2 Cara Bypass FRP Redmi 8/8A Lupa Akun Google Tanpa PC

AndroLite.com - Cara Lewati Verifikasi Lupa Akun Google / MiCloud HP Xiaomi Redmi 8 / 8A MIUI 11 Pie 9.0 - Permasalahan lupa akun mi (micloud) / google (email dan sandi gmail) Redmi 8/8A menyebabkan konfigurasi awal ponsel tidak dapat dilanjutkan sampai ke home screen dan hanya berhenti di FRP Lock. Yaitu sebuah permintaan memasukkan ulang akun google yang sebelumnya telah tertaut dengan smartphone. Biasanya hal ini terjadi ketika pengguna baru saja selesai melakukan factory / hard reset atau flash ROM / firmware.

Nah, untuk mengatasi lupa email / password tentu saja kalian harus melakukan bypass FRP atau melewati permintaan memasukkan ulang akun google yang telah tertaut sebelumnya. Dalam hal ini kalian perlu mencari celah untuk bisa mengakses browser seperti Chrome sebagai sarana untuk mendownload aplikasi Bypass FRP Lock dan Google Account Manager apk. Meski prosesnya sedikit panjang, namun ini adalah salah satu solusi terbaik agar HP Redmi 8 atau Redmi 8A milik kalian bisa digunakan seperti sedia kala.

Apa Itu FRP (Facroty Reset Protection)?

Factory Reset Protection adalah sebuah sistem keamanan Android yang resmi diperkenalkan oleh Google pada Maret 2015 lalu dan mulai diaplikasikan pada OS Android Lollipop v5.0 hingga yang terbaru saat ini ini Android Q 10. Sesuai namanya, FRP akan meminta konfirmasi kepemilikan dengan cara meminta pengguna memasukkan ulang email / sandi gmail google yang sebelumnya telah tertaut dengan ponsel.

Biasanya, FRP akan aktif sesaat setelah ponsel android selesai reset pabrik atau hard reset dan flash firmware / ROM. Saat FRP dalam keadaan aktif, pengguna tidak akan diberikan pilihan untuk melewati permintaan memasukkan ulang akun google, atau dengan kata lain tidak ada tombol next / skip. Jadi, sebelum mulai menggunakannya, pastikan kalian telah mencatat alamat dan sandi email yang saat ini telah tertaut dengan ponsel.

Cara Bypass FRP Lock Xiaomi Redmi 8/8A

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa metode yang akan kita gunakan untuk melakukan bypass frp lock Redmi 8 atau 8A adalah mencari celah agar ponsel dapat mengakses browser seperti Chrome. Tujuan utamanya yaitu agar dapat mendownload aplikasi FRP Remover dan Google account manager.

Beruntungnya, proses bypass ini sangat mudah untuk diterapkan, terlebih lagi tidak memerlukan bantuan komputer, baik itu PC maupun Laptop. Lantas bagaimana caranya? Berikut tutorial lengkapnya.

Bypass FRP Redmi 8/8A Metode #1

  1. Langkah pertama, silahkan tap [Next] atau [Back] sampai pada tampilan [Connect to Network] kemudian sambungkan ponsel ke jaringan internet via Wi-Fi, baik itu dari Telkom Indihome atau Hotspot perangkat lain.
  2. Bila sudah terhubung, selanjutnya tap [Add Network] yang ada di bagian bawah kemudian pada bagian "SSID" ketikkan [www.youtube.com]. Setelah itu, blok semua tulisan www.youtube.com dan tap icon rantai seperti yang terlihat pada gambar berikut.
  3. Ketika aplikasi YouTube telah terbuka, klik icon "profile" yang ada di sudut kanan atas, lalu pilih [Settings] > [About] > [YouTube Terms of Service].
  4. Saat muncul pop-up "Open With", pilih [Browser] atau more [Chrome]. Pada [Address Bar Chrome], ketikkan bit.ly/frp-apk > [Go] lalu download BypassFRP-v1.0.apk dan Google-account-manager-v9.apk atau versi yang lebih baru.
  5. Untuk melihat hasil download kedua aplikasi tersebut, tap icon menu Chrome yang ada di pojok kanan atas lalu pilih [Download].
  6. Berikutnya, install Google-account-manager-v8.apk terlebih dahulu (tidak perlu dijalankan). Bila muncul pop-up security Chrome, pilih [Settings] > Enable pada [Allow from this source] > [Back] > [Install]. Bila sudah, lanjutkan memasang file BypassFRP-1.0.apk. lalu klik [Open].
  7. Ketika ponsel telah menampilkan "Re-type Password", silahkan tap pada icon menu yang ada di pojok kanan atas lalu pilih [Browser Sign-in] > [OK].
  8. Masukkan alamat dan password email google milik kalian, kemudian [Sign-in]. Jika telah berhasil login, selanjutnya silahkan reboot HP Redmi 8 / 8A kalian dengan menekan tombo Power beberapa saat lalu tap [Reboot]. Tunggu sampai ponsel menyala kembali.
  9. Terakhir, silahkan lakukan pengatura awal sampai masuk ke layar utama / home screen. Selamat FRP Lock smartphone Redmi 8 / 8A kalian telah berhasil di-bypass.

Bypass FRP Redmi 8/8A Metode #2

Metode kedua cara bypass verifikasi akun google Redmi 8/8A ini, caranya tidak terlalu jauh berbeda dengan metode pertama di atas. Hanya saja yang membedakan adalah proses bagaimana cara mengakses YouTube dan Browser, yaitu dengan cara mengirim invalid SMS.
  1. Pertama, masukkan kartu SIM terlebih dahulu untuk mengaktifkan fungsi Send Message.
  2. Setelah itu, tap [Next] atau [Back] sampai pada tampilan [Connect to Network] lalu koneksikan ponsel ke jaringan internet melalui sambungan Wi-Fi.
  3. Setelah terhubung, tap pada [Add Network]. Pada bagian "SSID" ketik [www.youtube.com] dan blok semua teks tersebut. Tap icon [Upload] kemudian pilih [Messaging].
  4. Masukkan nomor penerima yang salah. Misalnya "123, 234, 345, dan seterusnya" agar SMS yang dikirim Gagal / Invalid. Setelah itu, klik pada tulisan "www.youtube.com" yang ada di dalam isi pesan. Saat muncul pop-up kecil di bagian bawah, pilih [Browse].
  5. Saat aplikasi YouTube telah terbuka, selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkahnya sama seperti Metode Pertama di atas, mualai nomor #3 sampai #9.

Solusi Gagal Bypass FRP Redmi 8/8A

Salah satu faktor utama yang menjadi penyebab gagal bypass frp Redmi 8/8A adalah karena adanya pembaruan security atau update sistem operasi Android (ROM MIUI). Nah untuk mengatasinya, silahkan lakukan Downgrade ke versi paling lama.

Bila perlu pilih ROM MIUI yang bersamaan dirilisnya Redmi 8/8A. Untuk download ROM MIUI / firmware beserta tutorial cara flash-nya, silahkan cari di Google.

Saran dan Penutup

Untuk mencegah terjadinya lupa akun google yang telah terpasang di dalam HP Redmi 8/8A milik kalian, sebaiknya catat dan simpan baik-baik alamat dan password email tersebut. Bila perlu tambahkan / tautkan lagi akun google baru kedalamnya, sehingga kalian memiliki banyak pilihan akun ketika hendak melewati FRP verifikasi permintaan akun google.

Hal ini juga berlaku untuk HP bekas / second. Sebelum mulai menggunakannya, pastikan kalian telah menambahkan / menautkan akun google baru terlebih dahulu.

Nah, itulah 2 Cara Bypass FRP Lock HP Xiaomi Redmi 8/8A pada kesempatan kali ini. Semoga tutorial kali ini bisa membantu untuk mengatasi lupa akun gmail google kalian. Terima kasih telah berkunjung, Salam!