4 Cara Screenshot Samsung A02, A02s, M02 (Usap Layar, Panjang)

AndroLite.com - Berbekal spesifikasi unggulan dikelasnya, Samsung secara resmi meluncurkan tiga smartphone entry-level di Indonesia, yakni Galaxy M02, A02 dan A021s. Ketiganya hadir dengan menawarkan harga yang lumayan cukup murah, yaitu hanya Rp 1 jutaan saja.

Galaxy M02, A02 dan A021s sejak pertama kali rilis hadir dengan menggunakan OS Android 10 yang dibalut antarmuka One UI 2.0 yang mana didalamnya telah dilengkapi berbagai fitur-fitur unggulan dengan segala kelebihannya, termasuk salah satunya fitur Screenshot atau Tangkapan Cuplikan Layar.

Fitur Screeshot pada Samsung Galaxy A02, A02s atau M02 akan sangat membantu kalian sebagai penggunanya untuk mengambil tangkapan cuplikan layar untuk disimpan ke gallery sebagai bahan dokuemntasi, bukti, dibagikan ke sosial media dan lain sebagainya.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut, ketiga smartphone terbaru Samsung ini telah menyediakan setidaknya 4 buah metode Screenshot. Pertama menggunakan tombol fisik 2 jari, tanpa tombol berupa palm swipe (usap layar) dan pintasan menu asistant serta screenshot panjang / long / scroll.

Menariknya, 4 metode screenshot yang ditawarkannya tersebut, bisa langsung digunakan atau dengan kata lain kalian tidak perlu menginstall / memasang aplikasi tambahan (pihak ketiga). Lantas bagaimana caranya? Berikut AndroLite.com sajikan tutorial lengkapnya.


1. Screenshot Menggunakan Tombol 2 Jari


Salah satu cara yang paling gampang digunakan untuk mengambil tangkapan cuplikan layar pada HP Samsung Galaxy A02, A02s atau M02, adalah dengan menggunakan tombol fisik 2 jari. Yaitu dengan menekan tombol [POWER + VOLUME BAWAH] secara bersamaan atau menahannya selama kurang lebih 1-2 detik.

Saat proses pengambilan screenshot berhasil dilakukan, maka ponsel akan mengeluarkan suara shutter (seperti bunyi kamera) dan layar akan berkedip. Sayangnya, metode ini memiliki kekurangan tersendiri, yakni dapat menyebabkan kerusakan dini pada tombol fisik apabila terlalu sering digunakan.

Nah untuk mengatasinya, kalian bisa menggunakan cara lain, yaitu dengan menggunakan metode screenshot tanpa tombol. Untuk panduan lengkapnya, bisa kalian lihat di bawah ini.

Baca juga : 4 Cara Screenshot Samsung Galaxy A11, A12 dan A21

2. Screenshot Tanpa Tombol

Untuk mengakali agar tombol fisik pada HP Samsung Galaxy A02, A02s, M02 tidak mudah rusak apabila terlalu sering digunakan, maka sebaiknya kalian menggunakan cara lainnya, yaitu metode SS tanpa tombol. Metode ini sendiri, terbagi kedalam dua pilihan, pertama Palm Swipe (Usap Layar) dan kedua Pintasan Menu Asisten.

Fitur ini adalah fitur yang paling direkomendasikan untuk mengambil / menyimpan tangkapan layar, karena selain tidak menyebabkan tombol fisik cepat rusak, juga sangat mudah, cepat dan praktis digunakan. Namun sebelum memulai menggunakannya, kalian harus mengaktifkannya terlebih dahulu dalam menu pengaturan ponsel. Karena secara default, kedua fitur ini biasanya masih belum aktif.

2.1. Palm Swipe (Usap Layar)

  1. Pertama, silahkan masuk ke menu Pengaturan » [Fitur Lanjutan] » [Gerakan dan Gestur].
  2. Di dalamnya, silahkan aktifkan [Usapkan telapak tangan untuk mengambil / Palm swipe to capture].
  3. Bila sudah aktif, selanjutnya cari bagian yang ingin kalian screenshot.
  4. Luruskan telapak tangan, kemudian usap layar dari arah kanan ke kiri (lihat gambar untuk lebih jelasnya).
  5. Jika berhasil, maka ponsel akan menguluarkan bunyi shutter dan layar akan berkedip.

  1. Buka menu Settings » [Aksesibilitas] » [Interaksi dan Kecekatan] » lalu aktifkan [Menu Asisten].
  2. Setelah pintasan menu ini aktif, maka akan muncul sebuah lingkaran menu transparan di samping kanan layar.
  3. Nah, untuk menggunakannya, silakan tap ikon tersebut kemudian tap gambar layar atau Screenshot yang ada di dalamnya.
  4. Seperti 2 metode di atas, ketika proses SS berhasil di ambil, maka layar smartphone akan berkedip dan mengeluarkan bunyi shutter.

Baca juga : 4 Cara Screenshot Samsung M51 (Usap Layar, Panjang)

3. Screenshot Panjang / Long / Scroll Capture

Screenshot Panjang / Long / Scroll Capture adalah sebuah cara yang memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan cuplikan layar secara memanjang ke bawah. Contohnya seperti gambar di bawah ini.
Tetapi, sebelum menggunakan fitur ini, kalian juga harus mengaktifkannya di dalam menu pengaturan sama seperti Palm Swipe dan Menu Assisten. Bagaimana caranya, berikut langkah-langkahnya.
  1. Buka menu [Pengaturan] » [Fitur Lanjutan] » [Gerakan dan Gestur] lalu aktifkan [Aktif Pintar].
  2. Selanjutnya, cari area yang ingin kalian screenshot panjang.
  3. Bila sudah ketemu, silahkan ambil screenshot menggunakan salah satu metode di atas (tombol 2 jari, palm swipe atau shortcut menu asisten) terlebih dahulu.
  4. Nah, saat proses screenshot berhasil diambil, maka akan muncul sebuah pop-up menu Aktif Pintar / Smart Capture di bagian bawah layar. Di dalam menu tersebut, silahkan ketuk [Panah Bawah] (Lihat gambar untuk lebih jelasnya).
  5. Setelah layar berhenti bergulir ke bawah, ambil lagi SS kedua kemudian tap lagi [Panah Bawah]. Lakukan hal ini secara berulang sampai batas screenshot yang ingin kalian ambil.
  6. Bila sudah selesai, silahkan klik [Simpan].
Bagaimana? Mudah bukan mengambil tangkapan cuplikan layar atau screenshot pada HP Samsung Galaxy A02, A02s atau M02 ini? Selamat mencoba dan semoga berhasil. Salam dan sampai jumpa kembali di tutorial android selanjutnya.