Pengertian Root Android, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa Itu Root Android? Apa Kelebihan dan Kekurangannya? - Berbicara mengenai Android, tidak akan pernah ada habisnya & untuk OS yang satu ini pasti sudah banyak yang mengenalnya. Mulai dari kalangan bawah, menengah sampai atas, kalangan anak-anak, remaja dan kalangan dewasa. Baik itu di Indonesia, maupun di seluruh penjuru dunia.

Sejak diluncurkan untuk pertama kalinya pada tahun 2008, OS Android menjadi viral pembicaraan hingga saat ini. Selain itu, ada terdapat banyak sekali istilah-istilah baru terdengar, salah satunya istilah ROOT. Istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar pengguna ponsel berbasis android, namun ada yang belum tahu menahu sama sekali.

Uniknya, dari sekian banyak penggunanya, paling tidak ada 3 golongan yang bisa saya golongkan mengenai pemahaman mereka tentang istilah tersebut. Pertama, orang-orang yang sama sekali belum mengenal/awam. Kedua, orang-orang yang sudah mengenal, namun tidak tahu apa itu Root serta yang Ketiga adalah orang-orang yang benar-benar sudah paham bahkan ahli dalam root sistem operasi Android. Dari 3 golongan di atas, anda termasuk yang mana? Yang pertama, kedua atau ketiga? Hehehe Silahkan jawab dalam hati saja ya. Hehehe!

Segala Sesuatau Tentang Root

Perlu kalian ketahui, sekarang ini ada banyak aplikasi root yang bisa kita gunakan. Mulai dari aplikasi yang dipasang melalui bantuan komputer ataupun tanpa komputer. Lalu apa itu root Android? Apa kelebihan serta Kekurangannya? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Pengertian Root Android

"Root" apabila diartikan kedalam Bahasa Indonesia berarti "Akar" atau "Dasar" merupakan sebuah kontrol istimewa, multak, absolut pengguna untuk mengakses system / sub system atau kekuasaan untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, perintah & system. Dengan kata lain, root memberikan kontrol tanpa batas kepada penggunanya untuk melakukan hal-hal apa yang ia inginkan.

Root Android hampir mirip JailBreak terhadap sistem operasi iOS milik apple, dimana keduanya sama-sama memberikan kontrol istimewa & memberikan akses penuh kepada penggunanya untuk bisa melakukan hal-hal sesuai apa yang pemiliknya ingin lakukan.

2. Kelebihan Root Android

Kelebihannya adalah memudahkan pengguna agar bisa masuk kedalam dasar sistem. Baik itu untuk melakukan modfikasi system, mengubah tampilan interface, tweaking, menghapus aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus melalui pengaturan aplikasi, memasang aplikasi tertentu yang membutuhkan akses root, meningkatkan performa & masih banyak lagi kelebihan lainnya tanpa batas.

Jika diibaratkan, root sama seperti administrator pada windows dimana user bisa melakukan apa saja dalam OS Windows.

3. Kelemahan Root Android

Kelemahan / kekurangan root ini sendiri, tentunya punya dampak tersendiri. Berikut kelemahannya.

#Pertama,
Google sebagai pemilik Sistem Operasi Android melarang keras kepada siapa saja untuk melakukan root terhadap sistem operasi mereka. Alasannya cukup sederhana, yaitu masalah keamanan smartphone.

Keamanan seperti apa yang ia maksud? Keamanan yang dimakud disini adalah keamanan agar sistem operasi Android tidak dirusak, diotak atik atau bahkan sampai yang lebih parah sekalipun. Rooting akan membuka semua sistem keamanan OS. Tentu ini akan sangat berbahaya jika dilakukan oleh orang awam.

Selain itu, rooting juga akan membuka akses kepada virus yang kapan saja bisa masuk kedalam sistem operasi Android. Virus merupakan sebuah program yang dirancang untuk melakukan hal-hal tertentu, misalnya kemampuan untuk mengambil data-data yang bersifat pribadi & rahasia seperti nomor kartu kredit, video, foto, dokumen rahasia & data-data penting lainnya kemudian dikirim kepada pembuathnya.

#Kedua,
Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa setiap distributor ponsel berbasis android, melarang setiap penggunanya untuk melakukan root. Jika hal itu terjadi, maka kita tidak diperkenankan untuk melakukan klaim garansi.

Alasannya apa? Kenapa hal itu bisa terjadi? Ibaratnya seperti saat membeli sebuah barang elektronik, dimana pada barang tersebut pasti dipasangi beberapa segel. Segel ini bertujuan untuk melindungi barang agar tetap dalam kondisi utuh dan aman, sampai pada saat garansi barang tersebut ingin diklaim.

Nah hal ini juga berlaku kepada ponsel yang kita beli. Apabila melakukan root sistem operasi ponsel tersebut, secara tidak langsung kita telah merusak segel tersebut. Jika segel rusak, maka untuk melakukan klaim garansi ponsel sudah tidak bisa dilakukan lagi.

4. Jenis-Jenis Aplikasi Root

Sekarang ini ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan. Cara penggunaanya juga bermacam-macam, misalnya ada yang bisa dipasang langsung & ada juga yang harus dipasang melalui menu recovery seperti CWM atau Custom TWRP. Untuk nama aplikasinya, bisa anda lihat pada daftar berikut ini.

Nama AplikasiInstall LangsungCustom Recovery
KingRootYesNo
FramarootYesYes
Robot MasterYes?
Kingo AppYes?
King UserNoYes
Root geniusYesNo
Towel RootYesNo
Key Root MasterYesNo
Rootmaster iRootYesNo
Z4RootYesNo
VrootYesNo

Setiap aplikasi tersebut di atas, ada hanya bisa digunakan pada Merek dan tipe ponsel tertentu serta bisa digunakan pada banyak jenis/merk ponsel. Misalnya Kingroot bisa digunakan melakukan root terhadap ponsel Samsung Galaxy J Series, A Series, S Series dan sebagainya. Tetapi ada tipe/merek ponsel tertentu yang masih belum bisa ia root.

Begitupun dengan aplikasi-aplikasi root lainnya, kadang bisa dipake untuk tipe/merek A, namun tidak bisa digunakan terhadap Tipe/merek B, C, D dsb & begitupun sebaliknya. Jadi kita bisa mencobanya satu persatu agar kita tahu aplikasi jenis apa yang cocok dengan ponsel yang anda gunakan.

Kesimpulan dan Saran

Rooting memang kadang diperlukan terhadap ponsel, tetapi bagi anda yang masih baru/awam, sebaiknya tidak perlu melakukan root, karena resikonya mungkin tidak sebanding dengan manfaatnya. Namun jika dalam keadaan terpaksa, saya sarankan lebih baik anda meminta bantuan kepada orang-orang yang benar-benar sudah paham akan hal ini karena kesalahan sedikitpun bisa berakibat fatal.

Demikian penjelasan singkat mengenai Pengertian, Kelebihan & Kekurangan Root Android di atas, semoga ada manfaatnya. Terima kasih dan Salam!