Cara Flash Firmware Samsung Galaxy J6 SM-J600G

Cara Flashing / Install ROM Samsung Galaxy J6 SM-J600G dan Download Gratis Firmware J6 Android Pie 9.0 / Oreo 8.0 - Samsung Galaxy J6 dengan nomor model SM-J600G resmi meluncur pada bulan Mei 2018 lalu.

Saat diluncurkan, Samsung Galaxy J6 berjalan pada sistem operasi Android Oreo 8 dan telah banyak mengalami beberapa update. Terakhir, pada bulan Mei 2019 Samsung Galaxy J6 resmi mendapatkan update Android Pie 9.

Tentu hal ini merupakan hal yang menggembirakan bagai para penggunanya, karena selain mendapatkan tampilan yang lebih segar dan peningkatan performa, juga membawa user interface baru bernama One UI.

Untuk melakukan update, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yakni pembaruan otomatis melalui OTA ataupun update secara manual dengan cara flashing / install ulang Stock ROM / Firmware Samsung Galaxy J6 SM-J600G.

Sayangnya, pembaruan melalui OTA mempunyai fungsi terbatas, misalnya hanya untuk pembaruan sistem, penambalan bug, peningkatan performa atau memperbaiki error ringan saja. Tetapi update secara manual (flashing firmaware/ROM), memiliki banyak fungsi sekaligus, diantaranya :
  1. Memperbaiki Sistem yang rusak.
  2. Memperbaiki Bug.
  3. Melakukan Unroot.
  4. Upgrade / Downgrade OS.
  5. Memperbaiki Custom Binary Blocked By FRP Lock.
  6. Mengatasi Bootloop.
  7. Mengatasi Lupa Password / Pola.
  8. Mengatasi Softbrick.
  9. Mengatasi Touchscreen yang tidak sensitif.
  10. Mengatasi Ponsel lambat / hang.
  11. Menghapus virus / malware.
  12. Mengatasi Restart sendiri.
  13. Dan masalah lainnya.
Nah, berkenaan dengan hal tersebut di atas, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tutorial tentang bagaimana cara melakukan Flash / Install Firmware / Stock ROM Samsung Galaxy J6 SM-J600G. Berikut ini panduan lengkapnya.

Persiapan Flash Firmware Samsung J6 SM-J600G

  1. HP Samsung J6.
  2. Komputer (PC/Laptop) berbasis Windows.
  3. Kabel USB (disarankan yang asli).
  4. Download Samsung USB Driver lalu install ke dalam komputer. Setelah itu Restart komputer kalian.
  5. Download ODIN3_v3.13.1, lalu ekstrak filenya (simpan dimana saja asal mudah ditemukan).
  6. Download salah satu firmware Samsung J6 berikut.
  7. Jika file ROM yang kalian download di atas berekstensi .zip / .rar, silahkan ekstrak filenya terlebih dahulu sehingga menjadi HOME.tar.md5.

Cara Flashing Samsung Galaxy J6 SM-J600G

Peringatan!
Tutorial ini bisa saja menyebabkan terjadinya kehilangan data yang ada di dalam ponsel, bootlop atau bahkan bisa mengakibatkan kerusakan pada perangkat.

Apabila hal tersebut terjadi, maka AndroLite.com beserta jajarannya tidak bertanggung jawab karena penggunaan informasi ataupun file yang ada di situs ini. Do With Your Own Risk (DWYOR)!
Langkah #1. Matikan hingga mati total.

Langkah #2. Masuk ke Downloading Mode. Caranya, silahkan tekan tombol "Power + Volume Atas + Volume Bawah" secara bersamaan selama kurang lebih 3-5 detik atau hingga ponsel bergetar.

Setelah logo booting Samsung muncul, silahkan lepas ketiganya. Tekan lagi tombol "Volume Atas" untuk continue agar bisa masuk ke menu "Downloading Mode".

Langkah #3. Hubungkan ponsel J6 ke komputer menggunakan kabel USB.

Langkah #4. Buka atau jalankan aplikasi ODIN dengan cara klik kanan, lalu pilih run as administrator.

Langkah #5. Untuk memastikan apakah ponsel sudah terhubung baik dengan komputer, coba perhatikan pada bagian tab "Log" aplikasi ODIN.

Apabila terdapat tulisan "Added!" maka ponsel sudah terhubung dengan baik. Namun jika tidak ada, maka cobalah ganti kabel USB dengan yang lain atau pindahkan ke port usb lainnya.

Langkah #6. Di samping Log, klik tab "Options". Centang () "Auto Reboot" dan "F. Reset Time". Sisanya, JANGAN ada yang dicentang.

Langkah #7. Selanjutnya, klik tombol "AP" pada ODIN, kemudian pilih file Stock ROM / Firmware Galaxy J6 yang berekstensi HOME.tar.md5). Lalu pilih Open dan klik Start untuk memulai proses instalasi.

Langkah #8. Tunggu beberapa saat sampai proses pemasangannya selesai (biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-7 menit). Setelah selesai dan berhasil, kalian sudah bisa mencabut kabel usb dan menutup aplikasi ODIN.

Catatan: Untuk mengetahui apakah proses pemasangan berhasil atau tidak, lihat pada bagian kiri atas ODIN. Apabila ada pesan "PASS!", berarti prosesnya berhasil, tetapi jika "FAIL!" berarti gagal.

Jika prosesnya gagal, silahkan cek ulang file firmware. Pastikan bahwa filenya tersebut benar-benar sudah berekstensi HOME.tar.md5 atau pindahkan kabel USB ke port USB lainnya kemudian ulangi sekali lagi.

Langkah #9. Kembali ke HP J6 kalian. Saat proses flashing berhasil, secara otomatis ponsel akan melakukan restart / reboot dengan sendirinya.

Silahkan tunggu hingga ponsel menyala dengan sempurna dan setelah itu kalian akan langsung diarahkan ke menu pengaturan awal ponsel. Selamat, pemasangan Firmware / ROM Galaxy J6 sudah selesai sepenuhnya.

Penutup

Sebenarnya, untuk proses flashing Galaxy J6 tersebut di atas, prosesnya sama saja dengan ponsel Samsung Galaxy lainnya. Baik caranya, maupun aplikasi yang digunakan. Perbedaannya hanya pada file firmware atau masuk ke downloading modenya.

Saat pertama kali melakukan flashing firmware Samsung, mungkin kalian akan sedikit ragu atay was-was. Tetapi saat kalian sudah paham prosesnya serta aplikasi utama yang digunakan, maka kalian bisa dengan mudah untuk melakukan flashing ponsel Samsung lainnya.

Demikianlah tutorial lengkap tentang bagaimana cara Cara Flash / Install Ulang Stock ROM / Firmware Samsung Galaxy J6 SM-J600G pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam.