Cara Install TWRP + Root Samsung J7+ (Plus) Dengan & Tanpa PC

advertisement
Bagaimana Cara Install TWRP dan Root Samsung Galaxy J7+ (Plus) - Untuk melakukan rooting terhadap Samsung Galaxy J7+ (Plus) ada beberapa cara yang bisa dilakukan baik itu tanpa ataupun dengan menggunakan PC. Namun untuk memasang TWRP sejauh yang saya tau hanya ada satu cara yaitu dengan cara memasang melalui aplikasi ODIN dan tentu saja dengan menggunakan bantuan komputer.

Secara umum, cara pemasangan TWRP dan Rooting khususnya Samsung semuanya hampir sama saja. Hanya saja file ataupun aplikasi rooting yang digunakan berbeda. Sekedar informasi bagi kalian, setiap ponsel keluaran terbaru memerlukan waktu bagi para pengembang aplikasi agar file TWRP dan aplikasi ROOT bisa berfungsi dengan baik.

Nah, berikut ini saya akan mencoba menguraikan beberapa cara yang bisa kalian coba untuk memasang TWRP dan melakukan ROOT. Baik itu menggunakan PC ataupun Tanpa PC. Tetapi sebelum lanjut, bagi kalian yang masih awam soal ROOT, ada baiknya jika kalian memahami terlebih dahulu tentang hal ini. Untuk itu saya sarankan agar membaca artikel tentang Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan ROOT Android.

Perlu kalian ketahui bahwa melakukan modifikasi terhadap sebuah sistem operasi Android yang dalam hal ini memasang custom TWRP dan Rooting tidaklah diperbolehkan oleh vendor dari masing-masing smartphone. Karena hal ini akan menyebabkan hilangnya garansi atau bahkan merusak smartphone. Tetapi bagi kalian yang sudah paham, selanjutnya mari kita menuju ke tutorialnya.
Peringatan!
Memodifikasi dan Rooting Perangkat dapat menyebabkan Hilangnya garansi, Kerusakan, Bootlop dan sebagainya. More Info »

Ingat, androlite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat kalian yang disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di situs ini. Do with your own risk.

Tutorial Root Samsung Galaxy J7 Plus

Melakukan root ada beberapa cara yang bisa dicoba, mulai dari root melalui TWRP, root menggunakan CF Auto Root dan Root tanpa komputer yaitu menggunakan aplikasi Kingroot.

1. Root via TWRP

Sebelum melakukannya, terlebih dahulu lakukan beberapa persiapan yang diperlukan, mulai dari peralatan, file hingga aplikasi yang akan digunakan. Silahkan kalian siapakan peralatan berikut serta download aplikasi yang dibutuhkan.
Penting!
Sebelum memulai Proses, saya sarankan agar melakukan FULL BACKUP, baik itu Sistem Operasi Android ataupun data-data penting lainnya. Karena apabila terjadi kesalahan, maka kalian bisa merestore / mengembalikannnya ke keadaan seperti semula.

1.1. Persiapan

  1. Siapkan sebuah komputer, baik itu berupa laptop atau PC.
  2. Siapkan kabel USB. Dalam hal ini saya sarankan menggunakan yang asli.
  3. Download Samsung USB Driver kemudian install kedalam komputer. Restart komputer jika diminta.
  4. Download dan ekstrak Aplikasi Odin3_v3.10.7.zip kedalam komputer.
  5. Download TWRP J7Plus-SM-C710F (link belum tersedia).
  6. Download Flashable-SuperSU-v2.82.zip dan simpan file ini kedalam memori ponsel / kartu memori.

1.2. Install TWRP

Setelah semua peralatan dan bahan di atas suda kalian siapkan, selanjutnya langkah pertama yang harus kalian lakukan terlebih dahulu adalah memasang TWRP melalui ODIN.

Langkah #1. Aktifkan OEM Lock dan USB Debugging.
  • Buka Pengaturan kemudian gulir ke bawah, temukan dan buka About Device (Tentang Perangkat).
  • Selanjutnya, tap sebanyak 5-7 kali pada "Build Number" hingga muncul notifikasi "Mode Pengembang Sudah Aktif" (atau notifikasi sejenisnya).
  • Setelah mode pengembang sudah aktif, selanjutnya tekan kembali hingga pada menu pengaturan. Gulir ke bawah lagi, temukan dan buka "Developer Option/Mode Pengembang".
  • Cari tulisan "OEM Lock/OEM Terbuka Kunci" dan "USB Debugging/Mendebug USB" kemudian aktifkan/enable kedua-duanya.
Jika kalian bingung, silahkan lihat video tentang cara mengaktifkan OEM Lock dan USB Debugging berikut.
[Video] Mengaktifkan Developer Options, USB Debugging dan OEM Lock:

Langkah #2. Matikan Perangkat/Smartphone hingga off total. Masuk ke "Downloading Mode" dengan menekan tombol "Power + Home + Volume Bawah" secara bersamaan hingga ponsel bergetar. Lanjutkan lagi dengan menekan tombol "Volume Atas".

Langkah #3. Sambungkan Smartphone sobat ke PC/Laptop dengan menggunakan kabel USB. Setelah tersambung, selanjutnya buka aplikasi ODIN dengan cara Klik kanan dan pilih "Run as Administrator".

Pastikan ODIN membaca ponsel kalian. Cara mengeceknya sangatlah mudah, yaitu dengan cara memperhatikan di bagian bawah dari tulisan ID:COM. Jika dibawahnya terdapat tulisan seperti ini "0:[COM:1] dan seterusnya atau terdapat tulisan "<ID:0/003> Added!!", pada Log berarti aplikasi ODIN sudah mendeteksi ponsel kalian.

Langkah #4. Selanjutnya, klik tombol AP dan cari file TWRP J7Plus-SM-C710F yang sudah kalian unduh sebelumnya. Klik file tersebut kemudian pilih open.

Langkah #5. Buka tab Options pada ODIN, kemudian centang pada Auto Reboot dan F. Reset Time. Klik tombol START jika sudah selesai dan tunggu beberapa saat hingga proses pemasangannya selesai.


Langkah #6. Apabila proses pemasangannya berhasil, maka akan ada tulisan PASS (latar warna hijau) yang ada di bagian atas aplikasi ODIN, tepatnya di atas dari tulisan ID:COM. Pada tahap ini, silahkan tutup aplikasi odin dan cabut kabel USB yang menyambungkan antara smartphone dengan komputer.


Jika Latarnya warna merah dan ada tulisan FAILED, berarti ada yang bermasalah. Jika mendapatkan hal seperti ini, sobat jangan panik terlebih dahulu dan saya sarankan agar sobat mengulangi langkah-langkah yang ada di atas sekali lagi.

Langkah #6. Apabila proses pemasangan TWRP sudah selesai dan berhasil, secara otomatis ponsel akan melakukan reboot dan akan langsung masuk ke TWRP. Tetapi apabila hal ini tidak terjadi, maka silahkan tekan Tombol Home + Power + Volume Atas secara bersamaan kurang lebih hingga ponsel bergetar.

1.3. Proses ROOT Galaxy J7 Plus

Langkah #1. Ditahap pertama ini saya beranggapan bahwa kalian masih berada di dalam menu TWRP (lanjutan langkah 1.2 #5). Jika tidak, silahkan kalian masuk lagi.

Langkah #2. Di dalam TWRP, pilih menu Install lalu cari aplikasi SuperSU-v2.82 yang sudah kalian tempatkan kedalam memori telepon atau kartu memori.

Langkah #3. Selanjutnya, Usap ke kanan pada Swipe to confirm flash untuk memulai proses rooting dan tunggu sampai selesai. Setelah itu, tap pada bagian Reboot System.

Pada tahap ini, proses Rooting sudah selesai. Untuk mengecek apakah berhasil atau tidak, caranya silahkan download aplikasi Root Checker yang ada di Google PlayStore.
[Video] Contoh Install TWRP dan Rooting

2. Root via Odin (CF Auto Root)

Cara kedua yang bisa kalian lakukan untuk merooting ponsel Samsung J7 Plus kalian adalah dengan cara menggunakan CF Auto Root. CF Auto Root merupakan aplikasi yang dibuat dan dikembangkan oleh situs ternama yaitu Chainfire. Selain metode penggunaannya yang mudah, aplikasi ini juga mendukung banyak ponsel, salah satu diantaranya Samsung.

Untuk pemakaiannya sendiri sangatlah mudah, cukup dengan flashing melalui aplikasi ODIN. Langkah-langkahnya sama persis dengan metode pemasangan TWRP. Hanya saja saat kita memilih file melalui menu AP pada odin berbeda.

Nah, bagi kalian yang ingin mencoba melakukan metode ini, silahkan baca tutorialnya di Cara Root Semua Jenis Samsung Dengan CF Auto ROOT. Atau kalian juga bisa lihat videonya berikut ini.
[Video] Cara Root Semua Jenis Samsung Dengan CF Auto ROOT

3. Root Tanpa PC (Metode Kingroot)

Perlu kalian ketahui, bahwa untuk melakukan ROOT J7 Plus tanpa menggunakan bantuan komputer, tingkat keberhasilannya sangat kecil. Ditambah ponsel ini masih tergolong baru, otomatis akan sangat berpengaruh. Berbeda dengan ponsel yang sudah lama dirilis, maka tingkat keberhasilannya cukup lumayan tinggi.

Namun, bagi kalian yang ingin mencoba melakukan root menggunakan aplikasi kingroot, berikut tutorialnya.

Langkah #1. Download Aplikasi KINGROOT terbaru (ekstrak filenya terlebih dahulu) dan install ke dalam perangkat. Apabila terdapat pesan "Install Blocked" silahkan buka menu Pengaturan > Keamanan > & aktifkan "Sumber Tidak Diketahui/Unknow Source".

Langkah #2. Aplikasi kingroot memerlukan sambungan internet, baik itu melalui koneksi Wi-Fi, hotspot ataupun sambungan data seluler. Jadi, tanpa ada koneksi internet, maka proses rooting tidak akan berhasil.

Langkah #3. Jalankan aplikasi dan lanjutkan dengan tap/mengklik Root yang berada di lingkaran biru dan tunggu hingga prosesnya selesai. Apabila terdapat pesan Installation Blocked saat proses rooting, tap pada tulisan More Details kemudian pilih Install anyway (Unsave).


Langkah #4. Apabila proses rooting berhasil, maka perangkat sobat secara otomatis akan melakukan restart. Namun jika gagal, maka akan ada sebuah pesan Failed.

4. Root Tanpa Komputer (Metode FramaRoot)

  1. Download FramaRoot.apk. Ektrak filenya terlebih dahulu.
  2. Install aplikasi FramaRoot.
  3. Akan ada pesan Install Blocked. Silahkan buka Pengaturan » Keamanan » aktifkan Unknown Source.
  4. Apabila masih ada pesan Installation Blocked saat pemasangan, tap tulisan More Details » Install anyway (Unsave).
  5. Jalankan aplikasi FramaRoot.
  6. Lihat di bagian atas, pastikan yang terpilih SuperUser / SuperSU.
  7. Selanjutnya, pilih Barahir / Boramir. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  8. Setelah selesai, restart smartphone kalian.
  9. Selesai.
Sekali lagi untuk mengecek bahwa apakah perangkat benar-benar sudah root, maka silahkan sobat download aplikasi Root Checker yang ada di Google Play Store.
Itulah tutorial tentang Bagaimana Cara Memasang TWRP dan 3 Cara ROOT Samsung Galaxy J7+. Semoga tutorial di atas bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih telah berkunjung, salam dan sampai jumpa lagi di kesempatan berikutnya.
advertisement
Open Comments