Cara Factory / Hard Reset Samsung M10 Terbaru 2024

AndroLite.com : Cara Factory / Hard Reset Samsung Galaxy M10 Terbaru 2024 - Sebagai smartphone entry-level (kelas bawah), terkadang Samsung Galaxy M10 mengalami berbagai masalah / error ringan layaknya ponsel Android pada umumnya. Diantaranya mengalami bootlop, lupa kunci pola, lambat, hang, lag, memori penyimpanan tidak mencukupi / hampir penuh, kamera gagal, aplikasi force close, sayangnya aplikasi telah berhenti dan sebagainya.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, pengguna bisa mengambil langkah melakukan factory reset atau hard reset. Mengapa demikian, karena hard/factory reset merupakan salah satu solusi terbaik untuk melakukannya. Namun lain halnya jika ponsel mengalami masalah berat seperti tidak bisa menyala / mati total, maka perlu dilakukan Flash Firmware Samsung via ODIN.

Untuk melakukan reset pada Samsung Galaxy M10, ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu melalui menu Pengaturan (factory reset) dan Recovery Mode (hard reset). Kedua metode tersebut dapat digunakan untuk semua seri / model Galaxy M10, diantaranya : SM-M105F, SM-M105FN (Global), SM-M105G, SM-M105Y, SM-M105M, SM-M307W.

Factory Reset Samsung Galaxy M10

PENTING!
Proses factory/hard reset akan menghapus semua data atau file seperti dokumen, foto, video dan aplikasi yang pernah ditambahkan pengguna. Untuk itu, sebelum melakukannya, silahkan pindahkan (BACKUP) semua data yang ada di dalam memori internal ke penyimpanan lain, seperti kartu memori (microSD), komputer, awan (cloud) atau media penyimpanan lainnya.
  1. Buka menu Settings (Pengaturan) yang ada di dalam ponsel.
  2. Gulir ke bawah dan pilih General Management (Manajemen Umum).
  3. Pilih Reset kemudian pilih Data Factory Reset (Reset Data Pabrik).
  4. Gulir lagi ke bawah kemudian tap / ketuk Reset.
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses reset selesai.
  6. Bila sudah, maka pengaturan Samsung M10 akan kembali keawal.
  7. Silahkan atur lagi sesuai keinginan. Selesai.

Hard Reset Samsung Galaxy M10

Untuk hard reset hanya bisa dilakukan melalui recovery mode. Nah, recovery mode ini sendiri dapat diakses dengan dua cara / metode. Pertama Metode Umum (perangkat dapat dimatikan) dan kedua Metode lupa kunci pola (ponsel terkunci) yang menyebabkan perangkat tidak dapat dinonaktifkan.

CARA #1 : Metode Umum

  1. Matikan perangkat hingga mati total.
  2. Tekan & tahan tombol "POWER + VOLUME ATAS".
  3. Ketika logo booting Samsung muncul, lepaskan kedua tombol tersebut.
  4. Setelah layar menampilkan "No Command", ketuk layar atau tunggu beberapa saat hingga ponsel dengan sendirinya masuk ke recovery mode.
  5. Untuk memilih menu, gunakan tombol Volume/Pengatur Suara (atas bawah).
  6. Untuk mengkonfirmasi pilhan, tekan tombol Power/Daya.

CARA #2 : Metode Lupa Kunci Pola

  1. Matikan perangkat. Caranya silahkan tekan dan tombol "POWER + VOLUME BAWAH" hingga layar ponsel BLANK.
  2. Saat layar BLANK (hitam), segera lepaskan VOLUME BAWAH & pindahkan jari ke tombol "VOLUME ATAS" dengan tetap menekan tombol "POWER". INGAT, lakukan dengan cepat karena layar blank ini hanya muncul sekitar 2 detik dan JANGAN TUNGGU sampai logo booting Samsung muncul karena proses masuk recovery bakalan gagal.
  3. Ketika layar sudah menampilkan logo booting sekitar 3 detik, silahkan lepaskan kedua tombol tersebut.
  4. Setelah layar menampilkan "No Command" dengan gambar robot Android, ketuk layar atau tunggu beberapa saat hingga ponsel dengan sendirinya masuk ke menu recovery.
  5. Sama seperti metode #1 di atas, untuk memindahkan dan memilih menu, gunakan tombol volume serta tombol power / daya.

Hard Reset Samsung M10 via Recovery Mode

Setelah ponsel sudah berada di dalam menu recovery, selanjutnya proses hard reset. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Pilih menu "WIPE DATA / FACTORY RESET".
  2. Tekan tombol "POWER" untuk konfirmasi menu pilihan.
  3. Pilih "YES" & tekan tombol POWER untuk konfirmasi.
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses hard reset selesai dilakukan.
  5. Setelah selesai, pilih "REBOOT SYSTEM NOW".
  6. Tunggu sampai ponsel menyala sempurna.
  7. Terakhir, silahkan lakukan pengaturan sesuai keinginan.
  8. Selesai.
Catatan : Selain menu recovery yang diarahkan di atas, jangan sekali-kali memilih menu lain jika tidak fungsinya tidak diketahui, karena hal tersebut dapat mengakibatkan masalah baru bagi perangkat.
Demikianlah Cara Factory/Hard Reset Samsung Galaxy M10 via Recovery Mode atau Menu Pengaturan. Jika ada kendala atau ada hal yang kurang jelas / tidak dipahami, silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih telah berkunjung & salam!