5 Cara Bypass FRP Samsung A20/A20s Lupa Akun Google

AndroLite.com : 5 Metode Bypass / Melewati FRP Lock Verifikasi Email Google Samsung Galaxy A20/A20s Terbaru - Mengatasi masalah bypass FRP (Factory Reset Protection) lock atau melewati permintaan verifikasi akun google karena lupa email dan password gmail google setelah reset pabrik / hard reset HP Samsung Galaxy A20 dan A20s, memang bukanlah sebuah perkara mudah untuk dilakukan.

Terlebih Google sebagai pemilik OS Android ditambah vendor smartphone Samsung yang selalu melakukan update security terhadap perangkat mereka, semakin menyulitkan bagi pengguna untuk melakukan bypass frp lock. Meski demikian, masalah melewati verifikasi akun google Samsung Galaxy A20/A20s bukan tidak mungkin untuk dilakukan, walau harus melakukan segala cara.

Setidaknya sejauh ini ada 5 metode yang bisa dipilih untuk mem-bypass frp lock / melewati verifikasi email google Samsung A20/A20s. Yaitu menggunakan metode Cabut SIM, blokir SIM, kirim SMS, Smart Switch / OTG dan mem-flash file Combination melalui aplikasi ODIN. Metode-metode ini dapat diterapkan untuk semua tipe Samsung A20/A20s, diantaranya SM-A205F, SM-A205FN, SM-A205GN, SM-A205G, SM-A205W, SM-A205YN, SM-A205U dan SM-A207F/DS, SM-A207G/DS.

1. Apa Itu FRP (Facroty Reset Protection)?

Factory Reset Protection merupakan sistem keamanan Android yang resmi diluncurkan Maret 2015 lalu oleh Google dan mulai diterapkan di Android versi 5.0 (Lolipop) hingga yang teranyar sekarang ini Android Q 10. Sesuai namanya Factory Reset Protection diperuntukan melindungi smartphone android dengan meminta pengguna melakukan konfirmasi kepemilikan dengan cara memasukkan akun google tertaut dengan ponsel.

FRP biasanya akan aktif ketika ponsel selesai direset, baik itu reset pabrik maupun hard reset dan setelah melakukan flash firmware / ROM. Saat sistem keamanan ini aktif, pengguna tidak diberikan pilihan untuk melewatinya (tidak ada tombol next / skip) terkecuali telah memasukkan email dan password gmail yang telah tertaut sebelumnya. Bila lupa, maka ponsel tidak akan bisa digunakan.

2. Bypass FRP Lock Samsung Galaxy A20/A20s

Bypass akun google menggunakan Metode SIM, diperlukan untuk mencari celah memunculkan bar notifikasi melalui icon gembok pada layar ponsel. Sementara Smart Switch, Metode Kirim SMS dibutuhkan untuk bisa mengakses aplikasi Youtube agar bisa membuka browser Chrome. Nah dari Chrome inilah kita akan mengunduh file FRP dan Google Account manager yang akan digunakan untuk melakukan bypass.

Sedangkan metode flash file combination diperlukan untuk membuat kunci pola / pattern melalui Factory Binary yang akan digunakan sebagai verifikasi pengganti permintaan memasukkan email dan sandi google. Lantas bagaimana caranya? Berikut panduan lengkapnya.

2.1. Bypass FRP Samsung A20/A20s Metode Cabut Kartu SIM

  1. Pertama, silahkan klik [Next] sampai di tampilan "Choose a Wi-Fi Network" kemudian koneksikan ponsel A20/A20s ke internet. Baik dari hotspot HP lain atau Indihome.
  2. Setelah itu, tekan [Back] sampai di tampilan paling awal [Let's Go].
  3. Masukkan kartu SIM. Saat layar ponsel menampilkan "Enter SIM Card Unlock Pin ...", keluarkan kembali kartu SIM bersamaan menekan tombol [POWER]. Ingat, harus bersamaan!
  4. Tap [OK] saat muncul pop-up "No SIM Card Inserted". Jika berhasil, maka layar ponsel akan terlihat seperti gambar di bawah yang di dalamnya terdapat sebuah icon Gembok Terkunci. Jika gagal atau tidak sesuai dengan gambar, silahkan ulangi sampai berhasil.
  5. Tap pada icon Gembok Terkunci tersebut sampai muncul menu bar notifikasi. Nah, pada bar notifikasi, tap [Notification Settings].
  6. Di dalamnya, klik [See All / Lihat Semua], kemudian di bagian atas, klik [Most Recent] lalu pilih [All].
  7. Berikutnya, silahkan gulir ke bawah lalu pilih [Youtube] > [In-App Notification Settings] > [History and Privacy] > [Youtube Terms of Service].
  8. Di tampilan "Welcome to Chrome", silahkan tap [Accept & Continue] > [Next] > [No Thanks].
  9. Ketikkan bit.ly/frp-apk di [Address Bar Chrome] > [Go] > lalu download BypassFRP-v1.0.apk dan Google-account-manager-v8.apk.
  10. Untuk melihat kedua file yang sudah terdownload, silahkan klik icon menu Chrome yang ada di pojok kanan atas kemudian pilih [Download].
  11. Tap dan instal Google-account-manager-v8.apk terlebih dahulu. Bila sudah, lanjutkan lagi memasang file BypassFRP-1.0.apk kemudian jalankan.
  12. Di tampilan layar "Re-type Password", lihat ke pojok kanan atas lalu tap icon menu lalu pilih [Browser Sign-in] > [OK].
  13. Selanjutnya, ketikkan alamat email dan sandi gmail yang sudah kalian buat pada tampilan "Sign-in with your Google Account". Bila sudah, silahkan [Sign-in].
  14. Setelah berhasil login, berikutnya restart ponsel dengan menekan tombol [POWER] > [Restart] dan tunggu hingga ponsel menyala sempurna. Setelah itu lakukan pengaturan sama seperti ponsel dalam keadaan baru sampai masuk ke home screen.
  15. Selesai. Selamat verifikasi akun google HP Samsung Galaxy A20/A20s telah berhasil di-bypass.

2.2. Bypass FRP Samsung A20/A20s Metode Blokir SIM

Tidak jauh berbeda dengan metode cabut SIM, metode blokir SIM juga bertujuan untuk mencari celah memunculkan icon gembok terkunci. Namun bedanya adalah membuat kartu SIM terblokir.
  1. Pertama, silahkan buat PIN di kartu SIM menggunakan ponsel lain. Untuk caranya, silahkan kalian sesuaikan karena setiap ponsel memiliki pengaturan berbeda untuk memasng PIN pada kartu SIM.
  2. Setelah itu, sambungkan ponsel ke Internet pada tampilan "Choose a Wi-Fi Network". Bila sudah, tekan [Back] sampai di tampilan paling awal [Let's Go].
  3. Masukkan kartu SIM yang sudah memiliki PIN. Saat layar telah menampilkan "Enter SIM Card Unlock Pin ...", masukkan Nomor PIN 4 digit yang [SALAH]. Ingat harus memasukkan PIN salah yang tujuannya untuk membuat kartu SIM terblokir.
  4. Setelah layar menampilkan "SIM card Locked. Insert PUK ...", silahkan masukkan PUK 8 digit yang juga SALAH. Lakukan hal ini sampai kartu SIM terblokir dan layar masuk ke tampilan seperti gambar berikut.
  5. Selanjutnya, tap pada icon Gembok Terkunci tersebut sampai muncul menu bar notifikasi, lalu tap [Notification Settings].
  6. Untuk konfigurasi selanjutnya, lihat langkah-langkah Nomor 6 sampai 15 pada metode Cabut SIM di atas. Karena prosesnya sama saja, hanya saja yang membedakan ada pada tahapan memunculkan icon Gembok Terkunci.

2.3. Bypass Verifikasi Akun Google Samsung A20/A20s via Odin

Cara lain yang patut dicoba untuk mem-bypass frp lock Samsung A20s / A20 adalah dengan cara mem-flash file Combination dan Firmware via Odin. Namun sayangnya sejauh ini, metode ini hanya pernah berhasil mem-bypass Galaxy A20 reguler dan belum pernah diterapkan untuk seri Galaxy A20s.

2.3.1. Download

  1. SAMSUNG_USB_Driver.exe (Install di PC).
  2. ODIN3_v3.zip (ekstrak di komputer).
  3. Firmware Galaxy A20/A20s (ekstrak di PC):
  4. File_Combinations_A20.rar (ekstrak di komputer).

2.3.2. Proses Bypass Samsung A20/A20s via Odin

  1. Pertama, flash File_Combinations_A20 terlebih dahulu melalui aplikasi ODIN. Tutorialnya bisa dilihat DISINI. pastikan centang [Auto Reboot] di tab Options ODIN.
  2. Saat flash berhasil, ponsel dengan sendirinya akan booting dan tunggu sampai ponsel masuk ke mode Factory Binary.
  3. Di dalam menu Factory Binary, klik [Apps] > [Settings] > [Security & Location] > [Screen Lock] > [Pattern]. Masukkan kunci pola yang mudah untuk diingat. Tujuannya adalah sebagai pengganti permintaan memasukkan verifikasi email setelah flash firmware.
  4. Selanjutnya, silahkan matikan ponsel kemudian booting kembali ke mode downloading untuk mem-flash Firmware / Stock ROM melalui aplikasi ODIN.
  5. Setelah flash berhasil dan ponsel sudah menyala sempurna, selanjutnya lakukan konfigurasi sampai di tampilan "Draw your current pattern". Di tampilan ini, masukkan pola yang sebelumnya sudah kalian buat di Factory Binary.
  6. Pada tahap ini proses bypass FRP Lock telah berhasil dilakukan. Selanjutnya silahkan lakukan konfigurasi lanjutan sampai masuk ke layar utama. Selesai.

2.4. Bypass FRP Lock Samsung A20/A20s Metode OTG (Smart Switch)

  1. Sediakan 1 unit ponsel merk Samsung (disarankan A series A10 s/d A70) untuk membantu proses bypass. Sediakan pula sebuah kabel USB Charger dan OTG untuk menghubungkan antara HP yang akan di-bypass dengan ponsel pembantu.
  2. Tahap pertama, [Next] terlebih dahuluh sampai pada tampilan "Choose a Wi-Fi network" kemudian Koneksikan HP ke jaringan internet melalui sambungan WiFi.
  3. Jika telah tersambung ke Internet, berikutnya tekan [Back] sampai pada tampilan [Bring your old data for quicker setup] dan lanjutkan dengan memilih opsi [Cable and USB Connector] > [Next] > tunggu sampai proses "Updating Smart Switch" selesai dilakukan.
  4. Ambil ponsel pembantu, kemudian install aplikasi Samsung Smart Switch Mobile dan Apex Launcher - Customize,Secure,and Efficient. Setelah install selesai, langsung saja tekan icon [Home] untuk membuat Apex Launcer menjadi default.
  5. Jalankan aplikasi Smart Switch di ponsel pembantu, pilih [Send Data] > [Cable] lalu colokkan kabel OTG di kedua ponsel.
  6. Lihat di HP A20/A20s. Hapus semua yang centang yang terdapat pada tampilan "Choose what to bring", kecuali Apps.
  7. Tap pada tulisan Apps (jangan terkena centang) lalu hapus semua opsi pilihan aplikasi didalamnya. Pastikan yang tercentang hanya Apex Launcer. Bila sudah, tekan [Done] > [Transfer] > Tunggu sampai proses penyalinan aplikasi selesai dilakukan.
  8. Selanjutnya cabut kabel OTG dan [Restart] HP Galaxy A20/A20s. Setelah kembali menyala, setup sampai di tampilan "Check our some info to get started", lalu tekan pada tulisan [Term and Condition] kemudian klik [Smart Switch].
  9. Colok kembali kabel OTG. Secara otomatis layar akan kembali menampilkan [Bring your old data for quicker setup]. Nah pada tahap ini silahkan tap [Receive data] > [Continue].
  10. Jika sudah selesai, ponsel dengna sendirinya akan menampilkan "You're ready to go". Pada tampilan ini, silahkan tap pada [Copied items] > [Apps] > lalu klik Apex Launcher.
  11. Ketika sudah masuk ke layar utama, berikutnya buka aplikasi [Chrome] > kemudian ketikkan bit.ly/frp-apk. Download aplikasi BypassFRP-v1.0.apk dan Google-account-manager-v8.apk lalu install keduanya.
  12. Untuk langkah selanjutnya, silahkan lihat step nomor #5 sampai #15 pada Metode Cabut Kartu SIM di atas karena proses bypassnya sama saja.

2.5. Bypass FRP Lock Samsung A20/A20s Metode Kirim SMS

  1. Siapkan sebuah smartphone pembantu merk apa saja, dengan ketentuan ponsel tersebut sudah dalam kondisi Root dan telah terpasang Xposed. Untuk tutorial Root dan pasang Xposed, bisa kalian cari di situs ini.
  2. Selanjutnya, download dan install FRP_SMS_v1_atau_v2 ke dalam modul Xposed Framework pada ponsel pembantu.
  3. Masukkan kartu SIM yang masih aktif di kedua ponsel. Pada ponsel pembantu, buka [Xposed Installer] > [Menu] > [Modules] > lalu jalankan aplikasi FRP SMS atau Mobile SMS yang telah terpasang.
  4. Di dalam aplikasi FRP SMS, klik [Class 0] lalu masukkan nomor HP Galaxy A20/A20s untuk dikirimi SMS. Sementara di bagian "Message" masukkan pesan / link youtube.com/netzoone. Bila sudah silahkan tekan [Send Class 0].
  5. Kembali ke HP A20/A20s. Klik link youtube.com/netzoone yang muncul di layar. Secara otomatis perangkat akan membuka aplikasi youtube. Bila sudah terbuka, klik [Menu Youtube] yang ada di pojok kanan atas lalu pilih [Terms & Privacy Policy].
  6. Secara otomatis, ponsel akan membuka aplikasi Google Chrome. Pada address bar Chrome, masukkan link "bit.ly/frp-apk" kemudian download aplikasi BypassFRP-v1.0.apk dan Google-account-manager-v8.apk lalu install.
  7. Untuk tahapan selanjutnya, sekali lagi lihat step nomor #5 sampai #15 pada tutorial Metode Cabut Kartu SIM di atas.

3. Solusi Gagal Bypass FRP Lock Samsung A20/A20s

Ada beberapa penyebab utama mengapa HP Samsung A20/A20s gagal di-bypass, salah satunya adalah karena adanya update keamanan (security) OS Android yang menutup celah untuk bypass. Nah salah satu solusi yang paling efektif untuk menanganinya adalah dengan cara melakukan [DOWNGRADE OS ANDROID] ke versi paling lama.

Bila perlu ke versi saat pertama kali smartphone diluncurkan. Nah, bagi kalian yang ingin melakukan Downgrade, berikut firmware Samsung A20 dan A20s versi terlama yang semoga bisa dijadikan sebagai bahan untuk berhasil melakukan bypass.
Flash firmware tersebut melalui Odin. Setelah itu silahkan lakukan bypass ulang.

4. Saran dan Penutup

Untuk mencegah terjadinya lupa akun google, disarankan saat pertama kali membeli ponsel sebaiknya catat dan simpan baik-baik alamat email dan password gmail goole yang telah terpasang didalamnya. Agar pada saat kalian melakukan reset, maka kalian bisa dengan mudah bypass frp lock.

Selain itu, kalian juga bisa menambahkan email baru kedalam HP Samsung A20 / A20s untuk berjaga-jaga. Intinya, semakin banyak akun google yang tertaut dengan ponsel, maka semakin baik pula. Hal ini juga berlaku untuk ponsel bekas, pastikan sebelum menggunakannya, sebaiknya tambahkan email baru terlebih dahulu.

Itulah Cara Bypass FRP Lock Samsung Galaxy A20 / A20s Lupa Email Google pada tutorial kali ini. Jika ada yang kurang dipahami, jangan ragu bertanya melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih telah berkunjung, Salam!