4 Cara Screenshot Samsung A01 / Core (Usap Layar, Panjang)

AndroLite.com - Screenshot HP Samsung Galaxy A01 / Core (2 Jari, Usap Layar, Panjang) - Mengambil screenshot atau screen capture pada smartphone Galaxy A01 maupun Galaxy A01 Core, pada dasarnya sama saja dengan perangkat Samsung lainnya. Baik itu antarmuka Samsung Experience ataupun OneUI berbasis Android Oreo, Pie, Go Edition hingga yang teranyar saat ini Android Q 10.0.

Sejauh ini, ada 4 buah metode yang bisa kalian lakukan untuk mengambil cuplikan layar pada HP Galaxy A01 / Core, yaitu menggunakan tombol fisik, tanpa tombol (palm swipe, shortcut menu asistant) dan long screenshot (scroll capture). Menariknya, fitur yang ditawarkannya ini, tidak membutuhkan install aplikasi tambahan atau dengan kata lain bisa langsung digunakan.

Samsung Galaxy A01 secara resmi masuk pasar Indonesia akhir Februari 2020, sementara Galaxy A01 Core meluncur pada pertengahan Juli 2020. Kedua handset ini merupakan smartphone entry-level sekuel terbaru dari keluarga New A Series yang masing-masing dibanderol dengan harga murah Rp1.499.000 dan Rp1.099.000.

Nah, bagi kalian yang ingin mengetahui cara mengambil screenshot baik pada Galaxy A01 maupun Galaxy A01 Core, berikut AndroLite.com sajikan tutorial lengkapnya. Mulai dari menggunakan tombol fisik 2 jari, usap layar palm swipe, shortcut menu assistant sampai screenshot panjang. Semakin penasaran? Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Screenshot Samsung Galaxy A01 / CoreTombol 2 Jari


Metode yang paling mudah digunakan untuk mengambil tangkapan layar Samsung Galaxy A01 / Core adalah dengan menekan tombol [POWER + VOLUME BAWAH] secara bersamaan selama kurang lebih 1-2 detik.

Ketika proses tangkapan layar berhasil dilakukan, maka layar akan berkedip dan diikuti oleh bunyi shutter. Pada bagian bawah layar, juga akan muncul hasil SS dengan pilihan edit.

Sayangnya, walaupun bisa digunakan secara instant, namun hal ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan dini pada tombol fisik. Nah untuk mengatasinya, kalian bisa menggunakan metode screenshot Samsung Galaxy A01 / Core tanpa tombol berikut ini.

Baca juga : Cara Mudah Screenshot Samsung Galaxy A10s

2. Screenshot Samsung Galaxy A01 / Core Tanpa Tombol

Metode SS tanpa tombol, terbagi kedalam dua pilihan, pertama Palm Swipe dan kedua Shortcut Menu Asisten. Namun sebelum menggunakannya, keduanya harus diaktifkan terlebih dahulu di dalam menu pengaturan ponsel.

2.1. Palm Swipe (Usap Layar)

  1. Buka Pengaturan » [Fitur Lanjutan] » [Gerakan dan Gestur].
  2. Setlah itu, aktifkan [Usapkan telapak tangan untuk mengambil / Palm swipe to capture].
  3. Bila sudah, masuk ke area layar yang ingin di-screenshot.
  4. Luruskan telapak tangan menyerupai pedang, kemudian usap layar dari arah kanan ke kiri.
  5. Bila berhasil, ponsel akan menguluarkan bunyi shutter, diikuti layar berkedip.
  6. Terakhir, buka Gallery untuk melihat hasilnya.

2.1. Shortcut Menu Asisten

  1. Buka menu Settings » [Aksesibilitas] » [Interaksi dan Kecekatan] » lalu aktifkan [Menu Asisten].
  2. Saat menu ini aktif, disebelah kanan layar akan muncul icon menu transparan.
  3. Tahap berikutnya, pilih area yang ingin di-capture.
  4. Ketuk icon menu asisten tersebut, kemudian tap gambar layar atau Screenshot.
  5. Selesai. Buka folder Gallery untuk melihat hasilnya.

Baca juga : Screenshot Samsung Galaxy A20s

3. Screenshot Panjang / Long Samsung Galaxy A01 / Core


Sama seperti Palm Swipe dan Menu Assisten, fitur Long Screenshot atau Scroll Capture terlebih dahulu juga harus diaktifkan di aktifkan terlebih dahulu di dalam pengaturan. Bagaimana caranya, berikut langkah-langkahnya.
  1. Pertama, masuk ke menu [Pengaturan] » [Fitur Lanjutan] » [Gerakan dan Gestur] lalu aktifkan [Aktif Pintar].
  2. Langkah selanjutnya, cari bagian yang akan di-screenshot panjang.
  3. Setelah itu, silahkan ambil screenshot menggunakan salah satu metode di atas (tombol 2 jari, palm swipe atau shortcut menu asisten).
  4. Ketika proses SS berhasil dilakukan, akan muncul sebuah pop-up menu Aktif Pintar atau Smart Capture di bagian bawah layar. Nah pada menu tersebut, ketuk [Panah Bawah] seperti yang terlihat pada gambar berikut.
  5. Saat layar telah bergulir ke bawah, ambil lagi SS kedua kemudian tap lagi [Panah Bawah]. Lakukan hal ini secara berulang sampai batas SS layar yang ingin diambil.
  6. Selesai.
Demikianlah panduan lengkap tentang 4 cara mudah mengambil screenshot HP Samsung Galaxy A01 dan A01 Core pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil.