3 Cara Screenshot Vivo Y30, Y30i, Y50 (Usap Layar, Panjang)

AndroLite.com : Cara Mudah Screenshot HP Vivo Y30, Y30i dan Y50 Dengan atau Tanpa Tombol Fisik (Usap Layar, Panjang) - Berbekal spesifikasi unggulan di kelasnya, Vivo secara resmi meluncurkan trio smartphone anyarnya Vivo Y30, Y30i dan Y50 di Indonesia.

Ketiganya merupakan generasi terbaru dari keluarga Y Series yang diperuntukan untuk menyasar pangsa pasar kelas menengah yang dipatok dengan harga cukup terjangkau. Untuk Vivo Y30 dijual seharga mulai Rp2.799.000, Vivo Y30i Rp2.499.000 dan Vivo Y50 dengan banderol harga Rp3.499.000.

Baik Vivo Y30, Y30i dan Y50, saat pertama kali meluncur telah menjalankan Sistem Operasi Android Q 10 yang dibungkus dengan balutan antarmuka Funtouch 10. Di dalamnya, selain dibekali berbagai fitur-fitur canggih, juga dilengkapi fitur screenshot untuk memudahkan penggunanya dalam mengambil tangkapan cuplikan layar.

Dalam hal ini, ada 3 pilihan yang disediakan, pertama cara klasik yakni menggunakan tombol hardware 2 jari, kedua usap layar (swipe layar 3 jari) dan yang ketiga screenshot panjang yang berfungsi untuk mengambil cuplikan layar secara memanjang ke bawah.

Nah, bagi kalian yang belum akrab atau masih bingung untuk mengambil tangkapan layar pada HP Vivo Y30, Y30i atau Y50 ini, berikut Androlite.com sajikan panduan lengkapnya yang disertakan dengan gambar lengkap untuk memudahkan dalam mempraktekkannya.


1. Screenshot Vivo Y30, Y30i dan Y50 Tombol 2 Jari

Cara klasik yang paling gampang digunakan untuk mengambil tangkapan layar pada HP Vivo Y30, Y30i dan Y50 adalah menggunakan tombol fisik 2 jari. Yaitu menekan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan atau menahannya selama kurang lebih 2 detik.
Saat cuplikan tangkapan berhasil diambil, maka layar akan berkedip dan mengeluarkan bunyi shutter (bunyi kamera). Untuk melihat hasil screenshot, kalian bisa langsung masuk ke menu Gallery atau folder pengelolaan file.

Sayangnya, meski cara ini sangat gampang digunakan, akan tetapi memiliki dampak buruk tersendiri pada kedua tombol fisik. Yakni dapat menyebabkan kerusakan dini apabila terlalu sering digunakan. Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya kalian pakai cara lain, yaitu screenshot tanpa tombol usap / swipe layar 3 Jari.

Baca juga : 4 Cara Screenshot Realme 6, 6i, 6s dan 6 Pro

2. Screenshot Usap Layar 3 Jari Vivo Y30, Y30i dan Y50 (Tanpa Tombol)

Tidak jauh berbeda dengan smartphone android pada umumnya, ketiga seri ponsel besutan Vivo ini juga telah dibekali fitur screenshot 3 jari (3-finger screenshot). Fitur ini akan sangat membantu dan memudahkan penggunanya dalam mengambil tangkapan cuplikan layar hanya dengan mengusap layar menggunakan 3 jari.

Tetapi karena secara default fitur screenshot 3 jari ini belum aktif, untuk itu kalian harus mengaktifkkannya terlebih dahulu di dalam menu pengaturan / settings. Untuk panduan cara mengaktifkan dan penggunaannya, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, silahkan masuk ke menu "Pengaturan (Settings)" kemudian buka "Pengelolaan Sistem".
  2. Selanjutnya, pilih "Tangkapan Layar Super" kemudian aktifkan opsi "Geser ke bawah menggunakan tiga jari untuk mengambil tangkapan layar".
  3. Bila sudah aktif, kalian bisa langsung menggunakannya dengan cara silahkan usap layar dari atas ke bawah menggunakan 3 jari sekaligus. Contohnya bisa kalian lihat pada gambar simulasi berikut ini.
  4. Seperti biasanya, layar ponsel Vivo Y30, Y30i atau Y50 akan berkedip diikuti bunyi shutter ketika tangkapan layar berhasil dilakukan.
  5. Untuk melihat hasilnya, silahkan bukan menu Gallery atau Pengelolaan file.

Baca juga : 4 Cara Screenshot Oppo A52, A72, A92 (Usap Layar, Panjang)

3. Screenshot Panjang Vivo Y30, Y30i dan Y50

Selain dua cara screenshot di atas Vivo Y30, Y30i dan Y50 juga telah memiliki fitur untuk mengambil tangkapan layar memanjang kebawah, atau dengan kata lain "Long Screenshot".

Nah, karena fitur ini adalah bawaan dari Vivo Y30, Y30i dan Y50, jadi kalian bisa langsung menggunakannya dan tidak perlu lagi memasang / menginstall aplikasi tambahan.

Tetapi, sebelum itu kalian harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu di dalam menu pengaturan. Sama seperti fitur 3-finger screenshot di atas.

  1. Pertama, buka menu "Pengaturan (Settings)" kemudian masuk ke "Pengelolaan Sistem".
  2. Pilih "Tangkapan Layar Super" kemudian aktifkan opsi "Jendela gambar melayang".
  3. Bila sudah aktif, selanjutnya silahkan ambil screenshot menggunakan salah satu dari 2 metode di atas (tombol 2 jari atau usap layar 3 jari).
  4. Setelah screenshot berhasil diambil, tepat di sudut kiri bawah layar akan muncul sebuah cuplikan. Nah, di bawah dari cuplikan tersebut, silahkan tap opsi "Tangkapan Layar Panjang".
  5. Gulir ke bawah hingga batas area yang ingin di-screenshot panjang, lalu pilih opsi "Selesai / Simpan" jika sudah mencapai batas area yang akan diambil.
  6. Sekali lagi, untuk melihat hasilnya, silahkan masuk ke menu gallery atau pengelolaan file.

Bagaimana? Mudah bukan? Nah, itulah tutorial lengkap tentang bagaimana cara mengambil Screenshot HP Vivo Y30, Y30i dan Y50 pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca juga : 5 Cara Screenshot Xiaomi Redmi Note 9 / Note 9 Pro