3 Cara Screenshot Samsung Galaxy A50s

Screenshot HP Samsung Galaxy A50s - Samsung Galaxy A50s merupakan ponsel mid-range yang resmi diluncurkan pada Agustus 2019 lalu. Ponsel ini datang membawa spesifikasi RAM 4GB/6GB, ruang penyimpanan 64GB/128GB, prosessor Exynos 9610 octa-core, layar Super AMOLED 6,4 inci FHD+, tiga kamera belakang (48+8+5 megapiksel), selfie 32MP, baterai 4.000 mAh, on-screen fingerprint dan dilengkapi fitur menarik lainnya.

Nah, untuk mengambil screenshot (SS) / screen capture / tangkapan layar pada Samsung Galaxy A50s, setidaknya ada dua metode yang bisa dilakukan. Pertama menggunakan dua tombol kombinasi dan yang kedua dengan metode Palm Swipe (tanpa menggunakan tombol). Lantas bagaimana caranya? Berikut cara SS Samsung A50s.

Baca juga : Cara Mudah Screenshot Semua HP Samsung Galaxy

Screenshot Samsung A50s Tombol 2 Jari

  1. Pilih area yang ingin di-screenshot.
  2. Tekan & tahan tombol POWER + VOLUME BAWAH selama 1 sampai 2 detik..
  3. Jika berhasil, maka layar akan berkedip atau mengeluarkan bunyi shutter.
  4. Untuk melihat hasilnya, silahkan buka Gallery » Screenshot.
  5. Selesai.

Screenshot Samsung A50s Usap Layar Palm Swipe

  1. Pertama, aktifkan mode Palm Swipe terlebih dahulu.
  2. Caranya, silahkan buka menu Settings.
  3. Pilih Advanced Features » Motion and Gestures.
  4. Aktifkan "Palm swipe to capture".
  5. Selanjutnya, pilih area yang akan di-capture.
  6. Luruskan tangan, kemudian usap layar dari arah kanan ke kiri (lihat gambar).
  7. Saat proses tangkapan berhasil, layar akan berkedip atau mengeluarkan bunyi shutter.
  8. Buka Gallery » Screenshot untuk melihat hasil tangkapan layar.

Kedua metode tersebut di atas memang sama-sama mudah digunakan, namun untuk menghidari kerusakan pada tombol fisik akibat terlalu sering digunakan, saya sarankan untuk menggunakan metode Palm Swipe saja. Meski begitu, metode ini kadang sulit mengambil screenshot ketika tangan sedang kotor / basah.

Screenshot Panjang (Scroll Capture) Samsung A50s

Selain dua metode di atas, ada lagi satu cara mengambil screenshot, tapi ini dikhususkan untuk tangkapan layar secara memanjang ke bawah, yakni Scroll Capture. Fitur ini akan sangat berguna untuk mengambil tangkapan layar yang berisikan kontent panjang. Contohnya seperti gambar berikut.

Nah, untuk menggunakan metode ini, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu di dalam menu pengaturan. Sama seperti metode Palm Swipe di atas.
  1. Buka menu Pengaturan » Fitur Lanjutan » Gerakan dan Gestur kemudian aktifkan fitur "Aktif Pintar".
  2. Selanjutnya, ambil screenshot menggunakan salah satu metode di atas, baik menggunakan tombol fisik 2 jari ataupun metode usap layar.
  3. Saat muncul pop-up menu Aktif Pintar atau Smart capture muncul di bagian bawah layar, silahkan tap icon "Panah Bawah".
  4. Setelah layar berpindah, tekan lagi icon Panah bawah tersebut secara berulang-ulang sampai batas cuplikan layar yang ingin kalian screenshot panjang.
  5. Untuk melihat hasilnya, kalian bisa mentap preview / cuplikan yang muncul di samping kanan layar atau bisa juga melihatnya di menu gallery.

Demikianlah 3 tutorial cara mengambil cuplikan layar HP Samsung A50s pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Salam!