5 Cara Screenshot Redmi 9 (Mudah, Cepat, Tanpa Aplikasi)

AndroLite.com : Cara Mudah Screenshot HP Xiaomi Redmi 9 (Dengan atau Tanpa Tombol) - Hanya berselang beberapa pekan setelah peluncuran duo Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro di Indonesia, Xiaomi pun kembali menghadirkan ponsel varian murah dari keluarga Redmi series yang tidak lain adalah Redmi 9.

Ponsel ini merupakan penerus dari Redmi 8, namun telah banyak mengalami perubahan dan peningkatan. Mulai dari segi desain, layar, chipset, kamera, baterai hingga fitur-fiturnya. Untuk harganya sendiri, Redmi 9 dipatok seharga Rp1.799.000 untuk varian RAM 3GB/32GB dan Rp1.999.000 untuk model RAM 4GB/64GB.

Selengkapnya : Spesifikasi Lengkap dan Harga Terbaru Xiaomi Redmi 9

Sejak dirilis untuk pertama kalinya, Redmi 9 telah menjalankan perangkat lunak Android Q 10 dengan lapisan antarmuka / ROM MIUI 12. Di dalamnya, selain dibekali berbagai fitur-fitur baru, segudang optimasi peningkatan performa, juga dilengkapi berbagai fitur screenshot untuk memudahkan penggunanya dalam mengambil tangkapan cuplikan layar.

Tidak tanggung-tanggung, ada 5 opsi yang ditawarkannya, yaitu metode klasik tombol hardware 2 jari, tanpa tombol berupa usap layar (swipe layar 3 jari), shorcut bar notifikasi, bola pintasan dan sebuah fitur untuk mengambil screenshot panjang atau long capture.

Nah, bagi kalian yang belum begitu akrab atau masih bingung untuk mengambil tangkapan cuplikan layar pada HP Xiaomi Redmi 9 ini, berikut Androlite.com sajikan tutorial lengkapnya yang disertakan dengan gambar lengkap sehingga memudahkan kalian untuk mempraktekkannya.


1. Screenshot Redmi 9 Menggunakan Tombol

Salah satu cara yang paling mudah untuk kalian gunakan untuk menyimpan tangkapan cuplikan layar Redmi 9 adalah dengan menggunakan metode klasik tombol fisik 2 jari. Yaitu dengan menekan tombol VOLUME BAWAH + POWER secara bersamaan atau menahan kedua tombol tersebut selama kurang lebih 2 detik.
Saat screenshot berhasil diambil, biasanya layar akan berkedip dan mengeluarkan bunyi shutter (bunyi kamera). Selain itu, pada bagian sudut kiri atas layar akan muncul sebuah preview berupa gambar thumbnail. Untuk melihat hasilnya, kalian bisa langsung membuka preview tersebut atau bisa juga melihatnya di dalam menu Gallery > Screenshot.

Walaupun metode ini sangat mudah dan praktis digunakan, tetapi sayangnya cara ini dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan dini pada tombol fisik pengatur suara dan tombol daya apabila terlalu sering digunakan. Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya kalian cara lain, yaitu Screenshot Tanpa Menggunakan Tombol.

Baca juga : 4 Cara Screenshot Realme 6, 6i, 6s dan 6 Pro

2. Cara Screenshot Redmi 9 Tanpa Tombol

Pada smartphone Redmi 9, telah disediakan berbagai fitur untuk mengambil screen capture yang tidak melibatkan tombol apapun. Diantaranya ada fitur usap layar (3-finger screenshot), melalui bar notifikasi dan bola pintas.

Tetapi sebelum menggunakannya, dua dari fitur tersebut harus diaktifkan terlebih dahulu di dalam menu pengaturan. Untuk panduan dan cara penggunaannya, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

2.1. Usap Layar (Swipe 3 Jari)

  1. Buka menu "Pengaturan (Settings)".
  2. Navigasikan ke Setelan Tambahan (Additional Settings) > Pintasan Tombol (Button Shortcut) > Ambil Screenshot (Take Screenshot).

  3. Untuk mengaktifkannya, langsung saja tap "Geser Kebawah dng 3 Jari".
  4. Bila sudah aktif, kamu bisa langsung menggunakannya. Caranya silahkan usap layar dari atas ke bawah menggunakan 3 jari sekaligus.
  5. Seperti biasanya, layar ponsel akan berkedip dan mengeluarkan bunyi shutter ketika capture layar berhasil dilakukan.

2.2. Bar Notifikasi

  1. Pilih area yang hendak di-capture.
  2. Setelah itu, usap kebawah pada Bar Nofitikasi atau menu Drop Down yang ada di bagian atas layar.
  3. Selanjutnya, tap icon "Gunting" bertuliskan Screenshot / Tangkap Layar dibawahnya.
  4. Layar akan berkedip dan mengeluarkan bunyi shutter ketika SS berhasil diambil.
  5. Hasil tangkapan akan muncul di sudut kanan atas layar dan secara otomatis akan tersimpan di Gallery.

Baca juga : 5 Cara Screenshot Redmi 8, 8A, 8A PRO Tanpa Tombol

2.3. Bola Pintas (Quick Ball)

Tidak jauh berbeda dengan metode Swipe 3 Jari di atas, fitur bola pintasan juga harus diaktifkan terlebih dahulu sebelum mulai menggunakannya. Nah untuk mengaktifkannya, silahkan masuk ke menu Pengaturan > Pengaturan Tambahan > Bola Pintas > lalu tekan toggle aktivasi pada Hidupkan Bola Pintas menjadi On.

Ketika fitur Quick Ball aktif, maka akan muncul sebuah Garis Tipis Kecil Melengkung di samping kanan layar. Untuk cara penggunaannya, cukup masuk tentukan area layar yang ingin di-capture, setelah itu, usap ke kanan pada garis tipis tersebut hingga muncul bola pintasan. Di dalamnya, silahkan pilih ikon Gunting untuk memulai mengambil screenshot.

Baca juga : 4 Cara Screenshot Oppo A52, A72, A92 (Usap Layar, Panjang)

3. Screenshot Panjang Redmi 9

Selain metode-metode yang telah dijelaskan di atas, Xiaomi Redmi 9 juga telah dilengkapi fitur untuk mengambil capture layar memanjang kebawah, atau dengan kata lain "Long Screenshot". Karena fitur ini adalah bawaan dari Redmi 9, jadi kalian bisa langsung menggunakannya dan tidak perlu lagi memasang / menginstall aplikasi tambahan.

  1. Pertama, ambil screenshot menggunakan salah satu dari 4 metode di atas (tombol 2 jari atau tanpa tombol).
  2. Jika telah muncul sebuah cuplikan screenshot di sudut kanan atas layar, silahkan tap "Scroll / Gulir".
  3. Sesaat setelah tulisan Scroll / Gulir di-tap, maka layar dengan sendirinya akan bergulir kebawah.
  4. Setelah area layar yang di-Screenshot Panjang telah mencapai batas, silahkan tap opsi "Done / Selesai".
  5. Terakhir, pilih "Simpan" agar hasilnya bisa tersimpan di gallery.

Bagaimana? Mudah bukan? Nah, itulah tutorial lengkap tentang bagaimana cara ambil Screenshot HP Xiaomi Redmi 9 pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca juga : 5 Cara Screenshot Xiaomi Redmi Note 9 / Note 9 Pro