5 Cara Screenshot POCO X3 NFC (2 Jari, Usap Layar, Panjang)

AndroLite.com - Artikel pada kesempatan kali ini, akan membahas secara lengkap tentang bagaimana cara mengambil Screenshot pada HP Xiaomi Poco X3. Pada dasarnya, untuk mengambil tangkapan cuplikan layar pada HP Poco X3 ini proses atau caranya sama saja atau tidak jauh berbeda dengan HP Xiaomi pada umumnya.

Seperti screenshot pada HP Redmi Note 9 Series, Redmi 9 Series, dan lain sebagainya, baik yang masih menjalankan sistem operasi Android 8 (Oreo), 9 (Pie) hingga yang terbaru saat ini Android Q 10. Yakni dengan menggunakan tombol fisik 2 jari, tanpa tombol berupa Usap Layar 3 Jari, bar notifikasi dan Bola Pintas serta Screenshot Panjang.

Poco X3 atau yang juga dikenal sebagai Pocophone X3 ini merupakan smartphone kelas menengah yang resmi meluncur pada pertengahan Oktober 2020. Banyak kalangan yang menilai bahwa Poco X3 adalah smartphone mid-range killer, karena selain banderol harganya yang sangat murah, juga dibekali spesifikasi mempuni yang bahkan jauh lebih tinggi dan terbaru dibandingkan para kompetitornya.

Seperti mengandalkan chipset Qualcomm SM7150-AC Snapdragon 732G (8 nm) sebagai prosessornya, layar 6,67 inci jenis IPS LCD dengan fitur refresh rate 120Hz, Quad kamera belakang dengan lensa utama 64 megapiksel, baterai jumbo 5160 mAh yang didukung fitur fastcharging 33 Watt (100% in 65 min), bodi berlapis pelindung anti gores Corning Gorilla Glass 5 dan dibekali fitur IP53 splash-proof serta masih banyak lagi.

Di Indonesia sendiri, Poco X3 dibanderol dengan harga murah meriah, yakni Rp3.099.000 untuk varian RAM 6GB + Storage 64GB dan Rp3.499.000 untuk model tertinggi RAM 8GB dengan penyimpanan internal 128GB.

Nah, bagi kalian pengguna ponsel Xiaomi Poco X3 yang sedang mencari tau tentang bagaimana cara mengambil tangkapan layar untuk disimpan ke gallery, berikut Androlite.com sajikan informasi lengkapnya. Mulai dari menggunakan tombol fisik 2 jari, tanpa tombol seperti usap layar 3 jari, bar notifikasi, melalui bola pintas hingga screenshot panjang atau long.


1. Cara Screenshot Poco X3 Menggunakan Tombol 2 Jari

Cara yang paling mudah dan praktis untuk mengambil screenshot Poco X3 adalah menggunakan tombol hardware / fisik 2 jari. Yaitu dengan menekan tombol VOLUME BAWAH + POWER secara bersamaan atau menahannya selama kurang lebih 2 detik. Contonya seperti gambar di bawah ini.
Nah, ketika screenshot berhasil dilakukan, maka layar ponsel akan berkedip yang diikuti oleh bunyi shutter (bunyi kamera). Selain itu, juga akan muncul sebuah cuplikan berupa gambar kecil pada bagian sudut kanan atas layar. Untuk melihat hasilnya secara langsung, silahkan tap cuplikan tersebut.

Meski cara klasik di atas sangat mudah dan praktis digunakan, tetapi sayangnya dapat mengakibatkan kerusakan dini pada kedua tombol bila terlalu sering digunakan. Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, kalian bisa menggunakan cara lain, yakni Screenshot Tanpa Tombol.

Baca juga : 5 Cara Screenshot Xiaomi Redmi Note 9 / Note 9 Pro

2. Cara Screenshot Poco X3 Tanpa Tombol

Pada HP Poco X3 yang saat pertama kali meluncur telah menjalankan ROM MIUI 12 berbasis Android Q 10.0, telah menyediakan 3 fitur screen capture tanpa tombol apapun. Yaitu usap layar 3 jari (3-finger screenshot), melalui bar notifikasi dan bola pintas.

Tetapi sebelum menggunakan dua dari tiga fitur tersebut, kalian terlebih dahulu harus mengaktifkannya di dalam menu pengaturan / settings. Untuk panduan serta bagaimana cara menggunakannya, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

2.1. Usap Layar 3 Jari (3-Finger Screenshot)

  1. Pertama, silahkan masuk ke menu "Pengaturan (Settings)" > Setelan Tambahan (Additional Settings) > Pintasan Tombol (Button Shortcut) > Ambil Screenshot (Take Screenshot).
  2. Selanjutnya silahkan pilih opsi "Geser Kebawah dng 3 Jari".
  3. Setelah aktif, silahkan coba ambil screenshot dengan cara mengusap layar dari atas ke bawah menggunakan 3 jari sekaligus seperti yang terlihat pada gambar berikut.
  4. Ketika proses SS berhasil dilakukan, maka layar ponsel akan berkedip serta mengeluarkan bunyi shutter.

2.2. Bola Pintas (Quick Ball)

Sama seperti metode usap layar 3 Jari di atas, fitur bola pintas juga harus diaktifkan terlebih dahulu di dalam menu pengaturan. Untuk caranya mengaktifkannya, silahkan buka menu Pengaturan > Pengaturan Tambahan > Bola Pintas > lalu aktifkan pada opsi Hidupkan Bola Pintas.Setelah aktif, pada samping kanan layar akan muncul sebuah Garis Tipis Kecil Melengkung. Silahkan buka garis tipis tersebut sampai muncul menu bola pintas. Untuk penggunannya, kalian tinggal memilih ikon Gunting untuk memulai mengambil screenshot.

Baca juga : 5 Cara Screenshot Redmi 9 / 9A / 9C (Tanpa Tombol, Panjang)

2.3. Bar Notifikasi

Berbeda dengan dua cara screenshot tanpa tombol di atas, metode bar notifikasi ini tidak perlu diaktifkan terlebih dahulu karena secara default sudah tersedia pada menu bar notifkasi.

Nah untuk menggunakannya silahkan masuk ke area yang ingin di-capture kemudian lanjutkan dengan mengusap kebawah pada Bar Nofitikasi atau menu Drop Down yang ada di bagian atas layar. Setelah itu, silahkan pilih ikon "Gunting" bertuliskan Screenshot / Tangkap Layar dibawahnya.

3. Screenshot Panjang Poco X3

Selain 4 cara di atas, Xiaomi Poco X3 juga sudah dilengkapi fitur long screenshot atau tangkapan layar memanjang kebawah. Fitur ini sendiri merupakan fitur bawaan yang tidak memerlukan lagi aplikasi tambahan. Nah, bagaimana cara menggunakannya? Berikut caranya.

  1. Pertama, silahkan ambil screenshot menggunakan salah satu dari 4 metode di atas (tombol 2 jari atau tanpa tombol).
  2. Setelah muncul sebuah cuplikan SS di sudut kanan atas layar, silahkan pilih opsi "Scroll / Gulir".
  3. Setelah tulisan Scroll / Gulir kalian pilih, maka layar dengan sendirinya akan bergulir kebawah.
  4. Bila area yang ingin kalian Screenshot Panjang sudah mencapai batasnya, silahkan tap opsi "Done / Selesai".
  5. Terakhir, silahkan pilih "Simpan". Selesai.

Selain cara-cara yang telah dijelaskan di atas, sebenarnya masih banyak lagi metode lain yang bisa kalian gunakan untuk mengambil screenshot pada HP Pocophone X3 ini. Hanya saja pada kesempatan kali ini AndroLite hanya memberikan metode yang paling mudah digunakan yang secara standar sudah tersedia di dalamnya. Atau dengan kata lain tanpa bantuan aplikasi tambahan / pihak ketiga.

Nah, itulah tutorial lengkap tentang bagaimana cara mudah dan cepat mengambil tangkapan cuplikan layar pada ponsel Xiaomi Poco X3 pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih telah berkunjung, Salam!

Baca juga : 5 Cara Screenshot Redmi 8, 8A, 8A PRO Tanpa Tombol