TWRP + Root Samsung J3 Dengan/Tanpa PC

Panduan Lengkap Bagaimana Cara Install TWRP dan Root Samsung Galaxy J3 (2016) Dengan atau Tanpa Menggunakan Komputer (PC/Laptop) - Berbicara Soal Root untuk Samsung Galaxy J3 2016 dan J3 2017 ada beberapa cara yang bisa dilakukan, baik itu dengan menggunakan ataupun tanpa bantuan komputer. Untuk root dengan menggunakan komputer, bisa dilakukan dengan cara memasang custom recovery yang dalam hal ini TWRP (Team Win Recovery Project) terlebih dahulu ataupun langsung meroot melalui aplikasi odin menggunakan CF Auto Root. Dan untuk root tanpa komputer, bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti KingRoot dan FramaRoot.

Sebenarnya, rooting menggunakan komputer untuk semua ponsel merk samsung prosesnya sama saja. Hanya saja yang membedakannya ada pada bagian pemilihan versi TWRP dan versi CF Auto Rootnya sendiri. Karena kedua file ini memiliki settingan yang berbeda untuk setiap jenis ponsel. Dan untuk proses root dengan aplikasi ketiga (KingRoot dan FramaRoot) cara pemakaiannya sama sekali tidak ada yang membedakan. Kita tinggal menginstalnya kedalam ponsel kemudian jalankan.

Bagi kalian yang masih awam atau belum tau soal root, saya sarankan agar kalian membaca artikel saya yang lalu tentang Apa itu ROOT? Apa Kelebihan dan Kekurangannya? Karena saya rasa hal ini sangat penting untuk kalian ketahui.

Dan bagi kalian yang sudah memahami akan hal ini serta memiliki kemauan untuk meroot Ponsel Samsung Galaxy J3 baik itu terbitan 2016 ataupun 2017, mungkin tutorial berikut ini bisa memberikan solusi atas keinginan kalian. Dan untuk tutorial kali ini saya akan bagi kedalam 4 cara root, ditambah satu bonus yaitu cara memasang custom recovery TWRP.
Peringatan!
Memodifikasi dan Rooting Perangkat dapat menyebabkan Hilangnya garansi, Kerusakan, Bootlop dan sebagainya. More Info »

Ingat, androlite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat kalian yang disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di situs ini. Do with your own risk.

1. Install TWRP Samsung Galaxy J3 2016 dan 2017

Memasang TWRP atau mengganti recovery bawaan (CWM) ponsel Samsung J3, bisa dilakukan dengan menggunakan komputer melalui aplikasi odin. Untuk cara pemasangannya, berikut langkah-langkahnya.

Langkah #1. Persiapkan beberapa peralatan dan aplikasi yang diperlukan terlebih dahulu.
  1. Sebuah Komputer, baik itu berupa PC ataupun laptop.
  2. Kabel Data/USB yang asli atau original.
  3. Download Samsung USB Driver kemudian install ke dalam komputer.
  4. Download Odin3 v3.12.3 dan ekstrak filenya kedalam komputer kalian.
  5. Download twrp-3.2.0-0-j3lte.img.tar atau twrp-3.2.0-0-j3lte.img.
Penting!
Sebelum memulai Proses, saya sarankan agar melakukan FULL BACKUP, baik itu Sistem Operasi Android ataupun data-data penting lainnya. Karena apabila terjadi kesalahan, maka kalian bisa merestore / mengembalikannnya ke keadaan seperti semula.
Langkah #2. Sebelum lanjut, pastikan kalian sudah mengaktifkan OEM Lock dan USB Debugging. Apabila kalian belum tau caranya, silahkan baca Tutorial Cara Mengaktifkan USB Debugging dan OEM Lock Samsung atau bisa juga tonton video berikut ini.
[Video] Mengaktifkan Developer Options, USB Debugging dan OEM Lock:

Langkah #3. Matikan ponsel hingga mati total atau terasa ada getaran. Selanjutnya masuk ke Downloading Mode. Caranya, silahkan tekan tombol Power + Home + Volume Bawah secara sampai ponsel kalian bergetar. Setelah itu tekan lagi tombol Volume Atas untuk continue.

Langkah #4. Seanjutnya, jalankan aplikasi ODIN yang ada di dalam komputer dengan cara mengklik kanan kemudian pilih Run as Administrator.

Langkah #5. Hubungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB. Jika Odin membaca ponsel kalian, maka akan ada pesan <ID:0/003> Added!! pada bagian Log Odin.

Langkah #6. Klik pada bagian AP dan cari file TWRP yang sudah kalian download sebelumnya, lalu klik tombol Start. Tunggu hingga proses pemasangannya selesai.

Langkah #7. Jika proses instalasi berhasil, maka akan ada tulisan PASS (latar dengan warna hijau). Pada tahap ini, silahkan tutup aplikasi odin dan cabut kabel USB yang menyambungkan antara ponsel dengan komputer.

Langkah #8. Biasanya, setelah proses pemasangan selesai, secara otomatis ponsel akan reboot sendiri dan masuk kedalam custom recovery TWRP. Tapi jika hal ini tidak terjadi, silahkan tekan tombol Power + Home + Volume Atas secara bersamaan hingga perangkat bergetar. Selamat pemasangan TWRP sudah berhasil.

2. ROOT Menggunakan Komputer

Seperti yang sudah saya katakan di awal artikel ini, bahwa proses rooting akan saya bagi kedalam 4 cara. Semoga salah satu dari cara ini berhasil kalian terapkan dan berhasil meroot perangkat kalian.

2.1. Root Melalui TWRP (SuperSU)

Untuk tutorial yang pertama ini, proses rootingnya akan dilakukan melalui custom recovery TWRP. Jadi apabila kalian belum memasang TWRP, silahkan pasang terlebih dahulu.
  1. Download SuperSU v2.82.zip kemudian simpan filenya di dalam kartu memori / memori internal.
  2. Matikan perangkat dan masuk ke menu TWRP (tekan tombol Home + Power + Vol Atas hingga terasa ada getaran).
  3. Pilih menu Install dan cari file Flashable-SuperSU-v2.82.zip.
  4. Usap ke kanan pada Swipe to confirm flash dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  5. Setelah selesai, pilih Wipe Dalvik/Cache.
  6. Selanjutnya tap menu Reboot to system dan sekali lagi silahkan tunggu hingga ponsel menyala dengan sempurna.
  7. Selamat, ponsel kalian sudah rooted.

2.2. Root Melalui Odin (CF Auto Root)

Root menggunakan CF Auto Root prosesnya akan dilakukan dengan menggunakan komputer dan aplikasi ODIN sebagai medianya.
  1. Download file CF Auto Root di https://autoroot.chainfire.eu/ (didalamnya sudah disertakan aplikasi ODIN). Ingat pilih file sesuai dengan nomor model ponsel kalian.
  2. Matikan ponsel.
  3. Masuk ke menu Downloading Mode (tekan tombol Home + Vol Bawah + Power) dan lanjutkan lagi menekan tombol Volume Atas.
  4. Sambungkan ponsel kalian melalui kabel USB ke komputer.
  5. Buka aplikasi ODIN dengan cara Run as administrator.
  6. Klik tombol AP dan cari file CF Auto Root.
  7. Pada tab Option Odin, centang Auto Reboot dan F. Reset Time.
  8. Klik tombol Start dan tunggu hingga proses pemasangan selesai.
  9. Ponsel akan melakukan restart secara otomatis, sekali lagi silahkan tunggu.
  10. Proses restart akan membutuhkan waktu kurang lebih 3 hingga 5 menit, jadi jangan matikan ponsel kalian.
  11. Selesai.

3. ROOT Tanpa Komputer

Bagi kalian yang tidak memiliki komputer, dibawah ini ada dua cara yang bisa dicoba untuk melakukan ROOT Samsung Galaxy J3.

3.1. Root Dengan FramaRoot

  1. Download FramaRoot v1.9.1.rar, lalu ekstrak filenya kemudian install.
  2. Akan ada pesan Install Blocked. Silahkan buka Pengaturan » Keamanan » aktifkan Unknown Source.
  3. Apabila masih ada pesan Installation Blocked saat pemasangan, tap tulisan More Details » Install anyway (Unsave).
  4. Jalankan aplikasi FramaRoot.
  5. Lihat di bagian atas, pastikan yang terpilih SuperUser / SuperSU.
  6. Selanjutnya, pilih Barahir. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  7. Setelah selesai, restart ponsel kalian.
  8. Selesai.

3.2. Root Dengan KingRoot

  1. Download aplikasi KingRoot.zip kemudian ekstrak filenya.
  2. Sambungkan ponsel kalian ke koneksi internet (wajib).
  3. Install aplikasi kingroot.
  4. Jika ada pesan Install Blocked, silahkan tap Pengaturan » Keamanan » aktifkan Unknown Source.
  5. Dan apabila masih ada pesan Installation Blocked saat penginstalan, tap pada tulisan More Details » Install anyway (Unsave).
  6. Setelah proses install selesai, aplikasinya jangan dijalankan dulu, melainkan buka Pengaturan » Accessibility » Gulir Kebawah, buka KingRoot » Aktifkan / Enable » Pilih OK.
  7. Jalankan KingRoot. Secara otomatis kingroot akan melakukan cek, tunggu beberapa saat.
  8. Selanjutnya, tap Try Root.
  9. Setelah proses rooting selesai, restart ponsel kalian.
  10. Selesai.
Untuk memastikan bahwa perangkat kalian sudah root, silahkan cari aplikasi SuperSU di dalam menu android kalian. Jika ada berarti rootnya berhasil, jika tidak ada berarti gagal. Untuk lebih memastikannya, silahkan download aplikasi bernama Root Checker yang ada di google play store.

Cara UNROOT Samsung J3 2016

Jika ingin melakukan UNROOT Android, setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan. Yang pertama silahkan baca artikel Tentang Cara UNROOT Semua Jenis HP Android dan Kedua menginstall ulang firmware atau sistem operasi Android. Cara yang kedua ini bisa kalian baca tutorialnya di Cara Install / Flash ROM Android Samsung via ODIN

Itulah Empat Cara Root Samsung Galaxy J3 2016 dan J3 2017 Dengan atau Tanpa Menggunakan Komputer, Plus Bonus Install TWRP. Semoga tuturial di atas bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih sudah berkunjung, salam dan sampai jumpa di tutorial berikutnya.