4 Cara Screenshot Samsung M51 (Usap Layar, Panjang)

AndroLite.com - Sama seperti kebanyakan HP Samsung pada umumnya, smartphone keluaran terbaru Samsung Galaxy M51 juga telah dibekali berbagai fitur untuk memudahkan penggunanya dalam mengambil tangkapan cuplikan layar atau yang lebih dikenal dengan istilah Screenshot atau Screen Capture.

Pada Samsung Galaxy M51, setidaknya menawarkan 4 (empat) buah cara. Yaitu dengan meggunakan tombol hardware 2 jari, usap layar (palm swipe), melalui menu asisten dan screenshot panjang atau long. Menariknya, dari keempat fitur yang ditawarkannya tersebut, tidak satupun diantaranya memerlukan aplikasi tambahan atau sudah menjadi bawaannya.

Samsung Galaxy M51 sendiri merupakan ponsel kelas menengah yang resmi masuk ke Indonesia pada bulan Oktober 2020 lalu yang dibanderol dengan harga perdana senilai Rp5.499.000. Ponsel ini datang dengan menawarkan berbagai fitur terbaru serta spesifikasi yang lebih mempuni dibandingkan Galaxy M Series lainnya.

Diantaranya dibekali panel Super AMOLED Plus 6,7 inci FHD+, ditenagai chipset Qualcomm SDM730 Snapdragon 730G (8 nm), RAM 6GB atau 8GB yang dikombinasikan dengan internal storage 128GB, quad kamera belakang (64+12+5+5 MP) dengan kamera selfie 32 MP, baterai super jumbo 7000 mAh dan sebagainya.

Nah, bagi kalian yang telah memiliki HP Samsung M51 ini tetapi masih bingung tentang bagaimana cara mengambil Screenshot untuk disimpan ke gallery, berikut ini kami sajikan tutorial lengkapnya. Mulai dari metode klasik dengan menggunakan tombol hardware 2 jari, tanpa tombol (usap layar dan menu asisten) hingga screenshot panjang (long).

Baca juga: 4 Cara Screenshot Samsung Galaxy M11 dan M21

1. Cara Screenshot Samsung Galaxy M51 Menggunakan Tombol

Cara pertama yang paling sering digunakan untuk mengambil screenshot pada HP Samsung, khususnya Galaxy M51 adalah menggunakan tombol hardware kombinasi 2 jari. Yaitu dengan menekan tombol VOLUME BAWAH + DAYA secara bersamaan atau menahannya selama kurang lebih 2 detik.

Sesaat setelah screenshot berhasil di ambil, maka layar akan berkedip disusul adanya bunyi shutter / kamera. Hasil SS tersebut secara otomatis akan tersimpan di Gallery dan untuk melihat hasilnya, kalian bisa langsung langsung masuk ke folder Gallery > Screenshot.

Sayangnya, meski cara klasik ini paling praktis digunakan, akan tetapi dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan dini pada tombol Power dan Pengatur Suara bawah apabila terlalu sering digunakan. Nah untuk mengatasinya, kalian bisa menggunakan cara lain, yakni screenshot tanpa tombol.

Baca juga: 5 Cara Screenshot POCO X3 (2 Jari, Usap Layar, Panjang)

2. Cara Screenshot Samsung Galaxy M51 Tanpa Tombol

Tangkapan cuplikan layar pada HP Samsung Galaxy M51 terbagi kedalam dua metode. Pertama dengan mengusapkan telapak tangan atau yang lebih dikenal dengan istilah Palm Swipe (usap layar) dan kedua melalu Shortcut Menu Asistant.

Tetapi sebelum menggunakan kedua metode tersebut, kalian harus mengaktifkannya terlebih dahulu di dalam menu pengaturan. Sebab secara standar kedua fitur tersebut masih belum aktif. Nah untuk mengaktifkan serta bagaiamana cara menggunakannya, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

2.1. Palm Swipe (Usap Layar)

  1. Pertama, masuk ke menu Pengaturan » [Fitur Lanjutan] » [Gerakan dan Gestur] (lihat gambar untuk lebih jelasnya).
  2. Bila sudah, silahkan aktifkan [Palm swipe to capture] dengan cara menekan tombol aktivasi yang ada di samping kanan tulisan "Aktif".
  3. Bila sudah aktif, kalian sudah bisa langsung menggunakannya. Caranya cukup, luruskan tangan lalu usap layar dari arah kanan ke kiri (lihat gambar).
  4. Sama seperti metode klasik di atas, saat proses SS berhasil dilakukan, maka layar akan berkedip dan akan terdengar bunyi bunyi shutter serta hasilnya sendiri bisa dilihat di dalam menu gallery.

  1. Pertama, silahkan masuk ke menu Pengaturan » [Aksesibilitas] » [Interaksi dan Kecekatan] kemudian aktifkan [Menu Asisten].
  2. Sesaat setelah fitur ini aktif, maka akan muncul sebuah ikon menu kecil transparan di sebelah kanan layar.
  3. Untuk menggunakannya mengambil screen capture, silahkan ketuk menu tersebut kemudian pilih [Screenshot / Gambar Layar] seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.
  4. Selesai. Silahkan masuk ke menu Gallery untuk melihat hasilnya.

Baca juga: 4 Cara Screenshot Realme 7, 7i, 7 Pro (Usap Layar, Panjang)

3. Cara Screenshot Panjang (Long) Samsung M51

Sama seperti kebanyakan smartphone Android pada umumnya, didalam perangkat lunak Samsung Galaxy M51 juga telah ditanamkan fitur screenshot panjang atau long, yaitu sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil cuplikan layar secara memanjang ke bawah. Contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini.
Nah untuk menggunakan fitur screenshot panjang ini, caranya sangatlah mudah dan bahkan tidak membutuhkan aplikasi tambahan (pihak ketiga) karena ini adalah fitur bawaan / standar yang hampir telah dimiliki semua ponsel Samsung, termasuk Galaxy M51 ini. Lantas bagaimana cara mengaktifkan dan menggunakannya? Berikut langkah-langkahnya.
  1. Buka menu [Pengaturan / Settings] » [Fitur Lanjutan / Advanced Features] » lalu aktifkan [Aktif Pintar / Smart Capture].
  2. Setelah aktif, langkah selanjutnya silahkan masuk ke area yang akan discreenshot panjang.
  3. Setelah itu, silahkan ambil screenshot menggunakan salah satu metode yang di atas, baik menggunakan tombol 2 jari, usap layar, ataupun melalui menu asistant.
  4. Saat tangkapan layar berhasil diambil, maka akan muncul sebuah kotak dialog kecil (Aktif Pintar / Smart capture) di bawah layar. Nah di dalam kotak tersebut, silahkan tap ikon [Panah Bawah] seperti yang terlihat pada gambar ini.
  5. Saat ikon panah tersebut diketuk, maka layar akan bergulir sekali. Untuk mengambil SS lebih panjang, silahkan tap ikon panah tersebut secara berulang-ulang hingga batas area yang ingin kalian capture.
  6. Hasilnya sendiri akan terlihat pada preview yang ada di samping kiri layar dan secara otomatis akan tersimpan ke dalam folder gallery. Selesai.

Sekedar informasi tambahan, di dalam fitur "Smart Capture" Samsung Galaxy M51, selain terdapat fitur untuk mengambil screenshot panjang, juga terdapat pilihan lainnya. Termasuk "Crop" yang berfungsi untuk memotong screenshot, "Edit" untuk mengedit hasil tangkapan serta "Share" untuk membagikannya ke sosial media.

Baca juga: 4 Cara Screenshot Samsung A31 Tanpa Tombol, Tanpa Aplikasi

Bagaimana mudah bukan? Nah, itulah tutorial lengkap tentang bagaimana cara mengambil screenshot HP Samsung Galaxy M51 baik menggunakan tombol, tanpa tombol serta long screenshot pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkannya. Terima kasih telah berkunjung, Salam!