Cara Bypass FRP Realme 5, 5s, 5i, 5 Pro Lupa Akun Google

Cara Bypass FRP Lock / Melewati Verifikasi Akun Google Realme 5 All Series Tanpa PC - Sejauh ini ada dua cara mudah untuk bypass FRP atau melewati permintaan memasukkan akun google setelah melakukan factory reset, hard reset atau flashing firmware / stock ROM Realme 5 Series. Yaitu menggunakan metode Dial Pad dan aplikasi khusus. Kedua metode tersebut sangat mudah dan cepat untuk diterapkan, dan menariknya karena keduanya tidak membutuhkan bantuan komputer seperti PC maupun Laptop.

Untuk metode dial pad penerapannya cukup memasukkan kode rahasia tertentu pada papan dial pad, sedangkan untuk metode menggunakan aplikasi mengharuskan kalian untuk memasang aplikasi khusus bernama BypassFRP.apk dan Google-Account-Manager.apk ke dalam ponsel menggunakan teknik khusus.

Lantas apa itu FRP Lock? FRP merupakan singkatan dari "Factory Reset Protection" yang berfungsi sebagai sistem keamanan Android dan akan aktif ketika ponsel selesai reset pabrik, hard reset atau di-flash dengan cara meminta ulang pengguna untuk memasukkan akun goole (email dan sandi) sebagai verifikasi seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Akun Google yang diminta bukanlah sembarang akun, melainkan akun Google yang terakhir kali terakhir kali dikenali atau terpasang di perangkat Realme 5, 5s, 5i, 5 Pro. Jadi mulai dari sekarang, pastikan kalian mengingat alamat email dan password akun google yang saat ini terpasang di dalam smartphone kalian, agar nantinya pada saat selesai melakukan reset, kalian bisa dengan mudah memasukkannya kembali.

Tetapi apabila sudah terlanjur mereset Realme 5, 5s, 5i, 5 Pro dan lupa akun google kalian, berikut dua solusi untuk mengatasi / bypass permintaan akun google.

1. Bypass FRP Lock Realme 5 Series Dial Pad

Seperti namanya, cara pertama yang paling mudah diterapkan untuk mengatasi permintaan akun google adalah menggunakan metode Dial Pad dengan memasukkan kode khusus rahasia. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.
  1. Bila sedang berada di tampilan "Verifikasi akun Anda", sebaiknya tekan back / kembali hingga ke tampilan "Pilih Bahasa".
  2. Selanjutnya, tekan menu [Panggilan Darurat] sebagai bantuan untuk melakukan bypass.
  3. Saat menu papan panggilan / dial pad telah muncul, silahkan masukkan kode [*#812#] atau [*#813#].
  4. Tunggu beberapa saat sampai ponsel dengan sendirinya masuk ke home screen. Namun bila hal tersebut tidak terjadi, maka silahkan tap "Panggil".
  5. Setelah itu, masukkan akun google milik kalian yang email dan passwordnya sudah kalian ingat di dalam menu [Settings] > [Account and Sync]. Jika belum memilikinya, silahkan buat baru.
  6. Selesai.

Jika metode kode rahasia dial pad tersebut di atas masih belum bisa melewati verifikasi akun google Realme 5, 5s, 5i atau 5 Pro, sebaiknya gunakan metode kedua, yaitu menggunakan aplikasi Bypass FRP apk berikut ini.

2. Bypass FRP Lock Realme 5 Series dengan Aplikasi

Solusi kedua pilihan terbaik untuk melewati permintaan verifikasi akun google HP Realme 5, 5s, 5i atau 5 Pro adalah menggunakan aplikasi BypassFRP.apk dan Google-Account-Manager.apk sebagai alat untuk melakukan bypass frp lock.

Lantas bagaimana cara? Berikut prosesnya yang disertai gambar untuk memudahkan dalam menerapkannya.
  1. Di tampilan awal, silahkan klik [Continue] sampai di tampilan "Connect to WiFi". Lalu koneksikan ponsel ke internet, baik itu dari Telkom Indihome ataupun hotspot dari perangkat lain.
  2. Setelah itu, tap [Next] sampai di tampilan [Term of Use], kemudian klik [Privacy Policy]. Gulir ke bawah sampai menemukan link bertuliskan www.allaboutcookies.org lalu tap link tersebut.
  3. Di tampilan "Welcome to Chrome", tap [Accept & Continue] > [Next] > [No Thanks].
  4. Pada address bar Chrome, ketikkan "androlite.com/p/frp.html" (tanpa tanda kutip) lalu tap [Go]. Scroll ke bawah kemudian download file BypassFRP-v1.0.apk dan Google-account-manager-v8.apk.
  5. Ketika muncul pop-up "Chrome needs storage access to download files", silahkan tap [Continue] untuk melanjutkan.
  6. Bila kedua file tersebut sudah ter-download, berikutnya tap pada icon menu Chrome yang ada di sudut kanan atas kemudian pilih [Download].
  7. Setelah itu, install file Google-account-manager-v8.apk terlebih dahulu. Bila muncul pop-up "Chrome For your security, your phone...", tap pada [Settings] kemudian aktifkan pada bagian "Allow apps from this source".
  8. Tekan [Back] lalu tap [Install]. Tunggu sampai proses pemasangan aplikasi selesai. Bila sudah, tap tombol [Done].
  9. Berikutnya, tap pada file BypassFRP-1.0.apk untuk diinstal, pilih [Install] dan sekali lagi tunggu sampai selesai.
  10. Bila sudah, silahkan tap [Open] untuk menjalankan aplikasi BypassFRP-1.0.apk.
  11. Pada tampilan "Re-type Password", tap pada icon menu di sudut kanan atas lalu pilih [Browser Sign-in] > [OK].
  12. Masukkan email dan password pada halaman "Sign-in with your Google Account" lalu klik [Sign-in].
  13. Jika sudah berhasil login, lanjutkan dengan menekan tombol [Back] sampai kembali ke tampilan [Term of Use].
  14. Setelah itu, klik tombol [Continue] > [Don't Copy] > [Next] dan seterusnya sampai masuk ke layar utama / home screen.
  15. Selesai. Selamat kalian telah berhasil melakukan bypass FRP Lock Realme 5, 5s, 5i, 5 Pro.

3. Saran dan Penutup

Sekedar saran untuk kalian, ketika melakukan konfigurasi atau menambahkan / membuat akun google untuk pertama kalinya di ponsel Realme 5, 5s, 5i, atau 5 Pro, pastikan kalian mengingat dan mencatat alamat email dan passwordnya. Agar ketika ponsel kembali meminta verifikasi akun google, kalian tinggal memasukkannya tanpa harus khawatir lagi untuk melakukan bypass.

Bila perlu, buat akun google baru lagi atau masukkan email lama kalian kemudian tambahkan di dalam pengaturan Account & Sync. Atau dengan kata lain, semakin banyak email yang terpasang di HP Realme 5, 5s, 5i dan 5 Pro, maka akan semakin bagus dan memudahkan kalian untuk melakukan verifikasi.

Hal ini juga berlaku apabila kalian mendapatkan ponsel bekas dari hasil beli atau pemberian dari kerabat / teman. Sebelum menggunakannya, pastikan kalian telah menambahkan email untuk berjaga-jaga.

Nah itulah tutorial terlengkap tentang Cara melewati verifikasi akun google / bypass FRP Lock untuk HP Realme 5 series pada kesempatan kali ini. Bila ada pertanyaan seputar masalah di atas, jangan ragu bertanya di kolom komentar. Terima kasih telah berkunjung, Salam!