4 Cara Screenshot Oppo A52, A72, A92 (Usap Layar, Panjang)

AndroLite.com : Cara Screenshot Oppo A52, A72 dan A92 Dengan atau Tanpa Tombol - Tidak jauh berbeda dengan smartphone Oppo pada umumnya, HP Oppo A52, A72 dan A92 juga telah dilengkapi berbagai fitur Screenshot yang berguna untuk memudahkan penggunanya dalam mengambil tangkapan cuplikan layar. Baik itu dengan menggunakan tombol fisik maupun tanpa tombol.

Dalam hal ini ada 4 metode yang bisa digunakan, diantaranya menggunakan tombol fisik 2 jari, tanpa tombol berupa Swipe 3 Jari dan Smart Sidebar, serta Long Screenshot (Panjang).

Oppo A52, A72 dan A92 sendiri merupakan handset keluaran terbaru asal perusahaan Tiongkok yang secara resmi dirilis pada awal kuartal kedua tahun 2020. Keduanya hadir untuk mengisi pasar segmen kelas menengah dan menengah atas dengan menawarkan berbagai fitur dan spesifikasi unggulan dikelasnya.

Nah, bagi kalian pengguna HP Oppo A52, A72 atau A92 yang ingin mengetahui semua fitur screenshot yang tersedia di dalam ponsel ini, berikut informasi lengkapnya yang dikemas dengan gambar lengkap, untuk membantu memudahkan dalam penerapannya.

Baca juga: 4 Cara Screenshot Oppo A12 Dengan / Tanpa Tombol

Screenshot Oppo A52, A72, A92 Tombol 2 Jari


Sama seperti smartphone android pada umumnya, salah satu cara yang paling mudah dan paling sering digunakan untuk mengambil cuplikan layar HP Oppo A92 / A72 / A52 adalah dengan menggunakan tombol hardware 2 jari.

Yaitu dengan menekan tombol "POWER + VOLUME BAWAH" secara bersamaan selama kurang lebih 1 hingga 2 detik. Bila proses SS berhasil diambil, maka layar berkedip disusul dengan bunyi shutter serta muncul pop-up gambar thumbnail pada sisi kiri layar.

Untuk hasil screenshot sendiri akan tersimpan secara otomatis di dalam menu Gallery > Screenshot. Sayangnya, walaupun metode ini sangat mudah dipakai, akan tetapi dapat menyebabkan kerusakan dini pada kedua tombol jika terlalu sering digunakan.

Nah, untuk mengatasinya, kalian dapat menggunakan metode tanpa tombol (tanpa install aplikasi tambahan). Dalam hal ini ada dua opsi yang tersedia, yaitu Swipe 3 Jari (3-Finger Screenshot) dan memanfaatkan fitur Smart Sidebar.

Baca juga: 5 Cara Screenshot Redmi 8, 8A, 8A PRO Dengan / Tanpa Tombol

Screenshot Oppo A52 / A72 / A92 Tanpa Tombol

Screen capture 3-Finger Screenshot dan Smart Sidebar yang ditawarkan oleh Oppo A92, A72 atau A52 ini bisa dikatakan merupakan fitur tersembunyi bawaan perangkat lunak ColorOS 7.1.

Untuk itu, sebelum menggunakannya, keduanya harus diaktifkan terlebih dahulu di dalam menu pengaturan. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.

Swipe 3 Jari (3-Finger Screenshot)

  1. Pertama, silahkan masuk ke menu "Settings" » "Convenience Tool" » "Gesture & Motion".
  2. Setelah itu, aktifkan [3-Finger Sceenshot] dengan cara menekan tombol aktivasi yang ada disampingnya.
  3. Setelah aktif, kalian bisa langsung menggunakannya. Caranya, silahkan usap layar ke arah bawah menggunakan 3 jari sekaligus.
  4. Saat capture layar berhasil diambil, maka layar akan berkedip dan terdengar bunyi shutter.
  5. Hasil SS biasanya langsung mucul di layar dan secara otomatis akan tersimpan di dalam Gallery.

Selain layar penuh, Oppo A52 / A72 / A92 juga telah menyediakan opsi tambahan pada fitur Swipe 3 jari, yaitu 'screenshot crop'. Fitur ini berfungsi untuk mengambil cuplikan hanya sebagian layar. Contohnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Nah, untuk menggunakannya, kalian cukup mengusap layar menggunakan 3 jari, kemudian tahan geser ke bagian area yang diinginkan.

Baca juga: 5 Cara Screenshot HP Oppo A31 Dengan / Tanpa Tombol

Screenshot via Smart Sidebar


Sama seperti 3-Finger Screenshot di atas, fitur Smart Sidebar ini juga harus diaktifkan terlebih dahulu di dalam menu settings. Nah untuk cara mengaktifkan dan penggunaannya, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.
  1. Buka menu [Settings] » [Convenience Aid]
  2. Aktifkan [Smart Sidebar] dengan cara menekan tombol aktivasi di samping kanannya.
  3. Selanjutnya, masuk ke area layar yang ingin di capture.
  4. Geser icon panah kecil yang ada di samping kanan layar untuk memunculkan 'Smart Sidebar'.
  5. Tap icon "Screenshot" untuk mengambil cuplikan layar.
  6. Selesai, cek gallery untuk melihat hasilnya.

Long Screenshot (Panjang) Oppo A52, A72 dan A92

Tidak jauh berbeda dengan metode long screenshot Samsung Galaxy A31, Oppo A92 / A52 / A72 juga dibekali fitur ini guna mengambil cuplikan layar secara memanjang ke bawah.

Untuk cara penggunaannya sendiri, silahkan lihat panduannya berikut ini.
  1. Pertama silahkan capture layar menggunakan salah satu dari 3 metode screenshot di atas.
  2. Setelah SS berhasil diambil, tap gambar kecil yang muncul di sudut kiri bawah layar.
  3. Di dalamnya, ketuk opsi [Long Screenshot].
  4. Gulir ke bawah sampai batas konten yang ingin di-long screenshot.
  5. Jika sudah sampai, tap [Done / Selesai].
  6. Periksa Gallery untuk melihat hasilnya.
  7. Selesai.

Demikianlah panduan lengkap tentang bagaimana cara ambil screenshot HP Oppo A52, A72 atau A92 menggunakan tombol hardware 2 jari, usap layar 3 jari, smart sidebar dan screenshot panjang pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan, Salam!