4 Cara Screenshot Samsung Galaxy A01

Screenshot HP Samsung Galaxy A01 Dengan atau Tanpa Tombol - Mengambil screenshot atau screen capture pada smartphone Galaxy A01, pada dasarnya sama saja dengan perangkat Samsung lainnya. Baik itu antarmuka Samsung Experience ataupun OneUI berbasis Android Oreo, Pie hingga yang teranyar saat ini Android Q 10.0.

Sejauh ini, ada 4 buah metode yang bisa kalian lakukan untuk mengambil cuplikan layar pada HP Galaxy A01, yaitu menggunakan tombol fisik, tanpa tombol (palm swipe, shortcut menu asistant) dan long screenshot (scroll capture). Menariknya, fitur yang ditawarkannya ini, tidak membutuhkan install aplikasi tambahan atau dengan kata lain bisa langsung digunakan.

Samsung Galaxy A01 sendiri merupakan sekual terbaru dari keluarga New A Series yang resmi masuk pasar Indonesia akhir Februari 2020 lalu. Handset entry-level ini dibanderol dengan harga perdana Rp1,5 juta dengan menawarkan beberapa spesifikasi hardware unggulan dikelasnya.

Termasuk dual kamera belakang dengan resolusi 13MP + 2MP, ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 439 dan GPU Andreno 505 yang ditopang oleh RAM 2GB, penyimpanan internal 16GB dengan opsi perluasan hingga 512GB, layar HD+ seluas 5,7 inci, baterai 3000 mAh dan telah dijalankan oleh perangkat lunak Android 10 dibalut skin OneUI 2.0.
Nah, bagi kalian yang masih baru dalam menggunakan Samsung Galaxy A01, terutama masih awam dalam hal cara mengambil Screenshot, berikut panduan lengkapnya. Mulai dari SS menggunakan tombol fisik 2 jari, palm swipe, shortcut menu assistant sampai screenshot panjang. Semakin penasaran? Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Screenshot Samsung Galaxy A01 Tombol 2 Jari


Metode yang paling mudah digunakan untuk mengambil tangkapan layar Samsung Galaxy A01 adalah dengan menekan tombol [POWER + VOLUME BAWAH] secara bersamaan selama kurang lebih 1-2 detik.

Ketika proses SS berhasil dilakukan, maka layar akan berkedip dan diikuti oleh bunyi shutter. Pada bagian bawah layar, juga akan muncul hasil SS dengan pilihan edit.

Sayangnya, walaupun bisa digunakan secara instant, namun hal ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan dini pada tombol fisik. Nah untuk mengatasinya, kalian bisa menggunakan metode screenshot Galaxy A01 tanpa tombol berikut ini.

2. Screenshot Samsung Galaxy A01 Tanpa Tombol

Metode SS tanpa tombol, terbagi kedalam dua pilihan, pertama Palm Swipe dan kedua Shortcut Menu Asisten. Namun sebelum menggunakannya, keduanya harus diaktifkan terlebih dahulu di dalam menu pengaturan ponsel.

2.1. Palm Swipe

  1. Buka Pengaturan » [Fitur Lanjutan] » [Gerakan dan Gestur].
  2. Setlah itu, aktifkan [Usapkan telapak tangan untuk mengambil / Palm swipe to capture].
  3. Bila sudah, masuk ke area layar yang ingin di-screenshot.
  4. Luruskan telapak tangan menyerupai pedang, kemudian usap layar dari arah kanan ke kiri.
  5. Bila berhasil, ponsel akan menguluarkan bunyi shutter, diikuti layar berkedip.
  6. Terakhir, buka Gallery untuk melihat hasilnya.

2.1. Shortcut Menu Asisten

  1. Buka menu Settings » [Aksesibilitas] » [Interaksi dan Kecekatan] » lalu aktifkan [Menu Asisten].
  2. Saat menu ini aktif, disebelah kanan layar akan muncul icon menu transparan.
  3. Tahap berikutnya, pilih area yang ingin di-capture.
  4. Ketuk icon menu asisten tersebut, kemudian tap gambar layar atau Screenshot.
  5. Selesai. Buka folder Gallery untuk melihat hasilnya.

3. Screenshot Panjang / Long Samsung Galaxy A01


Sama seperti Palm Swipe dan Menu Assisten, fitur Long Screenshot atau Scroll Capture terlebih dahulu juga harus diaktifkan di aktifkan terlebih dahulu di dalam pengaturan. Bagaimana caranya, berikut langkah-langkahnya.
  1. Pertama, masuk ke menu [Settings] » [Advanced Features] » lalu aktifkan [Smart Capture].
  2. Langkah selanjutnya, cari bagian yang akan di-screenshot panjang.
  3. Setelah itu, silahkan ambil SS menggunakan salah satu metode di atas (tombol 2 jari, palm swipe atau shortcut menu asisten).
  4. Ketika proses SS berhasil dilakukan, akan muncul sebuah pop-up menu Smart capture di bagian bawah layar. Nah pada menu tersebut, ketuk [Panah Bawah] seperti yang terlihat pada gambar berikut.
  5. Saat layar telah bergulir ke bawah, ambil lagi SS kedua kemudian tap lagi [Panah Bawah]. Lakukan hal ini secara berulang sampai batas SS layar yang ingin diambil.
  6. Selesai.
Demikianlah 4 cara screenshot HP Samsung Galaxy A01 pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba dan semboga berhasil.