4 Cara Screenshot Realme 6, 6i, 6s dan 6 Pro

Androlite.com : Cara Screenshot Realme 6 Series Dengan / Tanpa Tombol - Smartphone terbaru Realme 6 dan 6 Pro secara resmi meluncur pada pekan pertama Maret 2020. Kemudian beberapa bulan kemudian, vendor smartphone asal Tiongkok ini kembali meluncurkan 2 varian baru lainnya, yakni Realme 6i dan Realme 6s.

Keempat handset ini datang dengan mengenakan antarmuka anyar RealmeUI / RUI (pengganti ColorOS milik Oppo) sama seperti Realme C3 yang dirilis beberapa waktu sebelumnya. Di dalam antarmuka baru ini, Realme telah menyematkan berbagai fitur terbaru, termasuk fitur screenshot atau screen capture.

Dalam hal ini ada 4 buah opsi yang ditawarkan, pertama metode umum, yaitu menggunakan tombol fisik 2 jari, kedua tanpa tombol yang dalam hal ini usap layar (swipe 3-finger) dan smart sidebar dan terakhir long screenshot (capture panjang).

Pada dasarnya, screenshot merupakan sebuah proses untuk mengambil cuplikan layar dalam bentuk gambar untuk dijadikan sebagai dokumentasi, alat bukti, dibagikan ke sosial media dan lain sebagainya.

Nah bagi kalian pemilik HP Realme 6, 6i, 6s atau Realme 6 Pro yang masih belum mengetahui tentang bagaimana cara melakukan tangkapan cuplikan layar, berikut panduan lengkapnya. Mulai dari menggunakan tombol, tanpa tombol hingga screenshot panjang.

1. Screenshot Realme 6 Series Tombol 2 Jari


Metode pertama yang paling gampang digunakan adalah menggunakan tombol fisik 2 jari. Yaitu dengan cara menekan tombol [Power + Volume Bawah] secara bersamaan atau tekan dan tahan selama kurang lebih 2 detik.

Ketika screenshot berhasil diambil, maka layar akan berkedip diikuti bunyi shutter atau terdapat pop-up notifikasi yang didalamnya terdapat opsi untuk mengedit, share, crop dan sebagainya.

Meski cara ini mudah dan praktis digunakan, tetapi sayangnya dapat mengakibatkan kerusakan dini pada kedua tombol tersebut akibat terlalu sering digunakan. Nah, untuk solusi terbaiknya, kalian bisa menggunakan opsi tanpa tombol dan tanpa install aplikasi. Bagaimana caranya, berikut langkah-langkahnya.

Baca juga: Cara Screenshot Samsung Galaxy A01

2. Screenshot Realme 6 Series Tanpa Tombol

Sejauh ini, screenshot Realme 6, 6 Pro dan 6i tanpa tombol menawarkan dua buah pilihan. Pertama menggunakan fitur swipe 3-finger dan kedua melalui shortcut smart sidebar. Untuk kedua fitur ini, terlebih dahulu harus diaktifkan di dalam menu pengaturan. Untuk caranya, silahkan simak berikut ini.

2.1. Usap Layar 3 Jari (3-Finger Screenshot)

  1. Pertama silahkan masuk ke menu [Pengaturan].
  2. Setelah itu cari opsi [Convenience Tools] » [Gesture & Motion] lau aktifkan [3-Finger Sceenshot].
  3. Bila sudah, pilih area layar yang akan di-screenshot.
  4. Swipe layar ke bawah menggunakan 3 jari sekaligus.
  5. Untuk mengambil SS hanya pada sebagian area layar, cukup usap tiga jari, tahan, lalu arahkan sampai kebagian yang diinginkan. Lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya.
  6. Apabila SS berhasil, maka ponsel akan mengeluarkan bunyi shutter atau kedip pada layar.
  7. Untuk melihat hasilnya, silahkan buka folder gallery.

2.2. Smart Sidebar

Sama seperti screenshot 3 jari di atas, shortcut smart sidebar assistant juga harus diaktifkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Bagaimana caranya? berikut langkah-langkahnya.
  1. Buka menu [Pengaturan] > [Peralatan Kenyamanan] > aktifkan [Smart Sidebar].
  2. Bila sudah aktif, kalian tinggal masuk ke area layar yang akan di-capture.
  3. Setelah itu, geser dari arah kiri ke kanan pada bagian layar sebelah kanan untuk memunculkan Smart Sidebar.
  4. Bila sudah muncul, tap menu [Screenshot] untuk mengambil tangkapan layar.

Perlu kalian ketahui, smart sidebar assistant Realme 6, 6i, 6 Pro, selain menyediakan fitu Screenshot, juga menyediakan banyak pilihan lainnya. Seperti screen recorder (perekaman layar), file manager, pesan dan lain sebagainya.

Shortcut-shorcut tersebut bisa dengan mudah kalian atur (pindahkan), tambah atau menghapusnya.

3. Screenshot Panjang Realme 6 Series

Untuk opsi screen capture memanjang ke bawah, kalian bisa menggunakan fitur Long atau Screenshot Panjang. Cara penggunaanya juga sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Pertama, ambil SS menggunakan salah satu dari tiga metode di atas.
  2. Kemudian, tap hasil SS yang muncul di samping kiri layar.
  3. Setelah itu, pilih opsi [Long Screenshot].
  4. Gulir ke bawah sampai area yang diinginkan.
  5. Bila sudah selesai, klik [Done].

Video Screenshot Realme 6 Series


Nah itulah panduan lengkap bagaimana cara untuk mengambil Screenshot HP Realme 6, 6 Pro, 6i dan 6s pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil!