5 Cara Screenshot Redmi 8, 8A, 8A PRO Tanpa Tombol

Screenshot Redmi 8A / 8A Pro Tombol Fisik, Panjang, Usap 3 Jari, Notifikasi dan Bola Pintasan - Sama seperti HP Xiaomi lainnya, tiga ponsel jajaran entry-level Xiaomi lainnya, yakni Redmi 8, 8A dan 8A Pro juga menyediakan beberapa fitur untuk mengambil Screenshot atau tangkapan cuplikan layar.

Dalam hal ini setidaknya ada 5 pilihan yang bisa anda gunakan. Pertama menggunakan tombol fisik pengatur suara bawah dan daya, kedua tanpa tombol 3 jari, ketiga tanpa tombol shortcut notifikasi, keempat bola pintasan dan terakhir screenshot panjang (long capture).

Screenshot sendiri pada dasarnya merupakan sebuah proses untuk mengambil dan menyimpan cuplikan layar ke gallery untuk dijadikan sebagai bahan dokumentasi, alat bukti (seperti pembayaran), dibagikan ke media sosial, bahan tutorial dan lain sebagainya.

Nah, bagi anda yang ingin mengetahui tentang bagaimana cara mengambil screen capture pada HP Xiaomi Redmi 8 / 8A / 8A PRO, berikut tutorialnya yang dilengkapi dengan gambar.

Baca juga : Cara Unlock Bootloader (UBL) Redmi 8/8A Tanpa Request

1. Screenshot Redmi 8, 8A, 8A PRO Tombol Fisik 2 Jari


Tidak jauh berbeda dari metode smartphone android pada umumnya, metode screenshot tombol fisik 2 jari ketiga ponsel ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan "Volume Bawah + Power".

Kedua tombol tersebut harus ditekan secara bersamaan selama kurang lebih 1 hingga 2 detik. Ketika proses SS behasil dilakukan, maka layar akan berkedip dan terdengar suara shutter.

Hasil capture biasanya akan langsung muncul pada sudut kanan atas dan bisa langsung di tap untuk melihat hasilnya. Hasil SS ini secara otomatis juga akan tersimpan di folder Gallery > Screenshot.

Baca juga : Cara Unlock Bootloader (UBL) Redmi 8/8A Tanpa Request

2. Screenshot Redmi 8, 8A, 8A PRO Tanpa Tombol

Mengambil cuplikan layar tanpa menggunakan tombol fisik (hardware) bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui fitur Shortcut Bar Notifikasi dan Swipe 3 Jari.

2.1. Screenshot via Bar Notifikasi

  1. Masuk ke area layar yang ingin discreenshot.
  2. Swipe kebawah Bar Nofitikasi kemudian munculkan icon notifikasi lainnya.
  3. Tap icon "Screenshot / Tangkapan Layar" untuk mengambil SS.
  4. Seperti biasa, layar akan berkedip atau ada bunyi shutter ketika proses SS berhasil dilakukan.
  5. Silahkan tap pada hasil SS yang muncul di sudut kanan atas atau silahkan masuk ke folder gallery untuk melihat hasilnya

2.2. Screenshot Swipe 3 Jari

Sedikit berbeda dengan screen capture melalui bar notifikasi di atas, metode Swipe 3 Jari tidak bisa langsung digunakan begitu saja, melainkan harus diaktifkan terlebih dahulu melalui menu pengaturan (settings).

Bagaimana caranya? berikut langkah-langkahnya.
  1. Pertama, silahkan buka menu "Settings / Pengaturan".
  2. Setelah itu arahkan ke Setelan Tambahan > Pintasan Tombol & Gerakan > Ambil Screenshot. Di dalamnya silahkan aktifkan "Geser Kebawah dng 3 Jari".

  3. Bila sudah aktif, anda bisa langsung menggunakannya dengan cara mengusap layar dari atas ke bawah menggunakan 3 jari sekaligus.

2.3. Screenshot via Bola Pintas (Quick Ball)

Sama hal nya dengan metode Swipe 3 Jari, fitur ini juga harus diaktifkan di dalam menu pengaturan. Tujuannya adalah untuk memunculkan bola shortcut di samping layar yang didalamnya berisi beberapa tombol pintasan, termasuk salah satunya icon tangkapan layar.

Nah untuk mengaktifkannya, silahkan buka Pengaturan > Pengaturan Tambahan > Bola Pintas (Quick Ball) > Aktifkan Bola Pintas.

Untuk menggunakannya, cukup masuk ke area layar yang hendak di SS, lalu ketuk bola kecil yang muncul di layar. Setelah itu, langsung saja pilih Screenshot atau Tangkapan layar.

Baca juga : Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 8A Pro Indonesia

3. Screenshot Panjang Redmi 8, 8A, 8A PRO

Selain empat metode di atas, HP Xiaomi Redmi 8 / 8A / 8A PRO juga menyediakan pilihan untuk SS Panjang atau long yang tidak jauh berbeda dengan smartphone android lainnya.

Untuk menggunakannya, caranya sangatlah mudah. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Pertama, silahkan ambil Screenshot mengambil salah satu dari 4 metode di atas.
  2. Bila sudah muncul hasil tangkapan di sudut kanan atas, silahkan ketuk "Scroll / Gulir" di bawah hasil tersebut.
  3. Secara otomatis layar akan menggulung (tergulir kebawah) dengan sendirinya.
  4. Tekan "Done / Selesai" bila sudah mencapai batas layar yang ingin di ambil.
  5. Terakhir, pilih "Simpan" untuk menyimpan hasilnya.

Nah, itulah tutorial lengkap tentang bagaimana cara mengambil Screenshot / Tangkapan Layar untuk HP Xiaomi Redmi 8, Redmi 8A dan Redmi 8A Pro pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca juga : Cara Mudah Unlock Bootloader Xiaomi (All Type) Terbaru Tanpa Request