Cara Bypass Verifikasi Akun Google (FRP Lock) Samsung Terbaru

AndroLite.com : Cara Bypass / Melewati Verifikasi Akun Google (FRP Lock) Semua HP Samsung Terbaru - Seperti yang kita ketahui bersama, setelah Android Lollipop versi 5.0.1 hingga Marshmallow versi 6.0.1 di rilis, tingkat keamanan yang disertakan di dalamnya semakin bagus dari versi sebelum-sebelumnya. Salah satunya adalah pengamanan Factory Reset Protection atau FRP.

Apa itu FRP? FRP merupakan singkatan dari "Factory Reset Protection" yang berfungsi sebagai sistem perlindungan Android, dimana perangkat android akan meminta verifikasi akun google (email dan sandi) sesaat setelah selesai melakukan setelan ulang pabrik, Flash/Install ulang ROM / Firmware.

Akun verifikasi yang diminta untuk dimasukkan kembali bukanlah sembarang akun, melainkan akun yang terakhir kali dikenali perangkat android / akun sebelumnya. Jika tidak mengingatnya, maka perangkat tidak bisa diakses kembali apabila tidak dilakukan penanganan dengan baik.

Fitur ini hampir sama sistem keamanan iCloud milik iOS, jika seseorang tidak mengingat / tidak dapat mengakses akun yang digunakan pada perangkat tersebut, maka ponsel tersebut tidak akan bisa digunakan.

Maka dari itu, sebelum melakukan Factory Reset, sebaiknya periksa terlebih dahulu akun google yang ada di dalam ponsel dan pastikan bahwa anda bisa mengaksesnya. Namun jika sudah terlanjur melakukan hal tersebut dan lupa email/kata sandinya, maka anda bisa melakukan bypass verifikasi akun google dengan 3 metode. Pertama Menggunakan Metode Kabel OTG, kedua menggunakan Metode Sidesync dan yang ketiga Metode via ODIN (Tanpa Kabel OTG atau Sidesync).

Metode pertama, kedua dan ketiga mempunyai cara kerja yang hampir sama, yakni untuk menghapus akun lama dari dalam ponsel. Ketiga metode ini mengharuskan anda untuk menggukan perangkat komputer dan beberapa peralatan serta aplikasi yang diperlukan. Khusus untuk metode Kabel OTG, anda diharuskan untuk mempersiapkan kabel OTG Tersebut.

Mungkin anda bertanya-tanya "Apa itu kabel OTG?". OTG merupakan singkatan dari On-The-Go, merupakan kabel yang bisa digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti flashdisk dengan ponsel Android. Dengan kata lain, salah satu ujung OTG merupakan port USB serta ujung yang lainnya adalah port untuk disambungkan ke ponsel Android.

Kembali ke inti permasalahan, untuk tutorial kali ini, saya akan menjelaskan dua metode yakni Metode Cara Bypass Verifikasi Akun Google Menggunakan Kabel OTG dan Menggunakan Metode SideSync. Sedangkan untuk metode Tanpa menggunakan kabel OTG, anda bisa membaca panduannya di Cara Bypass Verifikasi Akun Google (FRP Lock) via ODIN (Tanpa OTG / Sidesync).

Cara tersebut di atas sangat simple dan gampang untuk diterapkan atau digunakan. Oh ya, pada artikel tersebut juga terdapat video tutorial yang mungkin akan sangat membantu anda. Akan tetapi jika anda ingin mencoba cara lain, berikut dua cara yang bisa anda coba.
Peringatan !!!
Jika kalian mengalami masalah FRP Lock karena lupa username dan password akun lama, saya sarankan lebih baik membawanya ke service center terdekat yang ada di kota kalian.

Ingat, androlite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat kalian yang disebabkan oleh penggunaan informasi yang ada di situs ini. Do With Your Own Risk (DWYOR).

1. Bypass Verifikasi Akun Google - Metode Kabel OTG

Step #1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan :
Step #2. Nyalakan ponsel, lalu tekan "Next" sampai pada tahap penyambungan ke jaringan WiFi. Silahkan sambungkan ke jaringan wifi yang tersedia. Karena tanpa sambungan ke internet, tombol next tidak akan bisa di tap.

Step #3. Setelah terhubung, lanjutkan lagi dengan menekan "next" sampai pada tahap "Verifikasi akun anda" atau "Verifying your account". Pada tahap ini, silahkan sambungkan Kabel OTG ke ponsel, dimana pada ujung port USB sudah ada Flashdisk berisikan aplikasi Bypass any samsung google account.apk.
Jika ponsel tidak mendeteksi flashdisk, silahkan ganti dengan yang lain karena ada beberapa jenis flashdisk / ponsel yang tidak kompatibel/support antara keduanya.
Step #4. Saat kabel OTG sudah terhubung, akan muncul jendela baru pada layar ponsel. Selanjutnya cari aplikasi Bypass yang ada di flashdisk.

Step #5. Install aplikasi bypass tersebut. Jika muncul kotak dialog "Install Blocked", tap pada "Settings" (lihat gambar di bawah) lalu scroll ke bawah, dan ceklis atau aktifkan "Unknown sources". Setelah itu pilih "Install".

Step #6. Setelah proses install selesai, lanjutkan lagi dengan menekan "Open". Secara otomatis anda akan diarahkan ke menu "Settings". Nah di bagian ini, buka "Backup and reset » Factory data reset » Reset device » Erase everything". Secara otomatis, ponsel anda akan melakukan restart.

Step #7. Tunggu sampai proses restart selesai. Sambil menunggu, anda boleh mencabut kabel OTG dari ponsel.

Step #8. Setelah ponsel sudah restart, selanjutnya anda akan dihadapkan dengan proses aktivasi ponsel namun tidak ada lagi proses permintaan Verifikasi Akun Google lagi. Kemudian ikuti terus petunjuknya sampai finish/selesai.

[Video] Tutorial Menggunakan Kabel OTG :


Baca Juga: Cara Membuat Email Google (Gmail) di HP Android

2. Bypass Verifikasi Akun Google - Metode Sidesync

Menggunakan metode sidesync sebenarnya hampir sama dengan metode kabel OTG, hanya saja pada saat berada pada posisi verifikasi akun google, ponsel perlu disambungkan kedalam komputer PC/Laptop agar bisa sinkron dengan aplikasi Sidesync.

Langkah #1. Download dan Install Software SideSync kedalam komputer (PC/Laptop) kemudian jalankan. Untuk menguduhnya, silahkan kunjungi link ini : http://www.samsung.com/us/sidesync/.

Langkah #2. Buka ponsel, lalu ikuti instruksi yang diberikan sampai ke tahap "sambungkan ke jaringan Wi-Fi". Nah pada langkah ini, sobat harus menyambukan ke wifi untuk bisa tersambung ke jaringan internet. Karena tanpa sambungan internet, perintah next tidak akan bisa di tap untuk lanjut ketahap selanjutnya. Setelah tersambung, sekali lagi ikuti instruksi yang diberikan sampai pada tahap verifikasi akun.

Langkah #3. Sambungkan ponsel ke komputer. Sesaat setelah terhubung, akan ada pop-up yang muncul pada layar ponsel. Selanjutnya pilih "Chrome" (biasanya berada di tengah diantara Galaxy Apps dan Internet). Lanjutkan dengan mengklik Accept and Continue kemudian pilih No, Thank You. Pada tahap ini, anda bisa mencabut kabel yang menghubungkan ponsel dengan komputer.

Langkah #4. Unduh aplikasi bypass any samsung google account.apk dengan mengetikkan URL "https://goo.gl/VkMaLo" di address bar chrome lalu klik go/enter. Anda akan diarahkan ke halaman aplikasi kemudian klik ok untuk melakukan download.

Langkah #5. Tap tombol kembali/back pada ponsel sampai pada halaman Term and Condition. Klik OK » Agree. Klik Search (ada di sudut kanan atas layar ponsel) lalu ketik dan buka "ES File Explorer".

Langkah #6. Pilih "Create Account" untuk membuat akun baru samsung atau pilih "Sign In" jika sudah memilikinya. Setelah proses pembuatan akun atau login selesai, selanjutnya klik "Accept and Download". Tunggu hingga proses pemasangan selesai.

Langkah #7. Buka app ES File Explorer. Cari folder Download lalu pilih aplikasi bypass any samsung google account.apk. Install aplikasi tersebut. Jika ada pesan error yang memblok pemasangannya, pilih "Setting" lalu aktifkan "Unknown Sources". Klik OK lalu Install.

Langkah #8. Buka/Open aplikasi tersebut. Scroll ke bawah, temukan "Backup and Reset » Factory Data Reset » Reset Device » Erase Everything". Ponsel akan melakukan restart. Tunggu beberapa saat sampai ponsel menyala kembali.

Langkah #9. Setelah ponsel sudah restart, selanjutnya ikuti terus petunjuknya sampai finish/selesai. Untuk tahap ini, anda tidak perlu lagi menyambungkan ponsel ke jaringan wi-fi dan ponsel anda tidak akan meminta lagi verifikasi akun google.

Untuk menambahkan akun google milik anda sendiri, silahkan masuk ke Settings / Setelan » Akun » Tambah akun.

[Video] Tutorial Metode Sidesync


Baca Juga: Cara Mempercepat / Meningkatkan Kinerja HP Android Terbaru

Rekomendasi Penggunaan Metode OTG dan Sidesync

Cara ini juga bisa diterapkan untuk ponsel Asus, Oppo, Sony, HTC, Xiaomi, Motorola, Samsung yang memakai Sistem Operasi Android Lollipop dan Marshmallow. Adapun untuk model samsung, berikut ini adalah model dan tipenya:
  • Samsung Galaxy J Series SM-J200F, SM-J200G, SM-J200GU, SM-J200H, SM-J320F, SM-J500F, SM-J500H, SM-J500G, SM-J500FN, SM-J700F, SM-J700H, SM-J730G
  • Samsung Galaxy A Series SM-A300H, SM-A310F, SM-A500F, SM-A510FD, SM-A710FD, SM-A800F, SM-A910F
  • Samsung Galaxy S Series S3, SM-G900F, SM-G900H, SM-G900FD, SM-G920F, SM-G920I, SM-G920T, EDGE SM-G925F, SM-G925I, SM-G925T
  • Samsung Galaxy S6 EDGE+ SM-G928F, SM-G928G, SM-G928I, G928G, G928T, SM-G928A
  • Samsung Galaxy Note 3, 4, 5 N920C, N920G, N920I, N920T
  • Samsung Galaxy Grand Prime SM-G531H, SM-G531F, SM-G530FZ
  • Samsung Galaxy Core Prime VE SM-G361H

Baca Juga: Cara Mudah Hard / Factory Reset Semua HP Samsung

Bantuan dan Saran Bypass Samsung Metode OTG dan Sidesync

Akun google yang akan anda masukkan untuk pertama kalinya kedalam ponsel, pastikan bahwa akun tersebut milik anda dan jangan sekali-kali meminta orang lain atau pihak toko untuk memasukkan email mereka.

Namun apabila memiliki ponsel bekas hasil dari pembelian atau pemberian dari orang lain, minta email / password yang tersangkut di dalam ponsel atau anda bisa meminta mereka untuk mengganti akunnya dengan akun google milik anda.

Tambahan : Apabila sobat tidak bisa menggunakan 2 cara di atas karena disebabkan oleh penggunaan Android Marhsmallow 6.0.1 atau versi yang lebih tinggi lagi, maka saya sarankan untuk melakukan downgrade ke Android Lollipop terlebih dahulu.

Tujuannya adalah untuk memudahkan sobat melakukan bypass untuk ponsel sobat. Karena 2 cara di atas, sudah teruji untuk Android Lollipop.

Semoga tutorial mengenai "Panduan Bagaimana Cara Bypass/Melewati Verifikasi Akun Google Samsung" bermanfaat bagi anda. Jika ada yang kurang jelas, silahkan menanyakannya melalui kolom komentar. Terima kasih, salam.