Developer Options | OEM | Unlock Bootloader Samsung A30s

Cara Munculkan Developer Options | OEM Unlocking | Unlock Bootloader Samsung Galaxy A30s - Samsung Galaxy A30s merupakan smartphone Android yang datang membawa segudang fitur unggulan dengan spesifikasi menarik. Meski begitu, terkadang pengguna ingin mendapatkan sesuatu yang lebih agar dapat memaksimalkan fitur dan performanya, yaitu dengan melakukan tweak, seperti Root, flash TWRP, install Xposed Framework dan sebagainya..

Namun sebelum melakukannya, tentu opsi OEM Unlock atau Unlock Bootloader Samsung Galaxy A30s harus diaktifkan terlebih dahulu. Dalam hal ini ada dua cara yang dapat dilakukan, pertama cara Basic, yaitu mengaktikan OEM Unlock melalui menu Opsi Pengembang yang ada di dalam menu Settings dan yang kedua Unlock Bootloader tanpa memicu KG State / RMM State Prenormal.

Berikut tahapan mengaktifkan mengaktifkan OEM Unlock atau Unlock Bootloader Samsung Galaxy A30s.

Memunculkan Developer Options Samsung A30s

Sebelum mengaktifkan opsi OEM Unlock (basic), langkah pertama yang harus dilakukan adalah memunculkan menu Developer Options terlebih dahulu. Berikut tahapannya.
  1. Buka menu Settings.
  2. Tap About Phone » Software Information.
  3. Ketuk sebanyak 7 kali pada "Build Number" sampai muncul notifikasi "Opsi pengembang telah aktif" atau pesan sejenisnya.
  4. Tekan Back 2 kali atau buka ulang menu Settings.
  5. Gulir ke bagian paling bawah, disana Anda akan melihat menu "Developer Options"

Aktifkan OEM Unlock Samsung A30s (Basic)

  1. Buka menu Developer Options didalam Settings.
  2. Aktifkan "OEM Unlocking & USB Debugging" dengan cara tap tombol toggle aktivasi di sampingnya.
  3. Konfirmasi pilihan dengan memilih "Turn On".
  4. Selesai.
Pada tahap ini, ponsel Anda sudah siap untuk di-tweak atau mem-flash via Downloading Mode untuk berbagai jenis file seperti boot.img, magisk root.zip, TWRP dan sebagainya. Tetapi apabila gagal, maka saya sarankan untuk mengaktifkan Unlock Bootloader menggunakan metode Advanced (lanjutan).

Unlock Bootloader Samsung A30s (Advanced)

Penting!
Unlock Bootloader (Advanced) akan menghapus semua data / file yang ada di dalam memori internal ponsel. Untuk itu, silahkan BACKUP atau pindahkan semua data ke penyimpanan eksternal seperti microSD, komputer dan sebagainya.
  1. Nonaktifkan HP sampai mati total.
  2. Tekan & tahan tombol VOLUME BAWAH + VOLUME ATAS.
  3. Koneksikan ponsel ke komputer via kabel USB dengan tetap menekan VOLUME BAWAH + VOLUME ATAS.
  4. Saat layar menampilkan "WARNING", tekan lalu tahan VOLUME ATAS hingga layar menampilkan "Unlock Bootloader?".
  5. Pilih "YES" dengan menekan VOLUME ATAS.
  6. Tekan POWER saat layar menampilkan pesan "The phone's bootloader is unlocked..."
  7. Tunggu sampai proses Erasing (Penghapusan) selesai.
  8. Setelah selesai, ponsel akan melakukan restart secara otomatis.
  9. Lakukan konfigurasi awal (seperti ponsel baru dibeli), namun "JANGAN" Sign in atau membuat akun Google / Samsung (skip langkah ini).
  10. Terakhir, silahkan munculkan Opsi Pengembang untuk melihat opsi OEM Unlock.
  11. Selesai.
Catatan!
Setelah selesai melakukan tweaking (root / pasang TWRP), disarankan untuk menonaktifkan kembali opsi OEM Unlock. Karena jika opsi ini selalu aktif, maka ponsel dapat dengan mudah dimasuki oleh virus / malware.

Solusi OEM Unlock Samsung A30s Tidak Ada

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan opsi OEM Unlock tidak ada / tersembunyi di dalam menu Opsi Pengembang. Diantaranya karena sistem tidak update, bug, kesalahan konfigurasi, dimasuki virus dan lain sebagainyanya. Nah, untuk memunculkannya kembali, silahkan baca Solusi OEM Unlock Tidak Ada (Hilang) Semua HP Samsung.

Metode memunculkan Developer Options, mengaktifkan OEM Unlock dan melakukan Unlock Bootloader Samsung A30s tersebut di atas, dapat diterapkan untuk semua model, termasuk SM-A307F, SM-A307FN, SM-A307G, SM-A307GN, SM-A307YN OS Android Pie 9.0 atau bahkan yang terbaru saat ini Android Q.