[November 2019] Cara sreenshot Samsung Galaxy A6, A6+, A7, A7+, A8, A8+ (2018), A10, A20, A30, A40, A50, A60, A70, A80, A90, M10, M20, M30, M40 (2019), J4, J4+, J6, J6 Plus, J7, J7+, J8, J8+.

Cara Mudah Screenshoot / Capture Screen / Tangkapan Layar HP Samsung A Series, J Series dan M Series - Screenshot atau tangkapan layar smartphone adalah aktivitas untuk mengambil informasi dari apa yang ditampilkan oleh layar ponsel menjadi sebuah gambar.

Biasanya screenshot ini dilakukan untuk menyimpan sebuah informasi penting ke dalam ponsel yang sewaktu-waktu dibutuhkan dapat dilihat kembali. Semacam rekaman, tetapi dalam bentuk gambar.

Nah, khusus pada HP Samsung yang dalam hal ini TIDAK mempunyai tombol FISIK HOME keluran terbaru, seperti A Series, J Series dan M Series sangatlah mudah untuk dilakukan. Berikut daftar A, J, M Series yang sudah tidak menggunakan tombol fisik home.
  • J Series : J4, J4+, J6, J6 Plus, J7, J7+, J8, J8+ (2018).
  • M Series : M10, M20, M30, M40.
  • A Series : A6, A6+, A7, A7+, A8, A8+ (2018), A10, A20, A30, A40, A50, A60, A70, A80, A90 (2019).
Ada dua cara yang bisa dilakukan dan keduanya tanpa memerlukan aplikasi pihak ketiga. Pertama dengan menggunakan kombinasi tombol fisik atau manual. Kedua dengan cara memanfaatkan fitur bawaan Samsung "Palm Swipe" yang sudah tersemat didalamnya.

Screenshot Kombinasi Tombol Fisik (Manual)

Tidak jauh berbeda dengan cara screenshot pada ponsel Samsung terdahulu yang masih menggunakan tombol fisik home, generasi terbaru ini (tanpa tombol fisik home) yang juga sangat mudah untuk dilakukan.
  1. Tentukan area dimana tangkapan layar akan diambil.
  2. Tekan 2 kombinasi tombol POWER + VOLUME BAWAH secara bersamaan selama kurang lebih 2 detik.
  3. Saat proses screenshot berhasil dilakukan, maka akan ada bunyi shutter atau layar berkedip.
  4. Setelah itu, silahkan periksa gallery untuk melihat hasil tangkapan layar.
Sekedar informasi, jika pada generasi terdahulu yang masih menggunakan tombol fisik home, menggunakan tombol kombinasi berupa HOME + POWER untuk mengambil tangkapan layar.

Screenshot Menggunakan Palm Swipe

Palm Swipe pada dasaranya merupakan fitur bawaan yang disematkan oleh Samsung untuk memudahkan penggunanya dalam mengambil screenshot layar ponsel. Berikut cara mengaktifkan dan menggunakan palm swipe.

1. Cara Aktifkan Palm Swipe Capture

Biasanya, secara default fitur Palm Swipe sudah aktif sejak awal saat ponsel dibeli. Tetapi jika masih belum aktif / tidak bisa difungsikan, silahkan kalian aktifkan sendiri.
  • Buka menu "Pengaturan/Settings" kemudian pilih "Advanced Features".
  • Pilih "Motion and Gestures", gulir ke bawah dan aktifkan "Palm swipe to capture".

2. Cara Menggunakan Palm Swipe Capture

  1. Silahkan pilih area dimana screenshot akan diambil.
  2. Luruskan tangan kemudian usap layar ponsel dari kanan ke kiri (lihat gambar).
  3. Saat proses capture layar berhasil dilakukan, ditandai dengan bunyi shutter atau layar berkedip.
  4. Sekali lagi untuk melihat hasil tangkapan layar, silahkan buka Gallery.
Menggunakan fitur Palm Swipe selain sangat mudah digunakan, juga akan meminimalisir terjadinya tombol cepat rusak. Jadi fitur ini merupakan salah satu fitur terbaik untuk screenshot ponsel.

Selain untuk Galaxy A, J, dan M Series, dua cara tersebut di atas juga dapat diaplikasikan untuk semua ponsel yang tidak mempunyai tombol fisik home. Seperti Galaxy S9, S9+, S10, S10+, S10e, Note 9, Note 9 Plus/Pro, Galaxy Fold dan sebagainya.
Menurut kalian, dari kedua Cara Mengambil Screenshot / Capture HP Samsung, manakah yang terbaik? Apakah cara menual dengan menggunakan tombol Home + Vol Down ataukah dengan menggunakan Fitur Palm Swipe?

Berikan pendapat kalian pada kolom komentar yang telah kami siapkan. Dan semoga informasi tersebut di atas memberikan manfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih telah berkunjung ke situs kami, salam!
Open Comments