s). Di bagian "Message" ketikkan pesan / link youtube.com/netzoone dan lanjutkan menekan [Send Class 0].
  4. Kembali ke HP A30/A30s. Klik link youtube.com/netzoone yang muncul di layar. Secara otomatis perangkat akan membuka aplikasi youtube. Bila sudah terbuka, klik [Menu Youtube] yang ada di pojok kanan atas lalu pilih [Terms & Privacy Policy].
  5. Sesaat setelahnya, ponsel akan membuka aplikasi Google Chrome. Nah dari Chrome, silahkan masukkan link "bit.ly/frp-apk" kemudian download aplikasi BypassFRP-v1.0.apk dan Google-account-manager-v8.apk lalu install keduanya.
  6. Untuk tahapan selanjutnya, sekali lagi lihat step nomor #5 sampai #15 pada tutorial Metode Cabut Kartu SIM di atas.

1.5. Flash via Odin (Khusus A30)

Berbeda dengan 4 metode di atas, bypass verifikasi akun google Samsung A30 / A30s metode flash via ODIN tidak memerlukan apk bypass atau google account manager. Tetapi digantikan oleh file Combination dan Firmware / Stock ROM untuk di-flash melalui flastool Odin.

1.5.1. Download

  1. SAMSUNG_USB_Driver.exe (Install di PC).
  2. ODIN3_v3.zip (ekstrak di PC).
  3. Firmware_Samsung_A30.zip (ekstrak di PC)
  4. File_Combination_A30.rar (ekstrak di PC).

1.5.2. Proses Bypass via Odin

  1. Flash File_Combination_A30 terlebih dahulu melalui aplikasi ODIN. Tutorialnya bisa dilihat DISINI. Pastikan [Auto Reboot] tercentang di tab Options ODIN.
  2. Saat flash berhasil, ponsel secara otomatis akan booting ke mode Factory Binary. Di dalam menu Factory Binary, silahkan tap [Apps] > [Settings] > [Security & Location] > [Screen Lock] > [Pattern].
  3. Masukkan kunci pola / pattern yang mudah untuk diingat yang selanjutnya akan digunakan sebagai pengganti verifikasi email google setelah flash firmware.
  4. Jika sudah, silahkan matikan ponsel lalu booting kembali ke mode downloading untuk mem-flash Firmware.
  5. Setelah flash berhasil dan HP telah menyala sempurna, selanjutnya silahkan lakukan konfigurasi sampai di tampilan "Draw your current pattern". Masukkan pola yang sebelumnya sudah dibuat pada menu Factory Binary.
  6. Pada tahap ini proses bypass FRP Lock telah berhasil dilakukan. Terakhir, silahkan lanjutkan konfigurasi sampai bisa masuk ke layar utama. Selesai.

2. Solusi Gagal Bypass FRP Samsung A30/A30s

Salah satu penyebab utama mengapa proses bypass gagal dilakukan adalah karena adanya update security Android yang telah menutup celah bypass. Nah salah satu solusi yang paling efektif untuk mengatasinya yaitu dengan cara melakukan [DOWNGRADE] sistem operasi Android ke versi paling lama.

Jika perlu, downgrade ke versi terlawas dimana ponsel pertama kali diluncurkan. Nah, berikut ini telah saya sediakan firmware Samsung A30 dan A30s versi lawas yang semoga bisa menjadi penyebab berhasilnya bypass frp lock.

3. Saran dan Penutup

Sekedar saran, agar kejadian lupa akun google tidak terulang kembali, sebaiknya catat dan simpan baik-baik alamat email dan password gmail goole yang telah terpasang didalam HP Galaxy A30/A30s. Bila perlu tambahkan / tautkan lagi email baru kedalamnya.

Hal ini juga berlaku untuk HP second. Sebelum mulai memakainya, pastikan kalian telah memasukkan / menambahkan email baru terlebih dahulu. Tujuannya tidak lain adalah untuk memudahkan kalian melewati verifikasi akun google setelah A30 / A30s selesai reset atau di-flash.

Nah, demikianlah 5 Metode Bypass FRP Lock Samsung Galaxy A30 / A30s Lupa Akun Gmail Google pada kesempatan kali ini. Semoga bisa membantu, Salam!