4 Cara Screenshot Realme 7, 7i, 7 Pro (Usap Layar, Panjang)

Androlite.com : Cara Mudah Screenshot Realme 7, 7i, 7 Pro Terbaru (Tombol 2 Jari, Tanpa Tombol Usap Layar 3 jari, Panjang, Pintasan) - Realme baru saja merilis smartphone teranyar dengan fitur canggih dan spesifikasi mereka di kuartal ketiga tahun ini dengan harga murah mulai Rp3 juta hingga Rp4 jutaan. Ponsel-ponsel tersebut tidak lain adalah Realme 7, Realme 7 Pro dan Realme 7i. Realme 7 dan 7 Pro dihadirkan untuk menyasar pangsa pasar kelas menengah (mid-range), sementara Realme 7i diperuntukan untuk kelas entry level.

Meski berbeda level, namun ketiganya telah hadir dengan antarmuka anyar RealmeUI / RUI berbasis Android Q 10.0. Didalamnya, selain telah disematkan fitur-fitur terbaru, juga terdapat fitur screenshot atau screen capture untuk menyimpan tangkapan cuplikan layar. Untuk Realme 7 Series ini sendiri, setidaknya menawarkan 4 buah pilihan. Pertama menggunakan tombol fisik 2 jari, kedua tanpa tombol usap layar 3 jari, smart sidebar dan terakhir screenshot panjang / long.

Screenshot atau yang juga dikenal dengan sebutan screen capture ini sendiri pada dasarnya adalah mengambil tangkapan cuplikan yang muncul atau tampil pada layar yang kemudian disimpan dalam bentuk gambar (tersimpan di gallery). Gambar ini tentu saja dapat dijadikan sebagai dokumentasi, alat bukti, dibagikan ke sosial media dan sebagainya.

Nah bagi kalian yang masih bingung tentang bagaimana cara mengambil screenshot pada Realme 7 Series ini, berikut AndroLite.com sajikan panduan lengkapnya. Mulai dari menggunakan tombol fisik 2 jari, tanpa tombol hingga screenshot panjang.

1. Screenshot Realme 7 Series Menggunakan Tombol 2 Jari


Cara pertama yang paling gampang dan sudah sangat sering digunakan adalah dengan menggunakan tombol fisik 2 jari. Yaitu menekan tombol [Power + Volume Bawah] secara bersamaan atau menekan dan menahannya selama kurang lebih 2 detik.

Saat proses tangkapan layar berhasil diambil, maka layar akan berkedip yang diikuti oleh bunyi shutter (suara kamera) serta terdapat preview pada sisi kiri layar yang didalamnya berisikan beberapa opsi, seperti edit, share, crop, long screenshot dan sebagainya.

Tetapi sayangnya, walaupun menggunakan tombol 2 jari ini sangat mudah dan praktis digunakan, akan tetapi dapat menyebabkan kerusakan dini pada tombol daya dan pengatur suara apabila terlalu sering digunakan. Nah, untuk mengatasinya, sebaiknya kalian gunakan metode screenshot tanpa tombol (tanpa install aplikasi).

Baca juga: 3 Cara Screenshot Vivo Y30, Y30i, Y50 (Usap Layar, Panjang)

2. Screenshot Realme 7 Series Tanpa Tombol

Sejauh ini, secara standar antarmuka Realme UI yang berjalan di dalam Realme 7, 7 Pro dan 7i hanya menawarkan 2 opsi screenshot tanpa tombol. Yaitu usap layar 3 jari atau 3-finger screenshot dan pintasan smart sidebar.

Biasanya, secara default kedua fitur ini masih belum aktif. Untuk itu kalian terlebih dahulu harus mengaktifkannya terlebih dahulu di dalam menu pengaturan. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.

2.1. Usap Layar 3 Jari (3-Finger Screenshot)

  1. Pertama buka menu [Pengaturan].
  2. Gulir kebawah kemudian cari [Peralatan Kenyamanan (Convenience Tools)] » [Gesture & Motion] lalu aktifkan [3-Finger Sceenshot].
  3. Bila sudah aktif, selanjutnya masuk ke area layar yang akan di-screenshot.
  4. Setelah itu, usap layar ke bawah menggunakan 3 jari sekaligus. Contohnya bisa kalian lihat pada gambar berikut ini.
  5. Selain itu, kalian juga bisa mengambil tangkapan layar hanya pada bagian tertentu saja. Caranya, cukup usap tiga jari, tahan, lalu arahkan sampai kebagian yang diinginkan saja. Setelah itu pilih simpan / done. (Lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya.)
  6. Saat screenshot berhasil diambil, maka ponsel akan mengeluarkan bunyi shutter, terdapat kedip pada layar dan muncul sebuah preview / cuplikan di sisi kiri layar.
  7. Untuk melihat hasilnya, silahkan kalian masuk folder gallery.

2.2. Smart Sidebar

Cara kedua yang bisa kalian gunakan untuk mengambil screen capture tanpa tombol adalah melalui fitur Smart Sidebar. Tetapi sebelum menggunakannya, kalian juga harus mengaktifkannya terlebih dahulu di dalam menu pengaturan.
  1. Buka menu [Pengaturan (Settings)] > [Peralatan Kenyamanan (Convenience Tools)] > aktifkan [Smart Sidebar].
  2. Setelah aktif, kalian tinggal masuk ke area layar yang ingin di-screenshot.
  3. Bila sudah ketemu, geser dari arah kiri ke kanan pada ikon panah / garis tipis yang ada di sebelah kanan untuk memunculkan menu pintasan Smart Sidebar.
  4. Bila sudah muncul, silahkan tap menu [Screenshot] untuk mengambil tangkapan layar.

Perlu kalian ketahui, smart sidebar assistant Realme 7, 7i, 7 Pro, selain menyediakan fitur screenshot, juga menyediakan banyak opsi lainnya. Termasuk merekam video pada layar / screen recorder, file manager, pesan dan lain sebagainya. Selain itu, kalian juga bisa mengatur, memindahkan, menambah atau menghapus pintasan yang ada didalamnya.

3. Screenshot Panjang Realme 7 Series

Selain tangkapan layar mode biasa, Realme 7, 7 Pro dan 7i juga telah memiliki fitur screenshot panjang yang berfungsi untuk mengambil dan menyimpan tangkapan layar memanjang ke bawah. Untuk cara menggunakannya, silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini:
  1. Pertama, ambil screenshot menggunakan salah satu dari tiga metode di atas (tombol 2 jari, usap layar atau smart sidebar).
  2. Setelah tangkapan layar berhasil diambil, maka akan muncul "Preview / Cuplikan" pada sisi kiri layar. Nah, silahkan kalian buka / tap preview tersebut.
  3. Setelah itu, pilih opsi [Long Screenshot].
  4. Setelah terbuka, silahkan gulir ke bawah hingga batas area yang hendak kalian screenshot panjang.
  5. Bila sudah, terakhir silahkan klik [Selesai / Done] untuk menyimpan hasilnya. Selesai.

Bagaimana? Mudah bukan mengambil tangkapan cuplikan layar pada HP Realme 7, 7i dan 7 Pro ini? Selamat mencoba dan semoga berhasil. Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa di tutorial screenshot HP Android selanjutnya. Salam!