Download Resetter Epson L4150, L4160 + Cara Reset 2024

AndroLite.com - Hi sobat, untuk postingan kali ini saya akan membahas secara lengkap dan detail (lengkap gambar) tentang Bagaimana Cara Mereset Printer Epson L4150, L4160, baik secara secara Manual dan Otomatis Menggunakan Resetter Adjustment Program (AdjProg.exe) versi Terbaru 2024 plus link downloadnya secara gratis dan tanpa biaya sepeserpun.

Epson L4150 dan L4160 merupakan sebuah printer Ink Tank yang bisa dihubungkan / digunakan menggunakan koneksi Wi-Fi (tanpa kabel). Printer ini, selain bisa digunakan untuk mencetak, juga bisa dijadikan sebagai mesin foto-copy dan juga mesin scan, atau dengan kata lain Multifungsi (All-in-One).

Meski demikian, dalam penggunaannya sehari-hari, L4150 dan L4160 ini kadang mengalami berbagai gangguan yang menyebabkan printer tidak bisa digunakan mencetak dokumen apapun. Dan, ketika sedang bermasalah mesin cetak ini akan memberikan beberapa tanda-tanda error.

1. Ciri-Ciri Printer Epson L4150, L4160 Perlu Direset

Ada beberapa tanda-tanda penting yang perlu kalian kenali ketika printer Epson L4150 atau L4160 memerlukan tindakan reset. Dalam hal ini ciri-cirinya terbagi kedalam dua bagian. Pertama, pada printer akan muncul kedipan lampu indikator power/resume dan tinta/kertas berkedip bergantian atau bersamaan secara terus menerus.

Kedua, pada layar monitor komputer (PC/Laptop) akan muncul kotak dialog yang di dalamnya berisikan berbagai peringatan error. Diantaranya :

  1. it is nearly time to reset the ink levels
  2. it is time to reset the ink levels
  3. Ink waste is full
  4. service required
  5. Ink pad is at the end of its service live

Contohnya seperti gambar screenshot di bawah ini.


Baca juga: Download Kumpulan Resetter Adjustment Program Epson L Series

2. Periksa Komponen Penyebab Error Epson L4150, L4160

Ketika Epson L4150 atau L4160 kalian sedang bermasalah, sebaiknya periksa beberapa komponen-komponen yang mungkin menjadi salah satu penyebab utamanya.

  1. Cartridge - Cartridge printer merupakan salah satu komponen yang paling sering bermasalah. Untuk itu, cobalah lepas cartridge terlebih dahulu kemudian bersihkan. Setelah itu silahkan pasang kembali kemudian nyalakan kembali printer.
  2. Tabung Pembuangan Sisa Tinta (Vacum) - Vacum tinta biasanya juga sering bermasalah ketika sudah penuh. Untuk itu, coba periksa bagian ini kemudian sedot sisa tinta yang terdapat di dalamnya sampai bersih. Untuk panduan lengkapnya, kalian bisa mencari videonya di Youtube.
  3. Roller - Roller (tempat keluarnya kertas) juga terkadang menjadi sumbar masalah, Untuk itu, pastikan roller tidak terhalang oleh benda-benda asing, seperti robekan kertas. Jika ada, bersihkan sampai bersih.
  4. Tabung Tinta - Pastikan tabung masih memiliki tinta di dalamnya. Jika habis, silahkan isi ulang kembali. Selain itu, periksa juga selang tinta jangan sampai terlipat atau macet.
  5. Lain-Lain - Selain 4 komponen di atas, kalian juga bisa memeriksa beberapa bagian penting lainnya yang kalian rasa menjadi penyebabnya. Misalnya, kabel USB, busa tinta (tempat berhentinya cartridge saat sedang tidak digunakan), dan sebagainya.

Nah, setelah kalian memeriksa komponen-komponen printer yang dirasa merupakan salah satu penyebab terjadinya error pada Epson L4150 atau L4160, namun tetap tidak bisa digunakan, sebaiknya coba cara melakukan reset total.

Dalam hal ini reset terbagi kedalam kedua metode. Pertama reset manual yaitu mereset dengan cara menekan tombol kombinasi power / resume (tanpa aplikasi). Kedua reset otomatis dengan menggunakan bantuan resetter adjustment program.

Baca juga: Download Gratis Resetter dan Cara Reset Epson L3100, L3110, L3001, L3150

3. Cara Reset Epson L4150, L4160

Salah satu cara terbaik untuk menormalkan kembali fungsi printer Epson L4150, L4160 adalah dengan cara melakukan reset. Reset ini diperlukukan untuk mereset semua data-data yang disimpan oleh chip printer kembali kesedia kala. Misalnya mereset Waste Ink Pad Counter yang sudah penuh, jumlah cetakan kertas telah mencapai batas maksimal, dan lain sebagainya.

3.1. Reset Manual (Tanpa Aplikasi)

  1. Lepas atau cabut kabel daya selama kurang lebih 3 hingga 5 menit.
  2. Colok kembali kabel daya, lalu kemudian nyalakan kembali.
  3. Setelah menyala sempurna, selanjutnya tekan dan tahan tombol RESUME (logo tinta) selama kurang lebih 5 detik, lalu lepaskan.
  4. Setelah itu, tekan dan tahan lagi tombol RESUME selama 3 detik, lalu lepaskan.
  5. Bila sudah, tunggu hingga printer melakukan proses reset. Tunggu hingga selesai.
  6. Saat reset berhasil, maka lampu indikator (resume atau tinta/kertas) akan berhenti berkedip.
  7. Terakhir, silahkan cetak satu atau dua dokumen untuk memastikan apakah proses reset berhasil atau tidak.

Nah, setelah proses reset manual di atas masih belum berhasil, sebaiknya cobalah cara reset otomatis menggunakan aplikasi Resetter Adjustment Program Epson L4150/L4160 berikut ini.

3.2. Reset Otomatis Menggunakan Resetter

Reset otomatis menggunakan aplikasi Resetter Adjustment Program (Adjprog.exe) merupakan salah satu langkah mudah untuk mereset printer Epson L4150/L4160. Tetapi sebelum itu, kalian harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu.

Untuk mendapatkannya, kalian bisa mendownloadnya secara gratis di bawah beserta tutorial lengkap bagaimana cara menggunakannya, lengkap gambar sehingga memudahkan kalian dalam menerapkannya.


3.2.1. Download Gratis Resetter Epson L4150, L4160

PrinterEpson L4150, L4160
FileAdjustment Program (Adjprog.exe)
Ukuran5,65 MB
Windows7, 8, 8.1, 10 (32/64bit)
LinkDownload
Catatan Penting : Sebelum mengunduh file Resetter Epson L4150, L4160, silahkan matikan terlebih dahulu Antivirus komputer kalian (jangan khawatir, karena file ini bukan virus).
Disclaimer : Segala bentuk file unduhan yang ada di situs AndroLite.com hanya merupakan bahan edukasi. Resiko yang mungkin ditimbulkan, silahkan tanggung sendiri (Do With Your Own Risk).

Baca juga: Download Resetter + Cara Reset Canon MP287, MP258, MP237, iP2770

3.2.2. Cara Menggunakan Resetter AdjProg Epson L4150, L4160

  1. Pertama, jalankan aplikasi Resetter Adjprog.exe yang sudah kalian aktivasi (tutorial cara aktivasinya ada di dalam folder/file zip/rar).
  2. Ditampilan depan aplikasi resetter, silahkan pilih [Select].
  3. Pada bagian Model Name, pilih seri printer yang kalian gunakan, lalu klik [OK].
  4. Pilih [Particular Adjustment Mode].
  5. Pilih [Waste ink pad counter], lalu klik [OK].
  6. Centang [Main pad counter] dan [Platen pad counter] lalu klik Check.
  7. Centang lagi [Main pad counter] dan [Platen pad counter] kemudian klik tombol Initialize.
  8. Bila sudah selesai, maka akan muncul sebuah dialog kecil pada layar komputer yang menampilkan pesan "Please Turn Off and Turn On your printer". Nah, pada tahap ini, silahkan matikan lalu nyalakan kembali printer kalian.
  9. Bila reset berhasil, maka lampu Power / Resume akan menyala dengan normal atau sudah tidak berkedip lagi. Selesai.

Baca juga: Cara Atasi CANON The Following Ink May Have Run Out

4. Solusi Gagal Reset Epson L4150, L4160

Bila mengalami kegagalan pada saat selesai melakukan reset, sebaiknya periksa kembali beberapa komponen-komponen printer yang mungkin menjadi sumber permasalahan seperti yang telah disebutkan di atas. Atau cobalah beberapa tips berikut ini.

  1. Cobalah Cabut kabel daya selama kurang lebih 3 menit sebelum melakukan reset.
  2. Bersihkan / sedot ulang kembali tinta pada cartidge printer.
  3. Pastikan saat memasang ulang kembali cartridge, posisinya tidak tertukar dengan cartridge warna lain.
  4. Pastikan roller printer sudah benar-benar bersih dari berbagai benda asing yang menghalagi keluarnya kertas.
  5. Pastikan sisa tinta yang terdapat dalam tabung pembuangan sudah dibersihkan hingga bersih total.

Tetapi apabila semua cara sudah kalian coba, namun masih gagal, mungkin sudah saatnya printerkalian dibawa ke tukang service terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Nah itulah tutorial lengkap tentang bagaimana cara mereset printer Epson L4150, L4160 secara manual dan otomatis menggunakan resetter adjustment program / adjprog.exe pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung ke situs kami. Salam!