Recovery + Cara Factory / Hard Reset Samsung Galaxy A71

Cara Masuk Recovery Mode (CWM/TWRP) dan Factory / Hard Reset Samsung Galaxy A71 - Samsung Galaxy A71 adalah ponsel premium berbasis Android kelas menengah atas yang secara resmi diperkenalkan menjelang akhir tahun 2019. Ini merupakan smartphone generasi pertama dari keluarga A Series (2020) yang datang dengan menawarkan berbagai fitur canggih dan spesifikasi hardware unggulan dikelasnya.

Diantaranya mengemas spesifikasi RAM 8GB atau 6GB, ruang penyimpanan internal 256GB / 128GB, layar lapang 6,7 inci teknologi Super AMOLED FHD+, ditenagai prosessor bertenaga Snapdragon 730 (8nm), telah dijalankan oleh OS terbaru Android 10 (One UI 2.0), 64MP quad-kamera belakang, baterai jumbo 4.500 mAh, on-screen fingerprint, kamera selfie 32MP dan lain sebagainya.

Meski di cap sebagai ponsel premium, namun pada kenyataannya Samsung Galaxy A71 terkadan mengalami berbagai masalah masalah / error seperti smartphone Android pada umumnya. Misalnya, bootlop (booting stuck di logo), lupa kunci pola / pattern, lambat, memori penuh / tidak mencukupi, kamera gagal, lag, hang, aplikasi sering force close atau tiba-tiba berhenti dan sebagainya.
Nah, untuk mengatasi error / masalah tersebut, sebenarnya ada banyak solusi yang bisa ditempuh. Tetapi, salah satu solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan Factory Reset atau Hard Reset. Kedua metode tersebut memiliki cara kerja menghapus semua data yang ada di dalam memori internal yang pernah ditambahkan pengguna dan sekaligus mengembalikan semua pengaturan ke posisi awal (kembali seperti baru.

Factory reset (reset pabrik) ini sendiri dapat dilakukan dengan mudah melalui menu settings, sementara Hard Reset hanya dapat dilakukan melalui Recovery Mode (CWM/TWRP). Meski keduanya memiliki fungsi yang sama, akan tetapi Hard Reset jauh lebih baik untuk mengatasi masalah-masalah ringan tersebut di atas.

Alasannya adalah karena semua data di dalam memori internal akan dihapus sangat bersih tanpa sisa, sedangkan Factory reset kadang tidak dapat sepenuhnya mengembalikan ke pengaturan awal ponsel atau bahkan menyisakan sisa-sisa file. Nah, untuk melakukan Factory atau Hard Reset Samsung Galaxy A71 (SM-A715F, SM-A715FN, SM-A715YN, SM-A715W, SM-A715GN, SM-A715FM), bisa Anda lihat pada tutorial berikut ini.
PENTING!
Factory/Hard Reset Galaxy A71 dapat mengakibatkan terhapusnya semua data atau file yang tersimpan di dalam memori internal ponsel. Jadi, sebelum melakukannya, silahkan pindahkan (BACKUP) semua data yang ada di dalamnya ke penyimpanan lain. Misalnya memori eksternal (microSD), komputer, cloud atau penyimpanan lainnya.

1. Factory Reset Samsung Galaxy A71

  1. Masuk ke menu Settings ponsel.
  2. Pilih General Management.
  3. Selanjutnya pilih Reset » Factory data reset.
  4. Setelah itu tap Reset » kemudian pilih Delete All.
  5. Tunggu sampai proses reset selesai dilakukan.
  6. Bila sudah, ponsel biasanya akan melakukan Reboot. Silahkan tunggu.
  7. Silahkan atur kembali ponsel Anda saat sudah menyala sempurna.
  8. Selesai.

2. Hard Reset Samsung Galaxy A71

Untuk proses Hard Reset memiliki prosedur berbeda dengan Factory Reset, yakni hanya bisa dilakukan melalui Recovery Mode seperti CWM atau custom TWRP. Untuk masuk ke dalam mode tersebut dapat dilakukan dua cara / metode (tergantung kondisi ponsel). Pertama menggunakan Metode Umum (perangkat dapat dimatikan) dan kedua Metode lupa kunci pola yang menyebabkan ponsel tidak dapat dinonaktifkan.

2.1. Cara Masuk Recovery Mode (CWM/TWRP)

CARA #1 : Metode Umum

  1. Matikan ponsel hingga off total.
  2. Tekan & tahan tombol "POWER + VOLUME ATAS". Saat logo booting Samsung muncul, segera lepaskan tombol POWER namun tetap menekan tombol VOLUME ATAS.
  3. Bila layar menampilkan "No Command", ketuk layar atau tekan tombol volume atau tunggu beberapa saat hingga ponsel masuk ke mode recovery.
  4. Untuk memilih menu atau memindahkan navigasi, gunakan tombol Volume atas/bawah).
  5. Untuk mengkonfirmasi menu pilhan, tekan tombol Power/Daya.

CARA #2 : Metode Lupa Kunci Pola

  1. Matikan perangkat dengan tekan lalu tahan tombol "POWER + VOLUME BAWAH" hingga layar ponsel BLANK / HITAM.
  2. Saat layar mulai BLANK, segera lepaskan VOLUME BAWAH kemudian segera pindahkan jari ke tombol "VOLUME ATAS" dengan tetap menekan tombol "POWER". INGAT, lakukan dengan cepat karena layar blank ini hanya muncul sekitar 2 detik dan JANGAN TUNGGU sampai logo booting Samsung muncul karena proses masuk recovery akan gagal.
  3. Lepaskan kedua tombol tersebut saat layar menampilkan "No Command" dengan gambar robot Android.
  4. Tunggu beberapa saat sampai ponsel Anda secara otomatis masuk ke mode recovery. Bila hal tersebut tidak terjadi, coba ketuk layar atau tekan tombol volume.
  5. Sama seperti Metode #1 (Umum) di atas, untuk memindahkan dan mengkonfirmasi menu yang dipilih, gunakan tombol volume serta tombol power / daya.
Setelah ponsel sudah berada di dalam mode recovery, tahap selanjut adalah proses hard reset Galaxy A71. Bagaimana caranya? berikut langkah-langkahnya.

2.2. Hard Reset via Recovery Mode

  1. Di dalam mode recovery, pilih menu "WIPE DATA / FACTORY RESET".
  2. Tekan tombol "POWER" untuk konfirmasi menu pilihan.
  3. Arahkan ke pilihan "YES" lalu tekan tombol POWER untuk konfirmasi pilihan.
  4. Dalam beberapa, ponsel akan memulai proses reset. Tunggu sampai selesai.
  5. Bila sudah selesai, selanjutnya pilih "REBOOT SYSTEM NOW".
  6. Sekali lagi tunggu hingga ponsel menyala sempurna.
  7. Terakhir, silahkan lakukan konfigurasi sesuai keinginan Anda.
  8. Selesai.
Catatan : Selain menu recovery yang diarahkan di atas, jangan sekali-kali memilih menu lain apabila Anda tidak tau apa fungsinya. Karena jika salah memilih, maka kemungkinan akan mengakibatkan masalah baru bagi perangkat.
Itulah panduan terlengkap tentang bagaimana Cara Masuk Recovery Mode (CWM/TWRP) Samsung Galaxy A71 untuk melakukan Factory/Hard Reset pada kesempatan kali ini. Jika ada yang kurang jelas / tidak dipahami, silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih telah berkunjung, Salam!