3 Cara Screenshot Samsung Galaxy A71 Dengan / Tanpa Tombol

AndroLite.com : Cara Mudah Screenshot HP Samsung Galaxy A71 [How to] - Samsung Galaxy A71 merupakan ponsel high-end berbasis Android yang resmi diluncurkan menjelang akhir tahun 2019 lalu. Di Indonesia, ponsel ini dibanderol dengan harga lumayan mahal, yakni sekitar 7 juta Rupiah.

Samsung A71 sendiri ini meluncur membawa spesifikasi RAM 8GB atau 6GB, storage 256GB / 128GB, panel sAMOLED 6,7 inci FHD+, diotaki chipset Snapdragon 730 (8nm), dioperasikan oleh OS Android 10 (One UI 2.0), 64MP quad-kamera belakang, baterai 4.500 mAh (fastcharging 25W), in-screen fingerprint serta menawarkan berbagai fitur anyar menarik lainnya.

Nah, untuk mengambil screenshot (SS) / screen capture / tangkapan layar pada Samsung Galaxy A71, ada tiga metode yang bisa dilakukan. Pertama menggunakan dua tombol kombinasi, kedua dengan metode Palm Swipe (tanpa tombol) dan yang ketiga Scroll Capture (memanjang). Lantas bagaimana caranya? Berikut panduannya.

Baca juga : Cara Mudah Screenshot HP Samsung Semua Seri

1. Screenshot Samsung A71 Tombol Kombinasi 2 Jari

  1. Pilih area yang ingin di-screenshot.
  2. Tekan tombol POWER + VOLUME BAWAH secara bersamaan.
  3. Jika berhasil, maka layar akan berkedip atau mengeluarkan bunyi shutter.
  4. Untuk melihat hasilnya, silahkan buka Gallery » Screenshot.
  5. Selesai.

Walaupun metode screenshot menggunakan tombol fisik 2 jari sangat mudah dan praktis digunakan, tetapi sayangnya dapat mengakibatkan kerusakan dini terhadap tombol pengatur suara dan daya apabila terlalu sering digunakan.

Nah untuk mencegah terjadinya hal tersebut, sebaiknya kalian gunakan metode tanpa tombol berupa usap layar yang dikenal dengan sebutan Palm Swipe. Untuk cara penggunaannya, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

2. Screenshot Samsung A71 Usap Layar (Palm Swipe)

  1. Pertama, aktifkan mode Palm Swipe terlebih dahulu.
  2. Caranya, silahkan buka menu Settings.
  3. Pilih Advanced Features » Motion and Gestures.
  4. Aktifkan "Palm swipe to capture".
  5. Selanjutnya, pilih area yang akan di-capture.
  6. Luruskan tangan, kemudian usap layar dari arah kanan ke kiri (lihat gambar).
  7. Saat proses tangkapan berhasil, layar akan berkedip atau mengeluarkan bunyi shutter.
  8. Buka Gallery » Screenshot untuk melihat hasil tangkapan layar.

3. Screenshot Panjang Samsung A71 (Scroll Capture)

Selain dua metode di atas, ada lagi satu cara mengambil screenshot, tapi ini dikhususkan untuk tangkapan layar secara memanjang ke bawah, yakni Scroll Capture. Fitur ini akan sangat berguna untuk mengambil tangkapan layar yang berisikan kontent panjang. Contohnya seperti gambar berikut.

Nah, untuk menggunakan metode ini, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu di dalam menu pengaturan. Sama seperti metode Palm Swipe di atas.
  1. Buka menu Pengaturan » Fitur Lanjutan / Advanced Features.
  2. Di dalamnya, silahkan aktifkan "Tangkap Cerdas / Smart Capture" dengan cara menggeser toogle yang ada sebelah kanannya menjadi on.
  3. Bila sudah aktif, tahap selanjutnya silahkan kalian pilih area yang akan di-screenshot panjang.
  4. Setelah itu, ambil SS menggunakan salah satu metode di atas, baik menggunakan tombol fisik 2 jari ataupun usap layar palm swipe.
  5. Saat pop-up menu Smart capture muncul, ketuk icon "panah ke bawah" seperti yang terlihat pada berikut.
  6. Setelah layar berpindah, tekan lagi icon Panah Bawah. Lakukan hal ini secara berulang hingga mencapai batas area yang ingin kalian SS panjang.
  7. Untuk melihat hasilnya, kalian bisa men-tap cuplikannya di samping kanan layar atau bisa juga melalui menu gallery.

Bagaimana, mudah bukan? Nah itulah 3 tutorial cara screenshot yang bisa kalian lakukan untuk mengambil dan menyimpan cuplikan tampilan layar di HP Samsung A71. Semoga bermanfaat.