Developer Options | OEM Unlocking | Unlock Bootloader Samsung A10s - Unlock Bootloader / mengaktifkan OEM Unlock & USB Debugging Samsung Galaxy A10s (SM-A107F, SM-A107FN, SM-A107M, SM-A107GN, SM-A107YN, SM-A107W, SM-A107U) diperlukan untuk dapat membuka akses secara penuh sistem perangkat, sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan Root, memasang custom recovery TWRP atau melakukan tweak.

Kedua menu tersebut hanya dapat diakses di dalam menu Developer Options atau Opsi Pengembang. Namun secara default, menu ini tersembunyi di dalam menu pengaturan ponsel. Untuk itu, sebelum melakukan Unlock Bootloader/OEM Lock dan USB Debugging, Anda harus memunculkan menu Developer Options terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Berikut tutorial singkatnya.

OEM Unlock Samsung Galaxy A10s (Normal)

  1. Buka menu Pengaturan (Settings) pada ponsel.
  2. Gulir ke bawah, kemudian pilih Tentang Ponsel (About Phone).
  3. Pilih Informasi Perangkat Lunak (Sofware Information).
  4. Ketuk / tap sebanyak 7 kali pada Nomor Build (Build Number) hingga muncul pesan "Opsi pengembang telah aktif" atau sejenisnya.
  5. Tekan Back 2 kali atau buka ulang menu Pengaturan.
  6. Gulir ke bawah dan temukan Developer Options (biasanya berada diurutan paling bawah).
  7. Terakhir, silahkan aktifkan OEM Lock & USB Debugging yang ada di dalamnya.
  8. Selesai.

Unlock Bootloader Samsung A10s (Advanced)

Penting!
Unlock Bootloader (Lanjutan) akan menghapus semua data yang ada di dalam memori internal ponsel. Untuk itu, silahkan BACKUP / pindahkan semua data ke penyimpanan eksternal. Misalnya microSD, komputer dan sebagainya.
  1. Matikan perangkat Galaxy A10s.
  2. Tekan & tahan tombol VOLUME BAWAH + VOLUME ATAS.
  3. Koneksikan ponsel ke PC/Laptop via kabel USB dengan tetap menekan VOL BAWAH + VOL ATAS.
  4. Saat layar menampilkan "WARNING", tekan lalu tahan VOLUME ATAS hingga layar menampilkan "Unlock Bootloader?".
  5. Pilih "YES" dengan menekan VOLUME ATAS.
  6. Tekan POWER saat layar menampilkan pesan "The phone's bootloader is unlocked..."
  7. Tunggu sampai proses Erasing (Penghapusan) selesai.
  8. Setelah selesai, ponsel akan melakukan restart secara otomatis.
  9. Lakukan konfigurasi awal (seperti ponsel baru dibeli), namun "JANGAN" Sign in atau membuat akun Google / Samsung (skip langkah ini).
  10. Terakhir, silahkan munculkan Opsi Pengembang untuk melihat opsi OEM Unlock.
  11. Selesai.
Catatan!
Setelah selesai melakukan tweaking (root / pasang TWRP), disarankan untuk menonaktifkan kembali opsi OEM Unlock. Karena jika opsi ini selalu aktif, maka ponsel dapat dengan mudah dimasuki oleh virus / malware.

Solusi OEM Unlock Samsung A10s Tidak Ada

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan opsi OEM Unlock tidak ada / tersembunyi di dalam menu Opsi Pengembang. Diantaranya karena sistem tidak update, bug, kesalahan konfigurasi, dimasuki virus dan lain sebagainyanya. Nah, untuk memunculkannya kembali, silahkan baca Solusi OEM Unlock Tidak Ada (Hilang) Semua HP Samsung.

Sekedar saran, ketika Anda telah selesai melakukan tweaking, root atau memasang TWRP Samsung Galaxy A10s, jangan lupa untuk menonaktifkan kembali OEM Unlocking. Hal ini diperlukan agar sistem keamanan ponsel tidak dapat dijebol oleh virus / malware.

Cara memunculkan menu Opsi Pengembang untuk Unlock Bootloader / OEM Unlocking & mengaktifkan USB Debugging tersebut di atas dapat diterapkan untuk sistem operasi Android Pie (9.0, 9.1) serta Android Q (10.0, 10.1).
Open Comments